Hastag Campus

5 Tips Cerdas Belajar Tanpa Perlu Ikut Bimbel, Berani Coba?

Sejak zaman dahulu tentu istilah bimbel atau bimbingan belajar sudah cukup populer di kalangan para siswa baik sejak sekolah dasar bahkan hingga sekolah menengah atas. Di era digital masa kini bahkan bimbel mulai merambah ke arah teknologi virtual yang memunkinkan siswa belajar menggunakan teknologi.

Namun, banyak sekali aspek yang membuat sebagian siswa kesulitan mengikuti program bimbel, dari mulai aspek ekonomi hingga teknologi. Belajar akan lebih mudah jika menemukan metode yang tepat bahkan tanpa bimbel sekalipun.

Untuk kamu yang penasaran mengenai tips belajar cerdas tanpa bimbel, simak yuk apa saja!

1. Keyakinan dan niat yang kuat
Hal pertama yang tentu harus dimiliki adalah niat serta keyakinan yang kuat untuk mencapai hasil terbaik dalam belajar. Tanpa niat, segala sesuatu akan sia-sia dan tidak berjalan secara maksimal.

Oleh sebab itu, pastikan bahwa kita memiliki keyakinan yang kuat untuk mendapatkan hasil terbaik melalui pembelajaran mandiri walau tanpa bimbingan belajar apa pun dari luar.

Baca juga: Sudahi Galau SBMPTN, 6 Alasan Ini Bisa Mantapkan Niatmu untuk Gap Year

2. Pembagian waktu yang tepat dan sesuai
Kegagalan yang sering terjadi pada banyak orang adalah kesalahan dalam membagi waktu untuk belajar. Satu hal yang sering kali menjadi kunci keberhasilan dalam belajar, yaitu menemukan cara terbaik dalam membagi waktu.

Buatlah perencanaan belajar yang sesuai, pastikan bahwa kamu memiliki jadwal belajar yang cukup dan tepat karena terkadang terlalu keras belajar hingga mengambil banyak waktu juga tidak baik.

Kamulah yang lebih mengetahui pembagian waktu atas aktivitas dirimu sendiri.

3. Tentukan metode belajar yang cocok
Setiap orang memiliki kemampuan dalam menyerap ilmu dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang lebih tertarik untuk belajar melalui visual, audio, maupun audio-visual, dan beberapa metode pembelajaran lainnya.

Inilah yang dapat kamu lakukan yaitu dengan memilih metode yang tepat sehingga tujuan dari pembelajaran itu sendiri dapat tercapai dengan mudah.

Baca juga: Gak Cuma Menggambar, Ini 5 Modal Super Jadi Mahasiswa Arsitektur

4. Diskusi menjadi salah satu pilihan menarik
Kata siapa belajar hanya dapat dilakukan seorang diri ataupun di dalam kelas semata? Faktanya kamu juga bisa loh berdiskusi dengan teman-teman lain untuk membahas mengenai suatu hal yang telah kalian pelajari.

Hal ini biasanya akan lebih menarik karena kita akan memiliki banyak pandangan serta jawaban dari berbagai perspektif yang berbeda. Boleh dicoba kan?

5. Memanfaatkan teknologi
Tentu saja sebagai masyarakat yang eksis di era revolusi industri 4.0, kita tidak dapat lepas dari teknologi. Hal ini lah yang membuat kita dapat memanfaatkan teknologi sebagai media yang mudah serta gratis untuk mengakses banyak hal yang berhubungan dengan pembelajaran. Tentunya akan lebih praktis dan tidak perlu merogoh kocek, deh.

Nah, 5 tips belajar cerdas di atas dapat kamu coba untuk mencapai tujuan terbaik dari pendidikanmu bahkan tanpa perlu mengikuti bimbel. Bagaimana menurutmu?

Sumber: Idntimes.com

One reply to “5 Tips Cerdas Belajar Tanpa Perlu Ikut Bimbel, Berani Coba?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star