Hastag Campus

6 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Sudah Lulus tapi Belum Mendapatkan Pekerjaan

Hal yang sangat wajar jika kita mengalami “Masa Pengangguran” setelah lulus kuliah. Sebagian mungkin beruntung sudah mendatangi kontrak bahkan sebelum lulus, tapi bagaimana yang masih dalam proses mencari pekerjaan? Sambil mencari pekerjaan kamu bisa melakukan banyak hal lain untuk memaksimalkan potensi dan jaringan kamu.

1. Kursus bahasa asing, membuatmu lebih mahal dan spesial
Kursus bahasa asing tentu menjadi salah satu pilihan strategis untuk mengisi masa transisi sebelum mendapatkan pekerjaan. Selain bahasa Inggris, setidaknya kamu menguasai satu bahasa Internasional lagi untuk dikuasai seperti Bahasa Mandarin, Prancis, Jerman, Jepang atau Korea.

Baca juga: Untuk Kamu yang Sebentar Lagi Sidang Skripsi, Ini Cara Menyiapkan Diri dalam Presentasi

2. Relawan, rasakan serunya berbagi kebaikan
Jangan salah, menjadi relawan sangatlah bermanfaat. Selain berbagai kebaikan, pengalaman dan networking kamu akan semakin luas. Kamu bisa mengikuti berbagai program LSM atau pemerintahan yang membutuhkan program relawan.

3. Bangun bisnis, siapa tahu kamu memang dilahirkan untuk menjadi pengusaha
Memulai bisnis ibarat mendorong mobil, awalnya pasti sangat berat. Namun kalau sudah mulai berjalan sedikit demi sedikit, semuanya lebih mudah dan menyenangkan. Jaman sekarang semuanya serba dimudahkan untuk memulai bisnis sendiri. Jangan takut untuk memulai! Kamu akan belajar banyak hal dari berbisnis.

Baca juga: 7 Hal Ini Perlu Kamu Hindari Jika Ingin Melihat Dirimu Sukses

4. Magang, salah satu pintu andalan pembuka karir
Mendapatkan kesempatan magang cenderung lebih mudah. Kalau performamu saat magang memuaskan si manager, kamu bisa saja diangkat menjadi pegawai. Kamu bisa mendapatkan berbagai informasi peluang magang dengan mudah secara online.

5. Mengurus persiapan S2, peluang beasiswa sangat terbuka
Melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi menjadi opsi menarik. Banyak sekali Beasiswa yang dibuka untuk anak muda prospektif di negri ini. Proses aplikasi beasiswa memang cukup lama dan perlu banya persiapan. Jika kamu berhasil mendapatkan beasiswa dan bisa bergaya hidup hemat, kamu bisa mendapatkan surplus keuangan juga layaknya bekerja. Tapi ingat, jangan sampai motivasi S2mu cuma sebagai pelarian karena belum dapet kerja yaa.

6. Freelance, kerja sampingan online kapanpun dimanapun
Banyak sekali situs online yang menawarkan berbagi kesempatan bekerja freelance seperti upwork.com, freelancer.co.id, sribulancer.com, dll. Penghasilannya tidak kalah bahkan bisa lebih besar dari pada mereka yang bekerja tetap.

Dengan melakukan hal tersebut kamu bisa terus berkembang sambil mencari pekerjaan juga, tetap semangat!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star