Hastag Campus

5 Cara Mengisi Waktu Luang Sambil Menunggu Wisuda, Biar Gak Gabut!

Wisuda adalah hal yang dinanti oleh semua mahasiswa. Biasanya ada jarak waktu ketika kamu telah selesai mengurus berkas untuk yudisium, acara yudisium dan acara wisuda.

Waktu inilah di mana mahasiswa pada akhirnya ‘nganggur’ karena sudah gak ada urusan lagi di kampus dan tinggal menunggu wisuda. Kebanyakan mahasiswa akan bingung dalam menghabiskan waktu luangnya tersebut.

Sambil menunggu acara wisuda datang, enaknya ngapain ya?

1. Membereskan berkas-berkas skripsi yang berantakan di kamar
Kamar adalah salah satu tempat di mana kita melakukan pertarungan dan perjuangan untuk menuntaskan skripsi. Mulai dari mengetik, baca materi hingga cari jurnal penelitian. Gak ada waktu buat beresin buku-buku atau kertas, bikin kamar jadi berantakan banget.

Nah, ini waktu yang tepat untuk membereskan semuanya. Masukkan kembali buku-buku di lemari atau kardus. Kertas bekas bisa disisihkan untuk didaur ulang atau dijual ke tukang rombeng. Kamar jadi bersih dan nyaman kembali!

Baca juga: Untuk Kamu yang Sebentar Lagi Sidang Skripsi, Ini Cara Menyiapkan Diri dalam Presentasi

2. Melakukan hobi yang sudah lama tertahan akibat skripsi
Selama proses mengerjakan skripsi, hampir seluruh waktu dihabiskan untuk mencari jurnal atau membaca materi mengenai skripsi yang kamu buat. Saking sibuknya, kita bahkan gak sempat melakukan hal yang kita inginkan. Keinginan untuk melakukan hobi terpaksa dipendam dulu.

Berhubung sekarang sudah selesai dan tinggal menunggu wisuda, kamu bisa melakukan hobimu. Mau melukis, berenang, atau traveling, lakukan saja. Puas-puasin, deh!

3. Mulai mencari informasi lowongan pekerjaan
Meski kamu diperbolehkan untuk bersantai, kamu juga sebaiknya mulai mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan. Kamu bisa mencarinya di internet. Mulailah juga untuk menyiapkan CV yang akan digunakan untuk melamar kerja. Kalau sudah dapat pekerjaan, kamu bisa langsung kerja setelah wisuda, deh. Semoga dapat yang sesuai, ya!

Baca juga: Lakukan 5 Langkah Ini Supaya Persentasimu Brilian di Hadapan Dosen

4. Meluangkan waktu untuk ngobrol bareng keluarga atau sahabat
Mungkin selama pengerjaan skripsi, kamu lebih sering berinteraksi dengan dosen pembimbing. Entah untuk konsultasi mengenai skripsi atau diskusi tentang materi. Bolak balik kampus, bikin komunikasi dengan keluarga atau sahabat jadi berkurang.

Ini adalah saat yang tepat untuk mulai kembali berinteraksi dengan keluarga dan sahabat. Menanyakan kabar, curhat atau ngobrol mengenai aktivitas dalam sehari yang dijalani oleh mereka, boleh banget dilakukan. Rilekskan dirimu dulu dari obrolan mengenai skripsi, ya.

5. Perbaiki siklus tidur, istirahat dan olahraga rutin lagi
Bangun tidur, pegang skripsi. Siang hari pegang skripsi, begadang hingga pagi lagi untuk kerjakan skripsi. Siklus tidur jadi gak teratur dan berantakan. Akhirnya kamu jadi lesu dan gampang capek karena kurang tidur. Olahraga pagi juga jarang dilakukan karena waktunya dimanfaatkan untuk cari bahan skripsi.

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai membenahi siklus tidurmu. Kamu bisa tidur lebih awal, dan mendapatkan waktu tidur yang cukup. Kamu juga sempat melakukan olahraga pagi yang selama ini gak bisa dilakukan. Usahakan untuk membuat setiap waktumu gak terbuang sia-sia, termasuk ketika nganggur sambil menunggu wisuda, ya!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star