Hastag Campus

Bukan Cuma Belajar di Rumah, Ini 5 Fakta Tentang Homeschooling

Banyak sekali persepsi yang salah di kalangan masyarakat tentang homeschooling. Selama ini orang menganggap homescholing adalah sekolah yang mendatangkan guru ke rumah seperti les privat dan menjadikan anak kurang bersosialisasi. Namun, apa yang orang pikirkan selama ini salah. Berikut ini ada fakta yang jarang orang tahu tentang homeschooling. Biar kamu ga salah pemikiran lagi.

1. Cara belajar homeschooling juga bisa kamu laksanakan dengan komunitas di sekolah
Kalau selama ini kita berpikir homeschooling seperti les privat yang mendatangkan guru di rumah tanpa harus datang ke sekolah, homeschooling juga mempunyai cara belajar dengan komunitas. Kamu akan diberikan jadwal belajar seperti di sekolah. Kamu akan bertemu banyak teman di komunitas tersebut. Kalau kamu mengikuti cara belajar komunitas, kamu tidak bisa memilih jadwal sendiri. Pihak sekolah yang akan menentukan jadwalmu.

Baca juga: 5 Cara Agar Tidak Mengecewakan Saat dapat Rekomendasi Kerja

2. Kamu tetap bisa bersosialisasi dengan orang lain
Homeschooling tidak akan membuat kamu kurang bersosialisasi. Meskipun kamu mengikuti cara belajar di rumah dengan memanggil guru, sekolah akan membuat event tertentu yang akan mengumpulkan seluruh siswanya. Di situlah kesempatanmu untuk berkumpul bersama teman-temanmu.

3. Murid homeschooling banyak mempunyai prestasi di bidang non akademik
Kebanyakan siswa yang sekolah di homeschooling adalah orang yang sibuk mengembangkan bakat di bidang lainnya. Mereka mempunyai prestasi di bidang non akademik. Ada yang mempunyai bakat di bidang vokal, modelling, dan olahraga. Mereka memilih sekolah di homeschooling agar bisa mengatur waktu antara sekolah dan hobinya yang lain.

4. Homeschooling juga memiliki jadwal ulangan seperti sekolah formal
Seperti sekolah formal pada umumnya, homeschooling juga mempunyai jadwal ujian juga lho. Hal ini untuk mengukur kemampuan muridnya, apakah sudah cukup baik atau belum. Jadwal ujian yang diadakan juga sama seperti sekolah formal.

Baca juga: Wajib Dicoba! 9 Cara Supaya Skripsimu Bisa Selesai dalam Satu Semester

5. Murid homeschooling bisa melanjutkan sekolah formal dan kuliah dengan ijazah paket
Buat para murid yang ingin melanjutkan ke sekolah formal, tenang aja karena kamu bisa mengambil ijazah paket untuk melanjutkan ke sekolah formal atau jenjang perkuliahan. Jadi tidak usah ragu lagi, kamu masih tetap bisa kuliah atau ke pendidikan formal setelah kamu mengambil ujian kesetaraan.

Homeschooling bukan belajar di rumah seperti yang kamu pikirkan. Kamu masih tetap bisa mempunyai banyak teman dan meraih prestasi lainnya di bidang non akademik. Homeschooling adalah alternatif untuk kamu bisa mengejar cita-cita tapi tetap mementingkan sekolahmu. Jadi buat kamu yang ingin meneruskan prestasi non akademik tetapi masih ingin sekolah, kamu bisa mencoba homeschooling.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star