Hastag Campus

Kunci Sukses Kuliah Sambil Kerja.

Kuliah sambil kerja adalah keputusan yang nggak boleh ditentukan main-main. Dibalik keputusan ini, tentunya ada beberapa hal yang menjadi alasan mulai dari ingin mengasah keterampilan dalam satu waktu hingga masalah ekonomi. Memang, nggak sedikit mahasiswa yang berhasil menjalankan keduanya, baik kuliah maupun kerja secara bersamaan. Namun, semua itu bukannya tanpa usaha dan pengorbanan.

Jika kamu memang harus kuliah sambil kerja, ikuti tips-tips dari Hipwee Sukses berikut agar kamu bisa mengatur waktu dan menjaga kesehatan untuk tetap semangat menjalani keduanya dengan baik.

1. Pilihlah pekerjaan paruh waktu atau freelance yang jam kerjanya bisa disesuaikan dengan jadwal perkuliahan
Baiknya hindari jenis pekerjaan full time yang mengharuskanmu masuk kerja setiap harinya dengan waktu yang sama. Pilihlah pekerjaan yang sifatnya paruh waktu yang jam bekerjanya bisa disesuaikan dengan jadwal perkuliahan. Atau, kamu juga bisa mengambil pekerjaan freelance yang waktu maupun tempat bekerjanya bisa fleksibel, bahkan nggak harus ngantor. Intinya, tetap prioritaskan jadwal kuliahmu lebih dulu, sementara hari kerjanya menyesuaikan waktu luang.

Baca juga: Kuliah Sambil Kerja? 5 Daftar Pekerjaan Ini Cocok Untuk Mahasiswa

2. Jika memungkinkan, pilih bidang pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kuliahmu. Itung-itung sekalian praktik gitu~
Selain bisa langsung mempraktikkan ilmu yang dipelajari di perkuliahan, sebaliknya, kamu juga berkesempatan untuk belajar lebih dulu tentang suatu hal yang belum pernah kamu pelajari di perkuliahan. Dengan kuliah sambil kerja di bidang yang sama, pengetahuan da pengalamanmu akan beberapa tingkat lebih jauh ketimbang mahasiswa lainnya.

3. Beri tahu atasan tempatmu bekerja bahwa kamu adalah mahasiswa yang mengambil waktu luang untuk bekerja
Ketika kuliah sambil bekerja, pastikan atasan tempatmu bekerja mengetahuinya. Konsultasikan dengan atasan agar jadwal bekerjamu bisa disesuaikan dengan jadwal kuliah. Kalau sudah transparan gini, nantinya jika ada urusan penting yang mengharuskanmu ke kampus seperti ujian misalnya, harapannya kamu akan dapat dispensasi dari tempat kerja. Jadi, kesepakatan soal waktu di awal bekerja ini penting banget, ya!

4. Mulailah belajar mengatur waktu dengan baik biar kuliah dan kerjamu lancar terus
Manajemen waktu saat kuliah sambil kerja jadi hal yang sangat krusial. Kalau kamu bisa mengatur waktu dengan baik, niscaya keduanya juga bisa dijalani dengan baik pula. Mulailah dari hal-hal kecil, seperti membuat jadwal kuliah dan kerja agar nggak bentrok satu sama lain. Jangan lupa untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, dan sisihkan waktu lebih dalam sehari untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah.

Baca juga: Jangan Bangga Kalau Punya IPK Setinggi Langit, Kamu Sudah Punya 7 Skill Jitu Ini Belum?

5. Karena kuliah nomor satu, segerakan untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah. Jangan pernah menundanya
Begitu ada tuga kuliah, segera selesaikan begitu ada waktu untuk mengerjakan. Lelah bekerja nggak bisa dijadikan alasan untuk menunda mengerjakan, itu sudah jadi konsekuensimu. Kalau nilaimu sampai bermasalah, maka kuliahmu pun bisa molor, kan jadi merugikan juga secara finansial~

6. Kamu harus rela mengorbankan waktu untuk bersenang-senang. Maka, kuatkan mental
Jika mahasiswa lain menghabiskan waktu 24 jam untuk kuliah, berorganisasi, menjalani hobi, bermain atau bersenang-senang, sebaliknya, kamu harus mengorbankan sebagian kesempatan di sela kuliah untuk bekerja. Kuatkan mentalmu dan ingat lagi tujuan awalmu kuliah sambil kerja. Mungkin waktu-waktu ini akan kamu lewatkan, tapi di depan nanti kamu akan dapatkan kesempatan yang lebih baik.

7. Buat dirimu tangguh dengan selalu menjaga kesehatan. Jangan pernah lewatkan waktu istirahat dan makan
Kelelahan setiap harinya sudah jadi hal yang akan kamu rasakan sehari-harinya. Namun, usahakan agar nggak sampai jatuh sakit. Tipsnya, terapkan pola hidup sehat dengan menjaga pola makan, nggak melewatkan sarapan, minum banyak air putih, olahraga, dan istirahat yang cukup. Seiring dengan berjalannya waktu, masa-masa berat ini akan membuatmu terbiasa.

Meski nggak dianjurkan, kuliah sambil kerja bukanlah hal mustahil untuk kamu coba. Selagi punya niat dan ketekunan untuk menjalankan keduanya sekaligus, maka bekal ilmu dan pengalaman pun bakal kamu dapatkan dalam satu waktu. Jadi, pikirkan matang-matang terlebih dahulu, ya!

Sumber: Hipwee.com

One reply to “Kunci Sukses Kuliah Sambil Kerja.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star