Hastag Campus

Coba Ditiru, Ini Caranya Supaya Anak Jurusan Hubungan Internasional Dapat Nilai Bagus

Mahasiswa-mahasiswi jurusan Hubungan Internasional (HI) punya berbagai macam tuntutan yang harus dijalani. Mulai dari materinya yang bejibun dengan bahasa asing sampai harus bisa menganalisis pemikiran Presiden Barack Obama. Faktanya juga, anak HI harus bisa berargumentasi dengan sangat baik. Terus gimana caranya belajar yang efektif untuk mahasiswa Hubungan Internasional ya?

1. Belajar bahasa inggris gak melulu soal baca buku materi yang tebal kok. Kamu bisa memulainya dengan coba-coba ikut lomba essay bahasa inggris atau acara internasional.
Namanya juga jurusan HI, bahasa inggris dan bahasa tambahan lain ibaratnya sudah jadi tuntutan. Bukan cuma mempelajari bahasanya, tapi bisa mengutarakannya dengan bagus! Tapi jangan takut, kamu bisa belajar dengan cara yang menyenangkan kok! Kamu tinggal pilih hobi seperti apa yang akan menunjangmu untuk belajar misalnya ikut konferensi internasional, internship, atau sekedar ikut lomba essay. Karena bahasa bisa kamu pelajari dimanapun!

Baca juga: 7 Hal Ini Perlu Kamu Hindari Jika Ingin Melihat Dirimu Sukses

2. Anak HI harus terbiasa dibanjiri presentasi baik individu ataupun kelompok. Oleh karena itu coba datangi diskusi atau seminar yang mengajarkanmu cara presentasi yang baik dan memukau.
Karena presentasi adalah hal wajib, anak HI harus tahu cara presentasi dengan baik dan benar. Belajar dari orang yang lebih berpengalaman di luar kelas adalah pelajaran terbaik yang bisa kamu dapatkan.

3. Update berita terbaru baik nasional maupun internasional lewat media online. Pahami kasusnya dengan baik, lalu lakukan analisis dengan teori. Download aplikasi yang menyediakan berita-berita itu supaya kamu bisa update isu-isu terbaru dengan cepat dan mudah!
Biar kalau ditanyai dosen kamu gak kelimpungan untuk jawab. Anak HI harus tahu dengan cepat dan tanggap terhadap isu-isu internasional!

4. Kalau gak pintar berdiplomasi bukan anak HI namanya! Nah, cobalah mengikuti kegiatan organisasi. Kamu bisa sering berdiskusi ataupun menjalankan sebuah acara. Hal ini akan memberikanmu pengalaman dan latihan jadi pemimpin yang bisa mengutarakan pendapatnya dengan baik.
Anak HI bukan cuma mahasiswa-mahasiswi yang tong kosong nyaring bunyinya, oleh karena itu cara terbaik untuk bisa beragumen dan berpendapat dengan baik adalah sering melakukan tukar pikiran.

Baca juga: Untuk Kamu yang Sedang Menunggu Panggilan Kerja, Manfaatkan Waktumu dengan Kegiatan Positif Ini!

5. Dalam menganalisis suatu kasus atau masalah, biasanya kamu sering lupa beberapa hal penting. Untuk itu lakukanlah peer group untuk mendapatkan wawasan dan pengetahuan yang mungkin belum kamu ketahui.
Teman-teman seperjuangan bisa membantumu untuk saling bertukar pikiran. Kalau kamu sedang membuat makalah tentang Presiden Rusia, Vladimir Putin misalnya, siapa tahu ada temanmu yang sudah pernah melakukan wawancara eksklusif dengan salah satu pengambil kebijakan di Rusia. Jadi kamu bisa mendapat informasi dengan lebih mudah kan!

6. Anak HI memang harus mengetahui tokoh-tokoh penting, perjanjian, organisasi internasional, serta teori-teori mainstream. Tapi gak usah dihapalkan, kamu cuma perlu sering mengaplikasikannya saat mengerjakan tugas atau melakukan resume.
Biasakan melakukan analisis dengan menggunakan materi yang sudah kamu pelajari dan lakukan resume materi secara rutin. Nantinya kamu juga akan hafal dengan sendirinya.

7. Kalau kamu tidak suka membaca bahan bacaan yang tebal dan membosankan, coba belajar dengan melihat video-video yang mereview materi kuliah HI.
Ada banyak sumber yang bisa kamu jadikan bahan untuk belajar termasuk video yang lebih menarik untuk dipelajari!

Nah ternyata meskipun belajar HI terkesan sulit, tapi ada banyak cara belajar efektif kan? Yuk dicoba yaaa…

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

One reply to “Coba Ditiru, Ini Caranya Supaya Anak Jurusan Hubungan Internasional Dapat Nilai Bagus

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star