Hastag Campus

6 Rahasia Cepat Mengerjakan Skripsi Tanpa Butuh Banyak Biaya

Skripsi merupakan tugas ahir kuliah yang harus dilalui oleh setiap mahasiswa jika ingin segera wisuda. Skripsi juga terbukti ampuh membuat mahasiswa galau tingkat tinggi. Nah, buat kalian yang sedang galau-galaunya dalam mengerjakan skripsi, cara berikut ini akan membantu kalian. Yuk, simak baik-baik.

1. Ajukan beberapa judul yang benar-benar kamu pahami
Pastikan kamu mengajukan judul yang tidak terlalu rumit, dalam artian kamu memahami judul tersebut sehingga pada saat judul diterima, kamu tidak kebingungan harus memulai darimana. Kamu bisa download referensi di wabsite kampus yang menyediakan perpustakaan online atau mencari di perpustakaan kampus. Jika pada tahap ini kamu asal-asalan dalam mengajukan judul, bisa dipastikan skripsi kamu jalan di tempat.

Baca juga: 7 Tindakan Bikin Mahasiswa Tingkat Akhir Menyesal, Maba Jangan Tiru

2. Pastikan objek atau tempat penelitian kamu mudah dijangkau
Kamu ingin hemat biaya kan? Pastikan tempat penelitian kamu mudah dijangkau. Jangan sampai penelitian kamu terkendala karena tempat penelitiannya sangat jauh dan memakan biaya yang mahal.

3. Pastikan buku teori judul kamu mudah didapat
Yups, makanya dari pengajuan judul harus judul-judul yang familiar, sehingga bisa dipastikan buku teorinya juga familiar dan mudah didapatkan. Memang tidak semua teori harus ada bukunya dan kamu bisa mengutip dari referensi, tapi untuk Grand Theory kamu wajib mempunyai bukunya. Buku yang langka akan memakan biaya cukup besar untuk mendapatkannya.

4. Pastikan data penelitian kamu ada dan mudah didapat
Inti dari penelitian itu adalah data. Jika tidak memiliki data, apa yang akan kita teliti. Misalnya agar mudah mendapatkan data penelitian terutama data keuangan perusahaan, lebih baik jika kamu ambil objek penelitian perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang datanya tinggal kamu download. Jika objek kamu perusahaan lain, maka pastikan perusahaan tersebut bersedia memberikan datanya atau kamu memiliki kenalan yang bekerja di perusahaan itu.

Baca juga: Coba Ditiru, Ini Caranya Supaya Anak Jurusan Hubungan Internasional Dapat Nilai Bagus

5. Rajin bimbingan
Dosen pembimbing akan menghargai kamu yang serius dan antusias untuk mengerjakan skripsi, sehingga kamu akan dipermudah dan skripsi kamu cepat di acc.

6. Dekati dosen pembimbing kamu
Kamu bisa membelikan makanan kesukaannya, atau membantu jika memang butuh bantuan. Hal semacam ini bukan berarti kamu menyogok, tapi sekedar tanda perhatian kamu sama dosen pembimbingmu.

Nah, sudah tahu kan? Semangat ya!

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star