Hastag Campus

GAGAL PIMNAS, TAPI KALAHKAN 90 NEGARA

Tulisan ini saya buat sebagai klarifikasi saya atas tulisan Prof. Dr. Muhammad Firdaus, SP. M.Si dari Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi Manajemen (FEM) IPB, atas surat terbukanya terkait hasil PIMNAS Universitas Brawijaya yang hari ini banyak mendarat di ponsel saya. Beliau adalah seorang professor muda, guru, sahabat, dan inspirasi saya. Saya ingin mengklarifikasi atas tulisan beliau yang menyebut saya “GILAA!” 🙂

Prof. Dr. Muhammad Firdaus, SP. M.Si mengatakan,

“Surat terbuka kepada mahasiswa, dosen dan diri saya sendiri. Hari ini tentu akan ramai berita tentang hasil PIMNAS ke-28 di Unhalu. IPB berhasil menggondol 2 emas, 1 perak dan 1 perunggu. UB menjadi juara umum, dengan perolehan 10 emas, mengalahkan UGM dan ITS yang masing-masing mendapat 4 emas.

Saat tahu UB juara umum ingatan saya langsung melayang ke seorang dokter muda, Gamal Albinsaid yang sudah mendunia prestasinya: memecahkan dua akar masalah di negara berkembang: akses berobat dan sampah, dengan satu kegiatan socioenterpreneur. Berbincang cukup lama dengan beliau beberapa hari lalu; menyaksikan aksinya di atas panggung saat menjadi pemateri: GILAA!”

Pertama-tama, saya ingin mengkonfirmasi bahwa saya masih dalam keadaan sehat wal afiat dan tanpa gangguan kejiwaan apapun. Tulisan ini saya buat setelah Shalat Jum’at dalam keadaan baik, sehat, dan tanpa paksaan. 🙂

Kedua, dengan penuh kerendahan hati dan berharap hikmah tersebar, ijinkan saya bercerita tentang perjalanan program Klinik Asuransi Sampah yang sempat gagal PKM dan tisak lolos PIMNAS, namun mendapatkan kesempatan menebarkan manfaat dan kebaikan dengan caranya sendiri. Poin kedua ini saya tujukan untuk anda yang pulang PIMNAS tanpa medali.

Guru sayalah yang menginspirasi saya dan menghantarkan saya sampai titik ini, dr. Rita Rosita, M.Kes. Guru yang penuh kesederhanaan, kerendahan hati, dan penuh dedikasi. Saya masih ingat, ketika sahabat saya bercerita, bahwa dr. Rita pernah memberikan kuliah di depan kelas dan menyampaikan bahwa beliau praktek di bayar lebih murah dari semangkok bakso. Beliau mengembangkan sebuah asuransi mikro dengan premi 1.000 rupiah setiap bulan.

Kuliah tersebut membuat saya dan kawan saya, Muhammad Maulana, menemui beliau di ruangannya dan mengajak 3 kawan kami yang lain untuk membuat sebuah program sosial. Disitulah kami memodifikasi program asuransi 1.000 rupiah menjadi asuransi sampah.

Lalu saya dan keempat sahabat saya lembur untuk membuat proposal PKM, kami berhasil lolos pendaan PKM, namun tidak sampai singgah di PIMNAS, dan inovasi kebaikan itu berhenti. Setahun kemudian, saya menyayangkan program kami berhenti, lalu saya ke ruangan dr. Rita Rosita dan menitipikan program itu ke adik-adik saya di organisasi kampus untuk melanjutkan program itu. Namun 6 bulan kemudian, program itu tutup kembali.

Di akhir tahun 2012, saya tergelitik menghidupan program itu kembali saya kumpulkan seluruh tabungan saya untuk mengembangkan program itu di sebuah perumahan, lalu saya memutuskan membuat sebuah perusahaan untuk mengembangkan berbagai inovasi, Indonesia Medika. Saya menemukan kisah anak pemulung bernama Khaerunissa sebagai semangat utama menjalankan ide dan gagasan ini, Apa yang terjadi kemudian? Klinik Asuransi Sampah mengalahkan 511 pengusaha dari 90 negara, dan menghantarkan perusahaan kami meraih berbagai penghargaan nasional dan internasional, dan tercatat di tahun 2014 lebih dari 50 organisasi/perusahaan/pemerintah daerah mereplikasi ide kebaikan ini.

Tulisan ini saya buat untuk anda yang kalah PIMNAS. Saya bersyukur pada saat itu karena tidak lolos PIMNAS, karena Allah sedang membesarkan ide dan gagasan ini dengan cara yang lebih indah. Sometimes we need to lose the small battles inorder to win the war.

Oleh : dr. Gamal Albinsaid, M. Biomed (diposting di facebook “Gamal Albinsaid” pada 9 Oktober 2015)

Mengenal Lebih Jauh Sosok dr. Gamal Albinsaid, M. Biomed

Dokter Gamal Albinsaid M. Biomed, seorang dokter yang pernah mendapatkan penghargaan dari Pangeran Charles di Inggris ini telah membuktikan bahwa pemuda tidak bisa diremehkan dari segi ide, inovasi dan eksekusi.

Dengan inovasi yang digerakkannya, motivator muda ini berhasil meraih penghargaan “The Prince of Wales Young Sustainability Entrepreneur” dari Pangeran Charles di Inggris, menyisihkan 511 wirausaha peserta dari 90 negara. Penghargaan itu diberikan di Istana Buckingham bersama CEO Unilever, Paul Polman, dan Vice Canchellor dari Universitas Cambridge, Professor Sir Leszek Borysiewicz di hadapan pemimpin organisasi dan perusahaan internasional lainnya.

Gamal menjadi PEMUDA PERTAMA yang MENDAPATKAN PENGHARGAAN dari Presiden KERAJAAN INGGRIS.

foto-berkat-sampah-program-asal-malang-ini-dapat-penghargaan-dari-pangeran-charles

Mari kita lanjut mengenal pengalamannya..

Ternyata, tidak hanya itu saja, kemampuan dr. Gamal Albinsaid dalam memotivasi sangat unggul, sehingga di penghujung akhir tahun 2017, pemuda ini berhasil menjadi MOTIVATOR dalam ajang 19th World Festival for Youth and Students 2017, di Moskow dan Sochi.

Dalam ajang tersebut, MOTIVATOR MUDA ini berbicara di hadapan 25.000 Mahasiswa dari 150 Negara.

maxresdefault

Dannn, lebih kerennya lagi, orang nomer 1 di Rusia, Vladimir Putin (Presiden Rusia), tertarik untuk berdiskusi terkait inovasi yang dikembangkannya di Indonesia serta konsep pengembangan kesehatan masyarakat. Dan… kembali lagi, Gamal menjadi PEMUDA PERTAMA yang DIUNDANG SECARA KHUSUS oleh Presiden Putin.

gamal

Pada kesempatan itu, MOTIVATOR yang sudah mendapatkan gelar dokternya ini berkesempatan mendiskusikan 3 inovasinya, yaitu Garbage Clinical Insurance, siapapeduli.id, dan Homedika.

Dan.. Banyak lagi penghargaan lainnya, diantaranya People Choice Award dari California University Tahun 2015 di Amerika Serikat, Takeda Young Entepreneur Award Tahun 2016 di Jepang, 50 Most Impactful Social Innovator in The World atau Satu dari 50 Inovator Sosial Paling Berpengaruh di Dunia Tahun 2016 di India, dan masih banyak sederet penghargaan yang diraih.

Selain itu, dr. Gamal juga menjadi pembicara di 17 Negara dan 4 Benua. Melalui karyanya, dokter yang sudah MENGINSPIRASI di berbagai kota di Indonesia.

APA RAHASIANYA??

Gamal Albinsaid akan menjawabnya dalam Buku MUDA MENDUNIA, sebuah buku berisikan 30 Nilai Hidup yang menghantarkan Gamal Albinsaid MENDUNIA.

Promo_Muda_Mendunia_Free_Ebook_101_Series__Lihat_Gambar_

Apa saja yang didapatkan dari PAKET MURAH ini?

1. Buku fisik Hard Cover MUDA MENDUNIA.

2. FULL COLOUR 265 Halaman.

3. Tanda tangan dr. Gamal Albinsaid.

4. GRATIS ONGKOS KIRIM KE SELURUH PENJURU TANAH AIR.

Hebatnya lagi, harganya murah banget.

Buku ini sangat murah dibandingkan ILMUNYA yang MAHAL, apalagi FREE ONGKIR…!!!

PEMESANAN :

Klik di : http://bit.ly/bukugamal (Langsung tersambung di WA) atau hubungi 082232096491

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star