Hastag Campus

5 Fasilitas yang Wajib Dipakai Anak Rantau untuk Hemat Uang

Saat ini, sangat banyak godaan dari luar yang membuat berperilaku konsumtif. Bahkan ketika berniat untuk melakukan hal yang produktif sekali pun, pasti ada saja gangguan seperti iklan yang membuat menjadi tidak fokus saat sedang menggunakan gadget. Oleh karena itu, jika tidak melakukan hal-hal yang mendorong berperilaku hemat, akibatnya pengeluaran bulanan menjadi lebih boros.

Berikut adalah beberapa fasilitas yang wajib digunakan bagi anak rantau untuk kurangi pengeluaran bulanan.

1. WiFi
Siapa sih yang engga butuh internet? Saat ini jaringan internet bagi sebagian besar pihak merupakan sesuatu kebutuhan yang harus segera dipenuhi. Dari mulai browsing, chatting, beli makanan, main game online, streaming video, pesen ojek online, dan sebagainya dapat dipenuhi dengan jaringan internet.

Jaringan internet juga tidak gratis bagi yang biasanya mengaktifkan lewat smartphone. Harga paket internet pun bervariasi, tergantung kebutuhan. Jika kebutuhan kebutuhan akan paket internet relatif tinggi, dibutuhkan alokasi dana tersendiri untuk membiayai kebutuhan tersebut.

Nah, untuk lebih menghemat pengeluaran bulanan, kita dapat memanfaatkan tempat-tempat yang memang menyediakan WiFi gratis seperti lingkungan kampus, taman kota, dan sebagainya. Jika kebutuhan internet relatif tinggi, kita dapat memilih opsi tempat tinggal yang memang sudah menyediakan fasilitas WiFi.

Baca juga: 5 Tips Menulis Esai Biar Sukses Masuk ke Kampus Idamanmu

2. Kulkas
Kulkas dapat menjadi salah satu faktor yang dapat dipertimbangkan dalam memilih tempat tinggal di kota perantauan. Apalagi kalau kita suka menyimpan frozen food yang sudah pasti harus disimpan di dalam kulkas agar tahan lama. Selain itu, kulkas dapat digunakan untuk menyimpan bahan makanan seperti telur, susu, buah, dan lain-lain agar tidak cepat basi.

Berbeda jika tidak mempunyai kulkas, kita harus langsung menghabiskan makanan secepatnya atau membeli makanan yang tahan untuk sehari saja. Perilaku tersebut cenderung membuat lebih boros karena makanan sisa tidak dapat disimpan lebih lama.

3. Alat Memasak
Tidak suka memasak? Jangan salah lho, memasak merupakan kebiasaan yang membuat kita jauh lebih hemat. Jika dibandingkan, harga makanan jadi yang dibeli di restoran pasti relatif lebih mahal dengan makanan yang masih belum diolah, hal tersebut wajar karena harga makanan jadi sudah ditambah dengan biaya tambahan seperti biaya pajak, pelayan, dan biaya-biaya lainnya.

Meskipun dengan memasak membuat kita lebih hemat, kita harus terlebih dahulu memiliki alat memasak seperti wajan, kompor, sudip, dan sebagainya.

Baca juga: Jangan Bangga Kalau Punya IPK Setinggi Langit, Kamu Sudah Punya 7 Skill Jitu Ini Belum?

4. Alat Mencuci
Kita dapat mengurangi pengeluaran bulananmu dengan mencuci pakaian secara mandiri. Tentu, kita harus memiliki alat serta bahan mencuci seperti ember, deterjen, pewangi, dan kebutuhan mencuci lainnya terlebih dahulu. Jika memiliki bahan-bahan mencuci, kita dapat dapat menentukan ukuran seberapa banyak deterjen atau pewangi yang ingin dipakai sesuai dengan kebutuhan sehingga lebih hemat.

5. Printer
Berapa biaya yang biasanya dikeluarkan untuk keperluan satu ini? Jika masih kuliah atau sudah bekerja, pasti tidak terlepas dari kumpulan berkas yang harus segera difotokopi atau di-print. Tidak jarang kegiatan fotokopi atau print merupakan rutinitas yang harus dilakukan setiap bulan, mingguan, atau bahkan harian, hal tersebut menyebabkan diperlukan alokasi dana tersendiri agar pengeluaran tetap dapat dikontrol.

Kita dapat membeli printer untuk mengurangi pengeluaran bulanan, kita juga dapat membeli tinta atau kertas sesuai dengan bahan yang dibutuhkan.

Sebenarnya masih banyak cara serta fasilitas lain yang dapat manfaatkan untuk menghemat pengeluaran bulanan. Kita juga harus menentukan apa saja kebutuhan yang memang harus segera dipenuhi, bukan keinginan yang hanya memuaskan hasrat sesaat saja.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

One reply to “5 Fasilitas yang Wajib Dipakai Anak Rantau untuk Hemat Uang

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star