Hastag Campus

5 Hal yang Harus Dilakukan Wanita Introvert untuk Meningkatkan Karier

Wanita introvert biasanya dikenal sebagai sosok yang pendiam dan kurang menyukai keramaian. Beberapa dari mereka juga membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi, apalagi jika berada di tempat baru. Lalu, bagaimana cara mereka dapat bertahan hidup? Atau bagaimana mereka bisa survive di dunia kerja?

Meski dikenal sebagai orang yang suka menyendiri, bukan berarti wanita introvert gak bisa berkembang dalam hal karier. Nah, jika kamu termasuk wanita introvert, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kariermu. Bagaimana ya caranya? Simak yuk lewat artikel berikut!

1. Gak perlu membatasi diri
Kamu gak perlu jadi orang lain untuk bisa mendapat perhatian dari pimpinanmu. Sebelum mengambil langkah, pastikan kamu telah mengenali siapa dirimu dan terima dirimu apa adanya. Sehingga, pada saat di tempat kerja kamu gak perlu membatasi dirimu. Jika memang kamu butuh waktu sendiri di jam istirahat, lakukanlah. Biarkan rekan kerja yang mengerti dirimu, tanpa harus berpura-pura bergabung dengan mereka padahal kamu kurang nyaman dengan keramaian. Lakukanlah apa yang membuatmu nyaman dan biarkan pimpinanmu melihat siapa dirimu sebenarnya.

Baca juga: Kamu Mahasiswa Baru? Ini 5 Kebutuhan Wajib untuk Perantau Pemula

2. Cari relasi dengan caramu sendiri
Networking events biasanya dijadikan ajang untuk menjalin relasi. Namun, di mata orang introvert, event seperti ini terlihat seperti acara besar yang dipenuhi orang asing. Tenang, kamu gak perlu datang ke sana jika itu membuatmu gak nyaman. Kamu bisa menjalin relasi via online, misalnya melalui grup profesional LinkedIn atau Facebook. Selain itu, kamu bisa bergabung pada workshop atau seminar dan kamu akan menemukan orang-orang dengan minat yang sama sepertimu.

3. Tunjukkan bahwa kamu peduli dengan perusahaan dan rekan kerjamu
Meski kamu sering menolak jika diajak pergi setelah pulang kerja, kamu bisa menunjukkan kepedulian dalam bentuk lain. Misalnya dengan membawakan makanan ringan setiap hari Senin, atau menulis kartu ucapan terima kasih sesekali atas bantuan rekan kerjamu. Sehingga, kamu tetap bisa menunjukkan kepedulianmu tanpa harus mengubah karakter dirimu.

Baca juga: Selain Belajar, 5 Hal Ini Pernah Kamu Lakukan Waktu Masa Kuliah Gak?

4. Buat gebrakan baru
Jika ingin kariermu meningkat, tentu saja harus ada gebrakan baru yang harus kamu buat. Biasanya, seorang introvert ahli dalam hal introspeksi. Manfaatkan kemampuan ini untuk mengulas pekerjaan di dalam tim kamu. Sehingga kamu bisa meningkatkan atau membuat project baru yang berguna untuk menangani situasi kantormu saat ini.

5. Pilih pekerjaan yang tepat
Jika tempat kerjamu saat ini membuatmu merasa gak bisa berkembang, saatnya move on! Carilah pekerjaan yang sesuai dengan diri dan passion-mu. Selain itu, pastikan pekerjaan atau tempat kerja tersebut membuatmu nyaman. Sehingga, kamu bisa lebih menghargai dan mengasah keterampilanmu di sana.

Semoga kamu bisa meningkatkan kariermu dengan beberapa cara tersebut. Setiap langkah pasti punya risiko, namun jika kamu yakin dengan langkah tersebut, rencanamu pasti dapat berjalan dengan lancar. Selamat mencoba!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star