Hastag Campus

Selain Belajar, 5 Hal Ini Pernah Kamu Lakukan Waktu Masa Kuliah Gak?

Banyak orang bilang kalau masa SMA atau SMP merupakan momen yang paling berkesan. Namun sadar atau gak, justru masa kuliah lah yang membentuk kamu menjadi dewasa. Ibaratnya nih, masa kuliah menjadi waktu transisi untuk menyadari bahwa kamu bukan lagi seorang bocah yang masih jadi anak sekolahan.

Gak jarang, banyak nih millennials yang mencoba berbagai macam hal ketika dirinya memasuki masa kuliah. Kira-kira hal apa saja ya?

1. Mencoba mendekati adik atau kakak tingkat yang kamu kagumi
Ngaku deh! Semasa kuliah, kamu pasti pernah mengagumi adik atau kakak tingkat. Gak jarang kamu akan berusaha mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang adik atau kakak tingkat yang kamu kagumi tersebut. Mulai dari asal-usul, media sosial, hingga status hubungannya.

Gak hanya itu, kamu juga pasti pernah curi-curi kesempatan untuk bisa kenalan ataupun ngobrol dengan dia. Kalau sudah kenalan dan ngobrol bareng, pastilah timbul rasa bahagia yang tak bisa dideskripsikan. Hal tersebut tentunya bikin masa kuliah jadi lebih memorable banget. Apalagi saat PDKT dengan adik atau kakak tingkat!

Baca juga: 5 Hal Tentang Uang yang Harus Kamu Tahu Saat Jadi Mahasiswa

2. Aktif di berbagai kegiatan UKM dan BEM
Supaya gak jadi mahasiswa kupu-kupu, sewaktu kuliah kamu pasti pernah aktif dalam berbagai kegiatan UKM ataupun BEM. Sebenarnya, mengikuti berbagai kegiatan di UKM dan BEM bisa mengembangkan kepribadian, bakat, minat dan kemampuan mahasiswa menjadi lebih luas lagi.

Ada banyak sekali UKM di kampus yang bisa dipilih. Mulai dari teater, jurnalistik, olahraga, musik, dan lainnya. Biasanya, mahasiswa yang ikut UKM dan BEM terkenal sangat sibuk. Mereka harus pandai mengatur waktu supaya gak ketinggalan kuliah.

Gak jarang, banyak yang kuliahnya jadi molor karena terlalu sibuk. Namun, gak sedikit juga yang bisa menyeimbangkan keduanya. Kalau kamu sendiri tipe yang mana nih?

3. Rajin ikut kegiatan untuk pengabdian masyarakat
Saat kuliah, kamu pasti pernah ikutan yang namanya bakti sosial. Biasanya, kegiatan bakti sosial ini tidak hanya diadakan oleh pihak kampus, tapi mahasiswa pun juga bisa mengadakan. Dalam kegiatan bakti sosial kita akan mendapatkan banyak pelajaran, terutama dari lingkungan masyarakat. Ada berbagai kegiatan bakti sosial yang bisa dilakukan.

Mulai dari kegiatan sederhana seperti donor darah, mengajar anak putus sekolah, hingga mengadakan layanan kesehatan gratis. Berbicara mengenai bakti sosial, LPPM Universitas Katolik Parahyangan dan Alumni FISIP Angkatan 1992 akan mendanai dan menginisiasi Program Pengabdian Kepada Masyarakat yang bertajuk “Pendampingan Pendidikan Nilai-Nilai Keberagamaan Kepada Guru, Orang Tua, dan Siswa Sekolah Dasar di Ciumbuleuit Bandung: Upaya Pencapaian SDGs #16”.

Dalam program tersebut, akan dilakukan kegiatan pembekalan terhadap guru, orang tua, mahasiswa, dan siswa sekolah dasar terkait nilai-nilai keberagaman. Selain itu, ada pula kegiatan pendampingan para siswa SD kelas 4 dan 5 untuk berkunjung ke tempat ibadah berbagai agama yang diakui di Indonesia. Hal tersebut dilakukan untuk mengenalkan nilai-nilai keberagaman kepada para siswa sekolah dasar.

Baca juga: Kuliah Sambil Magang? Pelajari 8 Mindset Ini Biar Kamu Gak Nyesel!

4. Gak asik kalau belum nongkrong di ‘basecamp’ bareng temen-temen
Selama kuliah, kamu dan teman-temanmu pasti punya tempat favorit buat kumpul. Entah di kantin ataupun perpustakaan, kamu dan gengmu akan selalu menyempatkan waktu untuk mengunjungi tempat ‘nongkrong’ tersebut. Walaupun kegiatan nongkrongnya cuma sekedar ngobrol ngalur ngidul, hal tersebut akan menjadi menyenangkan apabila dilakukan rame-rame.

Mungkin nongkrong seperti itu terlihat sebagai kegiatan yang unfaedah banget, tapi sebenarnya bisa menghilangkan stres ataupun kesepian. Nongkrong bisa menjadi obat yang paling mujarab ketika kamu dilanda stres karna banyaknya tugas di kampus. Bagi anak rantau, nongkrong bareng temen-temen juga bisa jadi obat home sick!

5. Rajin banget datang ke seminar demi mengejar SKP
Di kampus, mahasiswa dituntut untuk memiliki satuan kredit partisipasi atau SKP. Agar bisa mendapat SKP, kita harus mengikuti kegiatan-kegiatan kemahasiswaan baik yang diselenggarakan oleh senat, himpunan mahasiswa jurusan, ataupun organisasi kemahasiswaan di dalam kampus.

SKP ini sering menjadi syarat agar bisa mengikuti ujian skripsi. Demi mengejar SKP, kamu pastinya rajin banget mengikuti seminar. Entah kamu mengerti topik apa yang akan dibahas atau tidak, hal yang paling penting adalah target minimum SKP dapat tercapai.

Nah, itulah tadi lima hal yang pasti pernah kamu lakukan ketika masa kuliah. Mulai dari hal berkaitan dengan akademik, hingga yang ‘unfaedah’ sekalipun. Walaupun begitu, tetap saja masa kuliah adalah momen yang gak terlupakan!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star