Hastag Campus

5 Kelebihan Introvert yang Mungkin Tidak Dimiliki Kepribadian Lain

Hal-hal berikut bisa jadi contoh kelebihan introvert yang bisa tidak dimiliki orang dengan kepribadian lain:

1. Pemimpin bijak

Karena cenderung pendiam, banyak orang yang mengatakan introvert tak bisa menjadi pemimpin yang baik. Padahal menurut Dembling, hal tersebut tidak benar.

Beberapa tokoh seperti Bill Gates, Abraham Lincoln hingga Mahatma Gandhi merupakan orang introvert. Namun mereka juga dikenal sebagai orang-orang sukses yang mampu memimpin perusahaan, negara, hingga pergerakan revolusi.

Introvert bisa menjadi pemimpin yang baik karena mereka lebih detil dan lebih banyak berpikir sebelum bertindak.

2. Pendengar yang baik

Penulis buku “The Introvert Entrepreneur” Beth Buelow mengatakan kalau orang-orang introvert secara alami adalah pendengar yang baik. Saat mendengarkan cerita orang lain introvert akan mendengarkan secara seksama, mengolah informasi di dalam pikirannya, lalu memberikan respons.

Lawannya, ekstrovert, mungkin akan lebih sering untuk menyaut di tengah cerita.

3. Perhatian detail

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, selain kemampuan mendengar orang-orang introvert juga bisa memiliki kemampuan perhatian terhadap detail yang baik.

Biasanya orang dengan kepribadian introvert menggunakan kemampuan menangkap detail ini untuk memperhatikan lingkungan sekitarnya. Salah satu contoh seorang introvert lebih mungkin menangkap bahasa tubuh lawan bicaranya.

4. Teman dekat yang baik

Karena introvert tidak terlalu suka menghabiskan waktu dengan banyak orang, bukan berarti ia tidak bisa berteman. Introvert justru bisa jadi teman dekat apalagi dengan kualitasnya sebagai pendengar dan pemerhati yang baik.

5. Pasangan ideal

Karena introvert suka menghabiskan waktunya sendiri, ia bisa tahu kapan harus menemani pasangan kapan harus membiarkannya. Dalam hubungan asmara yang sehat bukan berarti setiap saat setiap waktu harus selalu berduaan.

Kita tidak akan jadi sangat menempel pada pasangan atau butuh perhatian yang tinggi.

[Quiet : Pahami Daya Kekuatan Sang Introvert]

Banyak orang menduga seseorang yang berkepribadian introvert adalah sosok pendiam, kutu buku dan anti sosial.

Berbagai label negatif diberikan kepada para introvert sehingga sosok extrovert-lah yang menjadi contoh baik dalam masyarakat.

Akan tetapi, Susan Cain dalam bukunya yang berjudul “Quiet: The Power of Introvert” (diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia : Quiet, Daya Introvert dalam Dunia yang Tidak Bisa Berhenti Bicara), mengungkapkan bahwa dibalik kepribadian introvert tercipta orang-orang sukses. Sisi-sisi positif para introvert inilah yang kemudian diulas oleh Susan Cain di dalam bukunya tersebut.

Susan Cain menjawab keresahan tersebut dengan mengungkapkan bahwa orang yang berkepribadian introvert adalah sosok orang-orang pemerhati dan pendengar yang baik.

Kamu bisa memesannya dengan mudah melalui WhatsApp ke no 0822-3209-6491 dengan format : Saya Mau Beli Buku Quiet atau klik di bit.ly/PesanQuiet

Resensi dan testimoni pemesan QUIET di @icampusindonesia bisa diakses di : INTROVERTINDONESIA.COM

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star