Hastag Campus

5 Hal yang akan Kamu Pelajari Saat Mengambil Jurusan Teknik Lingkungan

Tidak bisa dipungkiri, jurusan Teknik Lingkungan memang terbilang cukup asing dan kurang populer dibandingkan dengan jurusan teknik yang lain. Meski kurang memiliki peminat, namun jurusan Teknik Lingkungan juga bisa menjadi salah satu jurusan yang memiliki jenjang karier yang cukup menjanjikan. Hebatnya lagi, seorang tenaga kerja lulusan Teknik Lingkungan dinilai akan memiliki gaji yang cukup besar dan juga persaingan kerja yang tidak begitu tinggi.

Sesuai dengan nama jurusannya, mahasiswa Teknik Lingkungan biasanya akan dituntut untuk belajar mengenai berbagai macam persoalan dan permasalahan yang ada di lingkungan. Berbagai macam solusi dan cara untuk menyelamatkan lingkungan pun dituangkan melalu berbagai mata pelajaran yang diberikan.

Untuk kamu yang penasaran dengan pelajaran sepeti apa yang akan kamu pelajari saat memilih jurusan Teknik Lingkungan, lebih baik langsung saja kita simak yuk di bawah ini!

1. Rekayasa air bersih dan air minum
Air bersih dan air minum yang merupakan salah satu kebutuhan paling penting bagi umat manusia ini, ternyata menjadi salah satu hal yang harus dipelajari oleh mahasiswa Teknik Lingkungan. Mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan biasanya akan diajari bagaimana cara mendesain suatu Instalasi Pengolahan Air Minum atau yang biasa disebut dengan IPAM.

Selain itu, bagaimana cara mengolah, menyediakan, serta menyalurkan air bersih sesuai dengan kebutuhan masyarakat merupakan pelajaran wajib yang harus dipelajari oleh mahasiswa Teknik Lingkungan.

Baca juga: 7 Tips Manajemen Waktu Bagi Mahasiswa Part-time Biar Gak Keteteran

2. Rekayasa air buangan domestik
Air buangan domestik atau air limbah domestik merupakan air kotor yang berasal dari aktivitas atau kegiatan rumah-rumah penduduk. Tidak langsung dibuang ke laut atau sungai, air limbah biasanya akan diolah terlebih dahulu agar kandungannya tidak dapat mencemari lingkungan.

Seorang mahasiswa Teknik Lingkungan akan diajari bagaimana cara mengolah air limbah atau air buangan dengan cara mendesain suatu Instalasi Pengolahan Air Limbah atau IPAL. Mendesain saluran air limbah dan bagaimana cara mengolah air limbah agar tidak dapat mencemari lingkungan adalah salah satu hal yang harus dipelajari oleh mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan.

3. Pencemaran udara
Polusi udara atau pencemaran udara yang biasanya dihasilkan dari asap rokok, asap pabrik, alat transportasi, dan berbagai macam sumber lainnya memang sering menjadi salah satu masalah yang cukup mengkhawatirkan bagi lingkungan. Kenapa mengkhawatirkan? Karena asap-asap yang dikeluarkan tersebut biasanya mengandung berbagai macam emisi atau zat-zat beracun yang berbahaya bagi lingkungan maupun makhluk hidup.

Oleh sebab itu, mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan biasanya akan diajari bagaimana cara untuk merancang atau membuat suatu instalasi yang dapat mencegah serta mengendalikan emisi atau gas-gas beracun tersebut, agar tidak dapat mencemari lingkungan dan makhluk hidup sekitarnya.

Baca juga: Ada Jeda di Antara Kelas Kuliahmu? Ini 7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan!

4. Pengelolaan sampah
Berbagai macam sampah yang saat ini sudah semakin menjamur, tampaknya telah menjelma menjadi salah satu problem yang sangat mengkhawatirkan bagi bumi dan seisinya. Di sini, bagaimana cara mengelola sampah dengan baik dan benar menjadi salah satu mata pelajaran yang akan didapatkan oleh mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan. Mulai dari memilah sampah, mendaur ulang sampah, hingga mendesain tempat pembuangan akhir atau TPA pun semua akan dipelajari oleh mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan.

5. Pengelolaan limbah B3
Limbah bahan berbahaya dan beracun atau limbah B3 adalah salah satu jenis limbah yang sangat berbahaya bagi lingkungan maupun makhuk hidup sendiri. Tugas seorang mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan biasanya adalah mempelajari bagaimana cara memilah, menyimpan, hingga mencari cara untuk meminimalisir sampai menghilangkan kandungan-kandungan berbahaya yang ada di dalam limbah B3 tersebut.

Itu dia beberapa pelajaran penting yang nantinya akan kamu dapatkan saat memilih jurusan Teknik Lingkungan. Tidak hanya itu, pelajaran seperti AMDAL, ilmu lingkungan, perencanaan landfill, dan berbagai macam pelajaran bermanfaat lainnya juga akan kamu dapatkan saat mengambil jurusan Teknik Lingkungan ini, lho.

Sumber: Idntimes.com

One reply to “5 Hal yang akan Kamu Pelajari Saat Mengambil Jurusan Teknik Lingkungan

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star