Hastag Campus

Si Introvert Juga Bisa Jadi Teman yang Baik, Ini Tipsnya

Tidak heran jika seseorang dengan kepribadian introvert memang sulit berteman dengan orang lain, apa kamu juga merasakannya? Seseorang dengan kepribadian introvert cenderung harus berusaha lebih keras untuk membuat orang lain memahami caranya berkomunikasi.

Dilansir dari purewow.com, Selasa (6/8/2019), berikut ini adalah beberapa cara bagi si introvert untuk bisa menjadi teman yang baik bagi orang lain. Penasaran?

1. Bersikap terbuka tentang kebutuhan diri sendiri

Tempatkan dirimu sendiri pada posisi orang lain. Seringkali perilaku seseorang yang introvert akan dianggap sebagai kesombongan, bahkan kasar.

Inilah pentingnya untuk bersikap jujur tentang kepribadian introvertmu kepada orang lain. Jelaskan bahwa kamu lebih suka menyendiri atau berada di dalam kelompok yang lebih kecil.

Untuk seseorang berkepribadian introvert, interaksi sosial bisa sangat menguras tenaga. Buat orang lain mengerti tentang kecenderunganmu berinteraksi.

2. Lakukan pendekatan lebih dulu

Siapa bilang introvert tidak bisa memulai interaksi lebih dulu? Jangkaulah teman-teman terdekat, undang mereka untuk melakukan sesuatu yang sama-sama disukai.

3. Temukan cara lain untuk menunjukkan kepedulianmu

Setiap orang memiliki bahasa cintanya masing-masing, sama halnya ketika kamu berkomunikasi dengan orang lain. Seseorang dengan kepribadian introvert biasanya lebih suka mengagumi orang lain dari jauh. Intinya adlaah memastikan orang tersebut tahu bahwa kamu peduli, tanpa harus membuat dirimu sendiri merasa stres.

Credit : Fimela

[Quiet : Pahami Daya Kekuatan Sang Introvert]

Banyak orang menduga seseorang yang berkepribadian introvert adalah sosok pendiam, kutu buku dan anti sosial.

Berbagai label negatif diberikan kepada para introvert sehingga sosok extrovert-lah yang menjadi contoh baik dalam masyarakat.

Akan tetapi, Susan Cain dalam bukunya yang berjudul “Quiet: The Power of Introvert” (diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia : Quiet, Daya Introvert dalam Dunia yang Tidak Bisa Berhenti Bicara), mengungkapkan bahwa dibalik kepribadian introvert tercipta orang-orang sukses. Sisi-sisi positif para introvert inilah yang kemudian diulas oleh Susan Cain di dalam bukunya tersebut.

Susan Cain menjawab keresahan tersebut dengan mengungkapkan bahwa orang yang berkepribadian introvert adalah sosok orang-orang pemerhati dan pendengar yang baik.

Kamu bisa memesannya dengan mudah melalui WhatsApp ke no 0822-3209-6491 dengan format : Saya Mau Beli Buku Quiet atau klik di bit.ly/PesanQuiet

Resensi dan testimoni pemesan QUIET di @icampusindonesia bisa diakses di : INTROVERTINDONESIA.COM


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star