Hastag Campus

Jangan Remehkan! Ini 6 Manfaat Anak Magang untuk Menunjang Karier

Dalam dunia kerja, pencapaian hasil dan pengakuan dari atasan bukan segalanya. Ada banyak tolak ukur untuk menjadi karyawan, salah satunya kemampuan bersosialisasi untuk bertahan dari persaingan karier yang semakin ketat seiring berkembangnya zaman.

Pentingnya bersosialisasi gak hanya dengan rekan kerja atau atasan, loh, melainkan juga dengan para junior. Salah satunya dengan anak magang! Berikut enam keuntungan yang akan kamu dapatkan jika kamu mampu menjadi senior yang baik untuk anak magang di perusahaan tempatmu bekerja.

1. Melatih rasa empati
Apakah kamu pernah magang? Kamu tentu masih ingat seperti apa rasanya hari pertama sebagai anak magang, ‘kan? Mungkin ada di antara kamu yang merasa grogi, canggung, takut salah, dan takut sendirian. Hal yang sama pun bisa saja dirasakan oleh junior magang di perusahaanmu.

Setiap melihat mereka, cobalah untuk memahami apa yang mereka rasakan saat menjalani masa magangnya. Dengan melatih rasa empati ini, pasti tidak sulit bagimu untuk berbuat baik kepada mereka.

Kamu pun akan merasakan manfaat positif pada perkembangan kepribadianmu. Kamu bisa menjadi sosok yang lebih positif dan mampu menginspirasi orang lain.

Baca juga: Untuk Kamu yang Sudah Lama Lulus Kuliah Tapi Belum Juga Mendapatkan Pekerjaan

2. Mereka membutuhkan dukungan dan perhatian, sekecil apa pun itu
Sebenarnya, bagaimana cara menjadi senior yang baik untuk mereka? Gak sulit, kok. Sebagai anak magang yang terlalu canggung dan takut bersosialisasi dengan para senior, mereka pasti membutuhkan sosok yang perhatian dan suka memberikan bantuan.

Kamu bisa menanyakan apakah ada hal yang membuat mereka bingung dengan pekerjaan mereka. Jangan melulu menunggu mereka bertanya duluan, ya. Itu karena pasti kamu juga pernah merasa takut dan grogi saat bertanya pada senior, ‘kan?

Nah, untuk membantu mereka mengurangi rasa grogi dan canggung, kembangkanlah citramu sebagai sosok yang ramah dan perhatian. Percaya, deh, kebaikan sekecil apa pun pasti akan mereka ingat, bahkan sekadar mengajak mereka makan siang bersama.

3. Melatih kemampuan leadership sebagai bekal kariermu
Kalau saat ini kamu masih berstatus sebagai pegawai biasa, kehadiran anak magang akan membuatmu terbiasa mengelola tim dan meningkatkan kemampuan leadership kamu, loh! Dengan kemampuan yang semakin terasah, bukan tidak mungkin perusahaan akan melihat bakat kepemimpinanmu.

Pada akhirnya, kesempatan untuk naik ke jenjang karier yang lebih tinggi akan semakin besar. Untuk itu, yuk, akrabkan diri dengan anak magang!

4. Menambah lingkup pertemanan
Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa lingkup pertemanan yang luas menjadi salah satu faktor seseorang bisa sukses. Berteman baik dengan para anak magang pun gak ada ruginya, kok, malah justru bisa memperluas lingkup pertemananmu.

Coba, deh, sesekali sempatkan waktu untuk makan siang bersama mereka sambil berbagi cerita satu sama lain. Pasti ada hal atau pelajaran yang kamu dapatkan. Mereka pun bisa memetik pelajaran darimu. Itu karena setiap teman pasti memiliki cerita masing-masing yang membuatmu lebih banyak belajar tentang hidup.

Baca juga: 5 Etika yang Wajib Kamu Terapkan Saat Bersosialisasi

5. Membawa citra baik bagi perusahaan
Bagi mereka, proses magang selama berbulan-bulan bukan hanya menjadi kesempatan untuk mencoba dunia kerja yang sesungguhnya, tetapi juga untuk menyeleksi jenis-jenis lingkungan kerja dalam perusahaan. Itu sebabnya penting bagi setiap perusahaan untuk menjaga lingkungan kerja yang sehat agar tidak kehilangan bakat-bakat unggul.

Kamu pun bisa turut berkontribusi untuk membawa citra baik perusahaan di mata anak-anak magang, loh. Kamu bisa menjadi sosok yang baik, perhatian, dan inspiratif bagi mereka.

6. Menjadi contoh yang baik bagi rekan kerjamu
Meskipun lingkungan di tempat kerjamu tidak cukup ramah bagi anak magang, jangan takut untuk menjadi sosok yang berperan penting untuk menyehatkan kembali lingkungan kerjamu.

Tak perlu takut dibilang cari muka saat kamu mulai belajar untuk menjadi senior yang baik bagi para anak magang. Tetaplah fokus pada tujuan bahwa kamu memperlakukan mereka dengan baik semata-mata karena kamu tahu seperti apa susahnya menjadi anak magang dulu.

Jangan takut dibilang mencari muka atau pujian. Itu karena yang kamu lakukan adalah kebaikan. Dengan begini, bukan tidak mungkin kebaikanmu justru menjadi contoh baik bagi rekan kerja yang lain.

Itulah enam alasan mengapa penting untuk menjadi senior yang baik bagi anak magang. Selain baik untuk dia, juga membawa banyak kebaikan untukmu, kok. So, jangan jadi senior yang cuek ya. Stay humble, Gengs!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star