Hastag Campus

Meski Sibuk, Kamu Bisa Belajar Hal Baru dengan Terapkan 5 Cara Ini

Sepanjang hidup manusia mengisi waktu mereka dengan beragam aktivitas. Belajar termasuk salah satu di antaranya. Disadari atau tidak, aktivitas mempelajari suatu hal sudah dilakukan sejak kecil seperti berjalan, berbicara hingga mengenal huruf. Seiring bertambah usia, manusia juga kian mempelajari banyak hal.

Sejalan dengan itu, aktivitas manusia juga semakin banyak. Tak jarang, waktu 24 jam rasanya tak cukup untuk mengerjakan berbagai hal karena begitu sibuk. Alhasil, menyisihkan waktu untuk mengulik hal-hal baru seolah tak mungkin terlaksana. Permasalahan tersebut sebetulnya bisa diatasi bila menerapkan lima hal ini.

1. Pastikan dahulu skill apa yang ingin dipelajari
Ada banyak hal yang bisa dipelajari. Namun, kita perlu memastikan skill atau keterampilan apa yang saat ini perlu dikuasai. Keterbatasan waktu bahkan biaya patut dipertimbangkan dalam proses memilih. Untuk itu, memprioritaskan belajar pada skill atau keterampilan yang menunjang karier atau pekerjaan adalah pilihan yang tepat.

Baca juga: Galau ala Fresh Graduate, Bekerja atau Lanjut S2? 5 Hal Ini Bisa Jadi Pertimbanganmu

2. Mulailah belajar secara bertahap & konsisten
Mempelajari suatu hal baru pastinya butuh proses. Tak bisa serta merta langsung dikuasai dalam sekejap. Belajar secara bertahap dari hal-hal dasar dibutuhkan agar tak ada materi yang terlewat dan bisa diaplikasikan dengan tepat dalam keseharian. Konsistensi dalam belajar juga diperlukan supaya materi dapat terus diingat.

3. Atur waktu agar tidak mengganggu aktivitas lain
Konsistensi saat belajar hal baru tak akan bisa terlaksana bila tidak mengatur jadwal dengan baik. Agar tidak bertabrakan dengan rutinitas sehari-hari, pilihlah waktu kosong yang belum diisi oleh kegiatan apa pun.

Usahakan untuk belajar seusai berkegiatan dengan menyisihkan waktu setidaknya 10 menit tiap harinya. Jika akhir pekan tidak ada aktivitas kamu bisa memanfaatkannya untuk belajar minimal 20 menit.

Baca juga: Untuk Kamu yang Sedang Menunggu Panggilan Kerja, Manfaatkan Waktumu dengan Kegiatan Positif Ini!

4. Pilih materi yang bisa diakses di mana pun dan kapan pun
Belajar bisa dilakukan di mana pun dan kapan saja. Kehadiran internet memberi kemudahan untuk belajar hal baru. Untuk itulah memilih materi yang bisa diakses sewaktu-waktu sangat disarankan. Kamu bisa mengunduh aplikasi belajar bahasa asing atau mengakses video di Youtube untuk belajar cara presentasi di hadapan banyak orang.

5. Terapkan sedikit demi sedikit dalam keseharian
Alah bisa karena terbiasa. Pepatah lama ini punya arti bahwa semua hal bisa dikuasai jika kita rutin melakukannya. Belajar hal baru juga memakai filosofi tersebut. Menerapkan apa yang sudah dipelajari dalam kegiatan sehari-hari akan membuat kita mahir.

Kamu bisa mengaplikasikan kata-kata baru dalam bahasa Inggris ketika menulis laporan kepada klien atau mempraktekkan cara berbicara yang baik ketika presentasi di hadapan guru atau dosen.

Mempelajari hal baru diperlukan guna meningkatkan kemampuan diri. Keterbatasan waktu dan biaya jangan dijadikan alasan yang membuat kita urung belajar. Justru, kondisi itu harus dijadikan sebagai pemacu semangat kita agar giat belajar. Jadi, jangan malas ya!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

2 replies to “Meski Sibuk, Kamu Bisa Belajar Hal Baru dengan Terapkan 5 Cara Ini

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star