Hastag Campus

9 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencoba Kerja Magang Selagi Sekolah

Akhir-akhir ini, banyak dari kita yang masih kuliah memutuskan untuk mencoba kerja magang. Apa enaknya sih, bekerja tanpa dibayar? Eits, jangan salah sangka. Kerja magang memiliki manfaat-manfaat yang baik, lepas dari dibayar atau tidak. Apa aja sih?

1. Mungkin kamu akan menemukan calon bos atau calon tempat kerjamu.
Gak menutup kemungkinan, tempat kamu magang itu akan jadi tempat yang cocok untukmu memulai karirmu. Jika kamu dapat bekerja dengan baik disana, siapa tahu, kamu akan ditawari posisi tetap disana setelah masa magangmu berakhir.

2. Kamu dapat mencoba test-drive kemampuanmu di tempat kerja.
Kamu sudah banyak belajar di dalam kelas, tapi kamu tidak pernah mempraktekannya. Inilah saatnya kamu dapat mengetahui sesulit apakah pekerjaan ‘aslinya’ dan apakah kamu dapat menguasai dunia pekerjaan itu.

Baca juga: First Jobber Harus Patuhi 5 Aturan Ini Agar Masa Depan Karirmu Cerah

3. Kamu bisa menemukan orang-orang yang bisa dijadikan panutan.
Kamu pasti akan bertemu dengan berbagai macam orang di tempat kerja. Ada yang baik, ada yang menyebalkan, dan ada juga mereka yang bisa jadi inspirasi dan panutanmu dalam bekerja. Kamu bisa belajar banyak hanya dari melihat cara kerja mereka.

4. Kamu bisa networking atau menjalin relasi dengan banyak orang di bidangmu.
Kerja magang memberimu kesempatan untuk memperluas relasimu dengan orang-orang yang bekerja dalam bidangmu. Koneksi ini dapat membantumu di masa depan nanti. Dan kamu juga dapat belajar bagaimana caranya beradaptasi dan bergaul dengan berbagai macam orang.

5. Mengetahui apa yang kamu suka dan tidak.
Terkadang, setelah kamu mencoba kerja magang, kamu akan menemui hal-hal yang tidak kamu sukai dari pekerjaanmu. Kamu akan mengerti lebih jelas, apa yang ingin kamu kerjakan di masa depan nanti. Dengan begitu, kamu tidak perlu buang-buang waktu nantinya, karena kamu sudah tahu jelas arah tujuanmu.

Baca juga: Untuk Kamu yang Sedang Menunggu Panggilan Kerja, Manfaatkan Waktumu dengan Kegiatan Positif Ini!

6. Menguatkan CV atau resume-mu.
Sudah jelas hukumnya, kalau kamu kerja magang, kamu memiliki pengalaman lebih yang dapat menguatkan CV atau resume-mu. Dengan begitu, akan lebih mudah bagimu untuk mendapat pekerjaan setelah lulus nantinya karena pengalaman-pengalaman itu.

7. Kamu akan banyak sekali belajar, bahkan lebih dari saat belajar di dalam kelas.
Kita tahu, kamu sering mengantuk dan mungkin bolos kelas. Tak masalah, karena saat kamu kerja magang, kamu akan belajar banyak hal, hal-hal yang tidak bisa kamu pelajari di kelas saja. Kamu akan mengerti lebih dalam tentang bidangmu itu nantinya.

8. Kamu akan tahu di mana kekuatan dan kelemahanmu.
Dengan kerja magang, kamu akan mengerti di bagian mana kamu dapat bekerja dengan baik, dan bagian mana yang kurang. Kalau tidak pernah dicoba, kamu tidak akan pernah tahu. Dengan begitu, kamu dapat memperbaiki area-area yang kurang, dan terus mengasah area-area dimana kamu berprestasi.

9. Kerja magang dapat menjadi pengalaman hidup yang sangat berarti.
Kerja magang adalah sebuah tantangan. Mungkin sulit dan melelahkan, tapi banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan darinya. Kamu bisa mengerti lebih dalam tentang dirimu, bidangmu, dan orang-orang lain di bidang itu. Siapa tahu, kerja magang dapat benar-benar merubah hidupmu.

Jadi kita tahu sekarang, kalau sebenarnya kerja magang itu wajib hukumnya untuk persiapan karir masa depan kita. Buat mereka yang belum pernah kepikiran sebelumnya, masih belum terlambat buat kamu memulainya. Dan buat yang lagi magang saat ini, semangat ya, kalian ada di jalur yang benar!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star