Hastag Campus

7 Hal yang Harus Dilakukan Mahasiswa Baru agar Lulus Tepat Waktu

Tahun ajaran mahasiswa baru akan segera tiba, mulai banyak persiapan perlengkapan yang dibutuhkan hingga menguatkan hati untuk sementara waktu berpisah dengan keluarga guna menggapai impian. Nah, yang sering dilupakan adalah terkait jalannya kehidupan perkuliahan, tanpa persiapan yang matang sehingga tidak siap menghadapi kenyataan saat perjalanan kuliah.

Tak jarang ada yang harus mengubur impian lulus tepat waktu karena salah perhitungan atau bahkan terlena di tengah jalan. Agar perjalanan studimu tak demikian, simak tujuh hal yang harus kamu lakukan mumpung masih di awal perjalanan.

1. Tentukan target kapan akan lulus kuliah
Hanya sedikit mahasiswa yang memiliki target lulus, padahal target lulus ini penting loh. Semangat akan bergantung pada besarnya target yang direncanakan, jadi kalau target saja tidak ada bisa jadi mahasiswa baru akan lupa dengan tujuan awal datang ke kampusnya. Jadi sudah punya target mau lulus berapa tahun?

Baca juga:5 Fasilitas yang Wajib Dipakai Anak Rantau untuk Hemat Uang

2. Siapkan rencana studi agar saat kehilangan arah kamu segera kembali
Rencana studi akan memudahkan perjalanan perkuliahan dan tidak terlalu lama diam dalam kebimbangan jika menemui kesulitan. Misalnya jika seorang mahasiswa sudah mempunyai target lulus 3,5 tahun, maka harus direncanakan apa saja mata kuliah yang akan diambil di setiap semesternya.

Kalaupun di jalan ada yang tidak sesuai, tak mengapa tinggal mengubah rencana menjadi lebih baik. Kalau belum ada gambaran mau apa, bisa bahaya loh, apalagi hanya ikut-ikutan pilihan teman!

3. Mata kuliah di awal memang banyak, tapi di situlah kamu akan temukan mutiara tersembunyi yang diminati
Semester awal akan banyak sekali bidang yang dipelajari, yang mungkin masih umum dan belum menjurus. Pada fase inilah kesempatan yang tepat untuk menyaring awal, mana topik atau mata kuliah yang membuat kamu tertarik.

Tujuannya adalah agar nanti saat akan melaksanakan tugas akhir, kamu sudah punya ketertarikan terhadap topik tertentu dan memiliki semangat yang tak pernah habis meski menghadapi suatu rintangan.

4. Bangun kesan terbaik kepada kawan dan dosen karena merekalah jalan pertolongan saat ada kesulitan
Kadang kita lupa bahwa kesan pertama itu akan menentukan selanjutnya. Maka, membangun kesan yang baik kepada dosen dan kawan seperjuangan adalah cara mempertahankan koneksi, agar jika kamu membutuhkan bantuan ataupun menghadapi kesulitan, kamu tak akan sungkan untuk berdiskusi dengan mereka untuk mencari jalan keluar.

Baca juga: 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Membuat Tugas Esai

5. Work life balance, atur waktu sebaik mungkin agar tetap seimbang dalam kuliah dan kehidupan lain
Fokus belajar memang sangat bagus dan harus namun sekali waktu kamu butuh me time untuk sejenak meringankan pikiran dan evalusi sejauh mana rencana yang telah disusun berjalan. Tak lupa, luangkan waktu juga untuk sekadar memberi kabar kepada keluarga.

6. Rencanakan organisasi atau kegiatan yang akan diikuti agar tak terbengkalai nasib studi di kemudian hari
Perguruan tinggi adalah tempat terbaik mengeksplorasi potensi diri, dan banyak organisasi atau kegiatan yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan soft skill dan pengembangan diri. Namun, perlu juga diperhatikan berapa banyak yang dapat diikuti agar manajemen waktu belajar dan kegiatan dapat maksimal.

Jangan sampai kegiatan atau organisasi lebih mendominasi sehingga terlena dengan kewajiban studinya.

7. Belajar untuk terus komitmen dan bertanggung jawab dengan apa yang telah direncanakan
Percuma merencanakan jika dalam perjalanannya tidak ada komitmen dalam menjalankan. Maka sejak mahasiswa baru harus sudah dilatih untuk berkomitmen dan bertanggung jawab dengan apa yang telah menjadi impian. Tanpa komitmen dan tanggung jawab, impian lulus tepat waktu hanya akan menjadi wacana semata.

Nah, itu tadi tujuh hal awal yang dapat kamu lakukan sebagai mahasiswa baru agar lancar studimu, apalagi kalau bisa tepat waktu. Semangat memasuki fase baru dalam kehidupanmu, mahasiswa!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star