Hastag Campus

Baru Lulus? 5 Hal Ini Bikin Kamu Cepat Dapat Pekerjaan Lho

Apakah kamu baru saja lulus dari bangku kuliah dan sedang mencari pekerjaan? Namun setelah beberapa bulan lulus, kamu masih juga belum mendapatkan satu pekerjaan pun. Pasti kamu mulai panik dan berpikiran bahwa kuliah yang kamu lakukan sama sekali tidak berguna. Eits, kamu jangan berpikiran seperti itu dulu.

Sebagai lulusan baru, sebelum kamu mendapatkan pekerjaan impianmu, sebaiknya lakukan beberapa hal perubahan hal berikut ini. Sebab lima hal ini bisa bikin kamu mendapatkan pekerjaan impian.

1. Menganggap aktivitas kamu setiap hari seperti bekerja.
Dalam kegiatan keseharian kamu harus bersikap seolah-olah seperti sedang bekerja. Misalnya ketika kamu bertemu orang lain, bertingkahlah profesional. Dengan begitu kamu bisa mendekati mereka sehingga bisa membantumu mencarikan pekerjaan. Akan lebih baik lagi jika kamu bertemu langsung, bukan lewat telepon atau chat.

Baca juga: 5 Cara Belajar yang Salah Ini Bisa Bikin Kamu Gagal dalam Ujian

2. Menampilkan diri kamu pada CV secara baik
Buatlah portofolio yang baik tentang diri kamu. Masukkan segala hal yang berhubungan dengan tujuan karier kamu, seperti kegiatan magang dan ekstrakurikuler lainnya. Jika kamu melamar untuk posisi finance, tuliskan kemampuan kamu yang berhubungan dengan finance. Hilangkan hal-hal yang tidak berhubungan dengan finance.

3. Jika pengalaman sedikit, banyakin keterampilan kamu.
Jika kamu memiliki sedikit pengalaman atau tidak berpengalaman, gunakanlah percakapan pada CV kamu untuk memberitahu keterampilan yang kamu miliki. Seperti menampilkan prestasi kamu, apa jenis pekerjaan profesional yang kamu kuasai, kegiatan organisasi yang kamu ikuti, dan gunakan layout yang menarik pada CV kamu.

4. Keluarlah dari zona aman kamu.
Kamu harus siap mengambil posisi yang berbeda dari apa yang kamu harapkan. Mungkin tidak harus sampai terlalu jauh dari passion kamu. Hal ini karena dunia pekerjaan berubah sesuai arus yang ada. Untuk meraih karier yang lebih baik, kamu harus menunjukkan keseriusan dalam dunia kerja kamu.

Baca juga: 7 Tindakan Bikin Mahasiswa Tingkat Akhir Menyesal, Maba Jangan Tiru

5. Kamu harus gunakan networking.
Di zaman sekarang teknologi sudah semakin canggih. Kamu tidak harus selalu berkeliling dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Kamu bisa gunakan networking seperti LinkedIn atau situs jobs online lainnya. Perlihatkan portofolio digital kamu dengan baik atau pastikan jobs online tersebut sudah sesuai dengan kualifikasi kamu.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu ya.

Sumber : Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star