Hastag Campus

5 Cara Agar Tidak Mengecewakan Saat dapat Rekomendasi Kerja

Setiap dari kita yang baru lulus dari perguruan tinggi ataupun sekolah kejuruan pasti menyadari betapa sulitnya mendapatkan pekerjaan. Terlebih pekerjaan itu adalah yang sangat kita inginkan sejak lama. Ada kalanya kita juga menyesal tidak mempersiapkan diri dengan baik, sehingga kesulitan di saat kita benar-benar butuh pekerjaan. Namun semua itu tidak dialami oleh banyak orang.

Sebagian dari kita cukup beruntung karena tanpa kesulitan mencari pekerjaan sudah mendapatkan rekomendasi dari seseorang. Dari teman lama, teman kerja atau bahkan keluarga. Mereka seolah tahu bahwa kita memiliki pengalaman dan kemampuan yang layak untuk direkomendasikan untuk bekerja di suatu perusahaan ternama.

Tapi tidak sembarangan, sebab mendapat rekomendasi juga menjadi beban dan tanggungjawab yang tidak mudah. Beberapa hal di bawah ini perlu kita lakukan saat mendapatkan rekomendasi pekerjaan dari seseorang.

1. Persiapkan semua dengan baik
Sekalipun kamu mendapatkan rekomendasi pekerjaan dari seorang yang amat sangat dikenal. Tapi ada kalanya kita juga tetap harus melalui berbagai tahapan untuk bisa diterima. Misalnya saja melakukan interview dan beberapa tes pendukung lainnya. Hal ini tidak bisa seketika membuat kita sombong dan menyepelekan. Justru kita harus mempersiapkan diri dengan baik.

Baca juga: 9 Perbedaan Kuliah dan Kerja yang Kamu Perlu Ketahui

Persiapkan dirimu dengan sebaik-baiknya. Carilah sebanyak-banyaknya informasi terkait perusahaan maupun posisi yang kamu inginkan. Tetap juga persiapkan penampilanmu dengan baik, agar memberikan kesan yang baik bagi para rekruiter. Kamu juga wajib menunjukkan antusiasmu terhadap peluang yang diberikan kepadamu. Jangan terlena karena kamu sudah mendapatkan rekomendasi. Sebab di sinilah kamu masih akan memulai semuanya.

2. Pastikan kamu bicara jujur
Sekalipun kamu mendapatkan rekomendasi bukan berarti kamu bisa berlaku seenaknya. Kamu tetap bertanggungjawab atas setiap informasi dan ucapan yang kamu luapkan nantinya. Berkatalah dengan jujur saat kamu menjawab pertanyaan dan ketika kamu melakukan rangkaian tes yang diberikan.

Kamu juga mempertaruhkan reputasi dari teman yang sudah merekomendasikanmu. Sebagai orang yang mengajukan namamu untuk lolos tes tahapan pertama, dia pun tidak sembarangan dalam memilih dan menentukan. Jadi, sebagai sosok yang mendapat rekomendasi kamupun tidak boleh menganggap remeh hal ini. Berkatalah jujur dan tetap sopan sehingga kamu tetap memberikan kesan yang baik sekalipun nantinya kamu tidak diterima.

3. Tunjukkan semua kemampuanmu
Mendapatkan rekomendasi dari seseorang berarti kamu dipercaya atas semua kemampuanmu. Kamu dengan semua pengalamanmu sudah diyakini mampu untuk mengisi posisi yang direkomendasikan kepadamu. Selagi kamu berbangga diri karena telah direkomendasikan, kamu juga harus bersemangat dalam menjalaninya.

Selagi kamu melalui beberapa tahapan tes, ada baiknya kamu mempersiapkan semuanya dengan sebaik-baiknya. Kamu boleh berlatih kembali teknik interview dan mengulang kembali berbagai kompetensi yang sudah lama kamu kuasai. Tidak ada salahnya jika kamu mulai mengulang kembali mempelajari pengetahuan dan kemampuanmu. Supaya lebih siap untuk menghadapi tahapan seleksi nantinya.

Baca juga: 5 Alasan Mutlak Proses Magang itu Penting untuk Jenjang Karier

4. Katakan terima kasih
Sulitnya mencari kerja tidak lantas layak membuatmu menyombongkan diri saat mendapatkan rekomendasi dari seseorang. Kamu tetap harus berusaha keras dengan semua usahamu, dengan semua kemampuan dan pengalaman yang telah kamu miliki. Meski banyak yang percaya atas semua yang kamu miliki, mengucapkan terima kasih tetap harus kamu lakukan.

Ucapkan terima kasih kepada orang yang telah merekomendasikanmu. Ucapkan pula terima kasih untuk semua yang sudah membantumu mempersiapkan diri menghadapi seleksi. Jangan lupa ucapkan terima kasih untuk dirimu sendiri yang sudah berusaha sangat keras untuk bisa mendapatkan peluang ini. Kamu berhak untuk mendapatkan penghargaan dari dirimu sendiri sekalipun belum tentu kamu diterima.

5. Lakukan semuanya dengan baik
Saat kamu telah resmi diterima, kini giliranmu untuk benar-benar berjuang dengan semua upayamu. Mendapat rekomendasi sungguh hal yang sangat penting untuk disyukuri. Tapi bekerja setelah proses ini berjalan adalah tanggung jawab yang sebenar-benarnya harus kamu emban.

Lakukan semua dengan baik. Kamu harus mempertahankan kesempatan ini dengan sangat baik. Agar kamu tidak mengecewakan siapapun, termasuk dirimu sendiri yang sudah berjuang keras hingga sampai di titik ini. Berjuanglah selagi kamu bisa berjuang, dan berikan yang terbaik agar tidak ada penyesalan di dalam dirimu yang sudah pernah mengalami masa sulit sebelum ini.

Sumber: Idntimes.com

2 replies to “5 Cara Agar Tidak Mengecewakan Saat dapat Rekomendasi Kerja

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star