Hastag Campus

5 Tanda Kamu Lulus Kuliah Langsung Dapat Kerja, Sudah Punya Semua?

Kata siapa lulus kuliah pasti langsung dapat kerja? Meski sudah mengantongi gelar sarjana, ternyata kamu belum tentu terbebas dari masa nganggur lho. Tapi tenang saja, karena ada tanda-tanda kalau seseorang itu akan langsung diterima kerja. Kira-kira apa saja ya?
Nah, ini dia 5 tanda lulus kuliah langsung dapat kerja. Coba dibaca, kamu sudah punya semua belum?

1. Jago networking
Orang dalem adalah segalanya? Salah! Yang benar itu adalah pandai networking untuk membuka lebih banyak kesempatan. Semakin kamu kenal banyak orang, maka semakin banyak pula informasi atau ilmu baru yang didapat. Coba deh terapkan prinsip “two for you, one for me”. Artinya, coba deh memberi lebih banyak daripada menerima, pasti kamu akan lebih mudah diingat oleh orang banyak. Tapi, ini bukan pencitraan lho ya. Orang-orang juga pasti bisa membedakan mana yang tulus dan mana yang baik-kalau-ada-maunya.
Eits, networking ini bukan cuma bisa dilakukan oleh para ekstrovert saja lho. Bagi kamu yang introvert pun masih bisa melakukannya, asalkan niat. Malu? Wajar kok, tapi kalau sudah terbiasa pasti bisa. Bisa karena biasa!

Baca juga: 5 Cara Agar Tidak Mengecewakan Saat dapat Rekomendasi Kerja

2. Punya beberapa skill yang kamu kuasai betul
Masa perkuliahan adalah masa yang tepat buat kamu menemukan skill yang ingin kamu kuasai. Syukur kalau skill tersebut sesuai dengan bidang studi kamu, tapi kalau nggak sesuai pun nggak masalah. Asalkan, kamu ulet dalam mengulik dan memperdalam skill tersebut. Memangnya kamu pikir yang dibutuhkan di dunia kerja itu ijazah saja? Bukan! Ijazah hanya akan mengantarkan kamu ke proses seleksi administrasi saja. Penentunya adalah skill.

3. Kemampuan berpikir solution-oriented
Kira-kira kenapa sih sebuah perusahaan atau instansi pemerintahan mau menerima lamaran kerja kamu? Ya tentu karena mereka memandang kamu, dengan segala skill yang kamu miliki, bisa menyelesaikan masalah-masalah yang mereka hadapi. Makanya, mumpung kamu masih muda, coba yuk asah pola pikir semacam ini.

Baca juga: Wajib Dicoba! 9 Cara Supaya Skripsimu Bisa Selesai dalam Satu Semester

4. Berhasil menelurkan karya besar
Berhasil menelurkan karya besar akan langsung membuat CV kamu berbobot lho.

5. Menyerap banyak ilmu saat magang
Magang bisa memberikan kamu kesempatan untuk mendapatkan ilmu-ilmu baru yang lebih aplikatif lho. Soalnya, selama di kelas, ilmu yang kamu dapatkan kebanyakan teori-teori saja. Selama magang, kamu kan mendapatkan ilmu langsung dari praktik lho. Berbagai soft skill seperti bagaimana cara berkomunikasi yang baik, memiliki etos kerja yang solid, dan mampu bekerja sama dengan apik adalah sebagian kecil ilmu yang bisa kamu dapatkan selama magang. Apalagi kalau kamu magang di perusahaan bonafit yang bisa memberikan kamu kesempatan belajar lebih banyak lagi. Wah, pasti kamu akan jadi incaran para HRD deh.
Itu dia 5 tanda kamu akan langsung dapat kerja setelah lulus kuliah. Memang sih nggak mudah, tapi kalau kamu sudah punya semuanya, perusahaan mana sih yang mau menolak kamu? Yuk terus semangat!

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star