Hastag Campus

5 Tips Biar Magang Anak Komunikasi Lancar Jaya

Ilmu komunikasi punya ranah yang sangat luas di dalam dunia kerja, misalnya, menjadi seorang hubungan masyarakat hingga bekerja sebagai jurnalis. Untuk menyiapkan dunia kerja, biasanya Fakultas Ilmu Komunikasi mewajibkan mahasiswanya untuk magang di semester akhir.

Magang itu penting, karena bisa mengasahmu agar kerasan di dunia kerja. Kalau kamu anak komunikasi yang hendak magang, simak tips di bawah ini agar semua urusanmu lancar:

1. Kenali betul perusahaanmu seperti apa
Sebelum memulai magang, kamu harus mengenal betul perusahaanmu itu seperti apa. Lakukan riset kecil-kecilan dengan searching di google atau jika kamu memiliki kenalan di perusahaan tersebut kamu bisa bertanya-tanya lebih lanjut. Namun pastikan dulu kalau perusahaanmu itu sesuai dengan ranah ilmu komunikasi ya.

Baca juga: Jadi Orang Introvet di Kantor, Ini yang Harus Diperhatikan

2. Magang sesuai dengan passion kamu
Maganglah sesuai dengan apa yang kamu suka dan gemari di bidang itu. Contohnya kalau kamu ingin menjadi seorang public relations kamu bisa mengajukan magang di hotel, mall, pemerintahan, dan lainnya.

Jika kamu suka bergelut di bidang foto video dan produksi film, kamu bisa mencoba di production house maupun di kantor pertelevisian. Ingat, bekerja sesuai dengan hati dan kesukaan akan membuat semuanya lebih enak dalam mengerjakan lho.

3. Bersikap sopan dan jadilah aktif
Anak komunikasi wajib tahu cara berkomunikasi yang baik dan benar. Bersikaplah ramah dan sopan agar kamu juga diterima dengan baik dengan rekan seniormu disana. Aktif bertanya saat tidak mengerti dan rajin mengerjakan tugas yang diberikan. Tunjukkan bahwa komunikasi tidak hanya belajar mengenai verbal tetapi juga komunikasi non verbal.

Baca juga: 5 Bekal Utama Biar Bisa Sukses Kerja di Industri Digital

4. Memperluas relasi karena itu penting
Ajaklah berkenalan rekan-rekan di perusahaanmu. Tujuannya yaitu untuk menjalin relasi agar semua pekerjaanmu dimudahkan. Selain itu, sesuai dengan ranah komunikasi yang luas jadi sekaligus melatihmu untuk menjalin jaringan dengan orang banyak.

5. Jangan malu untuk punya inisiatif dan take action duluan
Awal masuk magang pasti ada rasa malu dan sungkan terhadap rekan lainnya. Hal itu wajar adanya, tetapi cukuplah untuk sehari saja. Pasalnya, dunia kerja itu luas dan kamu dituntut untuk bertemu dengan orang-orang baru. Siapa tahu yang kamu temui di tempat magang sekarang akan menjadi klienmu atau menjadi rekan kerjamu kelak.

Kamu bisa melakukan beberapa tips tadi agar magangmu sukses dan lancar. Selamat magang!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star