Meski Gak Sesuai Jurusan, Lakukan 5 Hal Ini pada Passionmu!

Saat lulus dari SMA dan harus memasuki dunia perkuliahan, beberapa dari kamu mungkin masih belum tau pasti passionmu yang sesungguhnya. Gak heran, ada banyak sekali orang di luar sana yang mengaku bahwa jurusan kuliah yang dia ambil, ternyata sama sekali jauh berbeda dengan passion yang dimilikinya.

Jika kamu termasuk dalam golongan orang yang seperti ini dan sekarang sedang galau banget untuk memutuskan mau terus kuliah atau menekuni passionmu, beberapa tips berikut semoga bisa membantumu lepas dari kegalauan itu ya.

1. Menyelesaikan kuliah tetap wajib karena itu merupakan tanggung jawab
Sebagai seorang mahasiswa, kuliah adalah kewajiban dan tanggung jawab yang harus kamu tuntaskan. Entah itu sesuai dengan minatmu atau gak, tapi kamu sudah memutuskan pilihan tersebut sebelumnya.

Jadi, alangkah lebih baik jika kamu menyelesaikan kuliahmu saat ini. Urusan nanti ijazah mu akan terpakai atau gak, gak perlu kamu risaukan saat ini. Waktumu masih banyak untuk menekuni passionmu kok.

Baca juga: 7 Alasan Masuk Akal Kenapa Kamu Harus Jadi Mahasiswa Ambisius Saat Kuliah!

2. Tetap menekuni passion, baik sebagai hal utama atau selingan
Kita semua diberi 24 jam dalam sehari. Dengan waktu sebanyak itu, tentu kita bisa membaginya untuk urusan kuliah, dan juga urusan passion ini. Orang yang bijak, pastilah bisa memanfaatkan waktunya dengan baik untuk mampu menyelesaikan dua hal atau lebih dalam hidupnya. Lalu, kenapa kamu gak?

3. Konsisten dalam apapun yg sedang kita lakukan
Baik itu menyelesaikan kuliah, maupun mengejar passion, keduanya perlu konsistensi. Karena, sesuatu yang kita tekuni dengan konsisten pasti akan menunjukkan hasil suatu saat nanti. Jangan menyerah dan merasa kamu gak mampu, karena yang membatasi dirimu untuk melakukan sesuatu adalah dirimu sendiri. Berhenti membatasi diri dan lihat seberapa berhasil kamu nantinya.

4. Fokus mengejar tujuan dan target yang ingin kita capai
Selain konsistensi, fokus juga diperlukan. Jangan mudah goyah dan beralih pada hal lain yang hanya akan memperlambat kamu dalam mencapai tujuan. Baik itu tujuan untuk menyelesaikan kuliah, atau tujuan untuk mengejar passionmu. Stay focus, guys!

Baca juga: Untuk Kamu yang Sudah Lama Lulus Kuliah Tapi Belum Juga Mendapatkan Pekerjaan

5. Abaikan komentar miring orang sekitar, kamulah yang menjalani hidup, bukan orang lain
Ketika passionmu yang sedang kamu kerjakan saat ini pada kenyataannya tidak sesuai dengan jurusan kuliahmu, tentu akan ada banyak sekali orang sekitar yang memberikan komentar. Dari yang diam-diam berbicara di belakangmu, menghasut orang tuamu, hingga yang terang-terangan menyalahkan sikapmu.

Saat seperti ini, tentu perasaanmu akan sedih dan hatimu menjadi goyah. Tapi ingat, yang menjalani hidupmu ini adalah dirimu. Kamu yang tau apa yang membuatmu bahagia. So, ngapain mendengarkan komentar orang yang cuma bisanya nyinyir aja?

Semoga bisa menjawab segala kegelisahan kamu yang sekarang passionnya berbeda sama jurusan kuliahnya ya. Salam sukses!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s