Hastag Campus

5 Cara Introvert Menghilangkan Grogi Saat Interview Kerja

Umumnya, seseorang akan tegang ketika dipanggil interview kerja pasti. Apalagi jika kamu termasuk introvert. Perasaan cemas dan nervous makin lebih intens.

Introvert cenderung merasa aneh untuk mempromosikan dirinya sendiri. Ia sering kesulitan mengeluarkan isi pikirannya secara verbal atau berbicara. Padahal dalam interview, berbicara dan berkomunikasi adalah faktor terpenting. Beberapa tips ini akan membantu introvert untuk mengurangi kegugupan saat interview.

1. Bukan kekurangan, jadikan sifat pendiammu adalah kelebihanmu
Tanamkan pada dirimu bahwa kamu adalah orang yang dicari oleh perusahaan itu. Jangan anggap sifat diam dan tenangmu itu sebagai kekurangan

Yang paling membuat orang jengkel bukanlah orang yang sedikit bicara, melainkan orang yang banyak bicara. Alih-alih mengkhawatirkan bagaimana nanti kamu akan berbicara, lebih baik kamu fokus mempersiapkan jawaban yang simple saja, seperti gayamu selama ini.

Baca juga: 5 Cara Cepat Adaptasi Pada Pekerjaan yang Tak Sesuai Jurusan Kuliah

2. Kenali calon perusahaan dan pekerjaanmu, pengetahuanmu adalah senjatamu
Di masa kini pengetahuan dan informasi adalah senjata utama untuk meraih kesuksesan. Gunakan rasa ingin tahumu yang tinggi sebagai senjatamu dalam menyelidiki perusahaan yang sedang kamu lamar.

Cari tahu bagaimana perusahaanmu bekerja, bagaimana pekerjaanmu nantinya. Kenali pula budaya kerja di sana. Gunakan data dan informasi yang kamu temukan sebagai pelengkap percakapanmu dalam interview.

Introvert biasanya akan sangat expert dalam topik yang ia sukai. Kuasai data dan informasi tentang perusahaan itu. Bila kamu menguasainya, kata-katamu akan mengalir secara natural dan penjelasanmu asyik untuk didengarkan HRD.

3. Buatlah portofoliomu semenarik mungkin, hasil kerja lebih diperhitungkan dari pada omongan belaka
Alih-alih banyak berbicara, lebih baik kamu membawa portofolio karyamu dan tunjukkan secara langsung. Kamu juga bisa membuat portofolio online lho. Kumpulkan semua karya yang terbaik dan paling kamu banggakan.

HRD akan merekrut pekerja yang memiliki talenta, dari pada banyak bicara lebih baik langsung menunjukkan karya dan hasil kerjamu bukan. Membuat portofolio juga akan membuat HRD fokus pada karya saja, dan kekuranganmu mungkin tidak terlalu terlihat di mata mereka.

Baca juga: 7 Pelajaran Berharga yang Baru Kamu Dapatkan Setelah Lulus Sekolah

4. Jadikan internet teman terbaikmu
Hubungan baik dengan teman, kerabat, dan kolega tentu akan memberikanmu banyak kesempatan untuk memperoleh pekerjaan. Tapi bagi seorang introvert mendekati orang untuk memperoleh ini mungkin sedikit membuatmu kurang nyaman. Tapi tenang saja guys! Kamu masih bisa memperoleh pekerjaan tanpa harus memiliki jaringan pertemanan yang luas.

Setiap perusahaan besar sampai startup selalu memiliki media sosial. Kamu bisa menggunakan media sosial ini untuk mengirim lamaranmu dan portofoliomu. Kamu bisa mempercantik tampilan linkedinmu. Tulis dan buatlah semenarik mungkin profil Linkedin-mu.

Kebanyakan introvert mahir dalam menulis. Jadi tulis saja apa yang ingin kamu sampaikan kepada perusahaan yang kamu tuju. Sekarang ini banyak lho perusahaan yang merekrut pegawainya dengan melihat media sosial mereka. Siapa tahu kamu bisa direkrut perusahaan idamanmu tanpa interview karena profil linkedin kamu kece.

5. Mengurangi gugup, berlatih sebanyak mungkin!
Posisikan dirimu sebagai seseorang yang ingin merekrut pegawai baru. Cobalah pikirkan pertanyaan apa saja yang ingin diajukan pada pelamar. Carilah jawaban terbaikmu, dan berlatihlah menjawabnya.

Jika sering berlatih menjawab pertanyaan, perasaan gugup kamu akan berkurang lho. Gak percaya? Coba saja mulai sekarang.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star