Hastag Campus

5 Cara Berdamai dengan Kemalasan, Biar Lebih Produktif

Malas merupakan sifat yang seringkali tertanam pada diri manusia, entah tua maupun muda. Sifat semacam ini lah yang justru akan mengacaukan segala hal dan menghambat pekerjaan yang seharusnya akan dilakukan. Sangat sulit untuk mengendalikan rasa malas meski dalam teorinya terdengar mudah. Jika tidak diperbaiki, tentunya bukan tidak mungkin kita akan menemukan kesulitan untuk mengendalikan diri.

Untuk kamu yang penasaran mengenai cara untuk berdamai dengan rasa malas, simak yuk apa saja!

1. Buatlah perencanaan jadwal sehari-hari
Terkadang kita selalu dilanda kemalasan karena tidak memiliki susunan jadwal dari kegiatan sehari-hari sehingga sangat senang untuk menunda-nunda pekerjaan. Sebaliknya, jika kita memiliki susunan jadwal kegiatan sehari-hari maka kita akan mampu mengatur waktu kita sebaik-baiknya agar pekerjaan selanjutnya tidak terbengkalai.

Baca juga: Buat Mahasiswa Baru, Pertimbangkan 8 Hal Ini Sebelum Gabung Organisasi

2. Jika niat malas itu muncul, jangan dilanjutkan!
Terkadang saat kita sedang santai tiba-tiba niat malas itu muncul, saat itu lah kita harus buru-buru untuk menyibukkan diri kita agar apa yang kita niatkan sebelumnya tidak jadi terealisasikan. Seringkali kita justru melanjutkan niat malas kita dan membiarkan kemalasan menguasai diri sehingga segala pekerjaan terbengkalai dan tidak dikerjakan sama sekali.

3. Miliki motivasi kuat untuk melawan kemalasan
Motivasi hadir dari diri kita sendiri sehingga satu-satunya cara untuk menghilangkan rasa malas itu ya dengan cara melawannya dengan niat dan motivasi yang tinggi. Sugestikan pada diri bahwa kemalasan tidak akan menguasai kita dan pastikan untuk selalu konsisten dalam memegang teguh komitmen yang telah diniatkan sebelumnya.

Baca juga: 7 Tips Manajemen Waktu Bagi Mahasiswa Part-time Biar Gak Keteteran

4. Atur suasana hati agar mood tetap terjaga
Aspek lainnya mengapa kita sering merasa malas adalah karena suasana hati yang kurang baik. Oleh sebab itu, kita perlu mengontrol hal tersebut dengan menjaga suasana hati agar selalu tetap dingin dan dalam keadaan yang baik sehingga kemalasan yang hadir akan gagal untuk menguasai diri. Meski memang sulit untuk dikendalikan, tetapi hal ini harus kita lakukan agar nantinya kita akan terbiasa memiliki suasana hati yang baik dan menghindari mood yang buruk.

5. Selalu fikirkan dampak negatif jika melanjutkan kemalasan
Jika kamu tergoda untuk melanjutkan kemalasanmu dan mengabaikan pekerjaanmu, maka kamu dapat pikirkan dampak negatif yang nantinya akan kamu dapatkan ketika melanjutkan rasa malas tersebut. Bisa jadi dengan cara seperti itu diharapkan dapat mencegah kamu untuk melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat dalam kemalasan.

Nah, 5 cara di atas dapat kamu coba untuk berdamai dengan kemalasan agar tetap menjadi pribadi yang produktif dan memiliki etos kerja yang baik. Bagaimana menurutmu?

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star