Hastag Campus

Jangan Abaikan 5 Hal Penting ini Saat Melamar Pekerjaan

Salah satu impian bagi para fresh graduate adalah dapat bekerja sesuai dengan bidang yang ditekuninya. Terlebih mereka yang masih bersemangat akan mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion atau hobi.

Tentu saja hal ini mereka lakukan karena dipercaya dapat memberikan kenyamanan dalam bekerja. Sampai memberikan mereka keyakinan bahwa pekerjaan itu yang akan membuat mereka menggapai impian satu per satu.

Tapi ada kalanya semangat yang mereka miliki membuat mereka melupakan beberapa hal saat melamar pekerjaan untuk pertama kalinya. Apa saja ya yang tidak boleh dilupakan saat melamar pekerjaan?

1. Mencari tahu perusahaan apa yang kamu tuju dan pekerjaan apa yang akan kamu lakukan
Banyak dari generasi millennial yang mencari tempat bekerja yang nyaman, fleksibel dan juga bisa mendukung hobi. Dan saat ini banyak perusahaan yang menyediakan tempat tersebut. Tapi perlu diperhatikan, saat kamu melamar pekerjaan, kamu harus tahu apa perusahaan tersebut, bagaimana mereka bekerja dan seperti apa budaya karyawan di dalamnya.

Ini akan membantumu saat melakukan sesi wawancara nantinya. Jangan sampai kamu modal nekat saja ya.

Baca juga: Lakukan 9 Hal Ini Supaya Masa Kuliahmu Gak Terasa Biasa-biasa Saja

2. Dokumen yang kamu kirimkan harus sesuai dengan ketentuan, jangan kelewat satupun
Ada banyak kemudahan yang disediakan perusahaan bagi para pencari kerja. Mulai informasi lowongan pekerjaan yang bisa ditemukan di sosial media, sampai bentuk apply lowongan yang bisa lewat form.

Tapi yang perlu kamu perhatikan adalah dokumen yang harus kamu kumpulkan. Jangan lewatkan satupun, mulai dari Surat lamaran, curriculum vitae sampai dengan portofoliomu. Ini akan jadi bahan pertimbangan bagi HRD.

3. Penuhi setiap undangan untuk mengikuti tes yang sudah ditentukan oleh perusahaan
Jika kamu sudah mengirimkan lamaran, cobalah until berkomitmen terhadapnya. Jika kamu lolos seleksi, maka penuhi undangan untuk mengikuti tes. Mulai dari tes tulis, interview, paikotes dan tes lainnya. Kalaupun kamu berhalangan, kamu harus menghubungi mereka.

Menolak dengan baik akan menunjukkan professionalismu. Jangan meremehkan panggilan pekerjaan. Karena banyak orang di luar sana yang tidak seberuntung dirimu.

Baca juga: Halo Fresh Graduates, Taati 9 Tips Ini Supaya Pencarian Kerjamu Makin Gampang

4. Jangan berpura-pura saat melakukan interview pekerjaan, sekecil apapun itu akan berdampak besar pada hasilnya
Saat kamu melakukan interview pekerjaan, cobalah untuk bersikap apapun dirimu. Jangan terlalu membuat-buat sikapmu agar tampak baik dihadapan interviewer. Mereka akan cepat tahu apakah jawabanmu benar atau hanya sekedar berpura-pura.

5. Percaya diri boleh, tapi tetap jangan tinggi hati saat berada di tempat baru
Ada kalanya gugup membuatmu bersikap sangat percaya diri. Tapi tetap rendah hati. Sebab sikap yang terlalu percaya diri akan membuatmu terlihat sombong bahkan angkuh dihadapan HRD saat melakukan tes. Sebab, sikapmu juga akan menjadi bahan pertimbangan.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star