Hastag Campus

Untuk Kamu yang Sedang Menunggu Panggilan Kerja, Manfaatkan Waktumu dengan Kegiatan Positif Ini!

Ketika panggilan kerja tak kunjung datang, hal yang paling kamu rasakan adalah kebosanan yang melanda. Bahkan mungkin kamu bingung harus melakukan apalagi untuk mengisi harimu. Jenuh terlalu lama berada di rumah, namun enggan pula untuk bepergian dan bermain karena hanya akan menghabiskan uang.

Sebetulnya, waktu luang yang kamu miliki di saat-saat menunggu panggilan kerja harus kamu syukuri juga. Tentu kamu dapat membayangkan seseorang yang sudah bekerja, untuk memperoleh waktu luang saja sangatlah sulit. Setidaknya dengan waktu luang tersebut kamu dapat melakukan kegiatan-kegiatan positif berikut ini.

1. Berlatih bahasa asing dapat memudahkanmu saat berkomunikasi.
Dalam dunia kerja, komunikasi sangatlah penting. Untuk itu, kamu harus mengasah softskill bahasamu. Akan menjadi poin plus apabila kamu mahir menguasai beberapa bahasa asing. Nantinya kamu dapat menuliskan kemampuan tersebut di CV-mu. Ikutilah kursus bahasa yang kamu minati, tak hanya bahasa inggris, kamu juga bisa memilih bahasa jepang, mandarin, dan yang lainnya.

2. Khususnya buat para wanita, mengikuti les menjahit tak ada salahnya.
Jangan anggap bahwa kegiatan menjahit hanya dilakukan oleh ibu-ibu saja. Kamu sebagai wanita yang masih muda pun setidaknya harus bisa dasar-dasar menjahit. Mungkin belum berguna di kehidupanmu yang sekarang, tapi ambil manfaatnya di masa depan. Siapa tahu dengan kamu mengikuti les menjahit, kamu terinspirasi untuk menjadi seorang desainer baju dan membuka butik sendiri.

3. Mengikuti kursus menyetir mobil dapat meningkatkan mobilitasmu.
Di zaman sekarang, untuk belajar menyetir mobil tidaklah sulit. Banyak jasa kursus yang menawarkan untuk belajar menyetir. Tidak masalah jika kamu belum memiliki kendaraan pribadi. Belajar menyetir ini akan tetap bermanfaat kok. Apabila kamu sudah mahir mengendarai mobil, kamu dapat menggantikan posisi ayahmu untuk menyetir.

Selain itu, jika kamu sedang bepergian bersama teman, kamu bisa bergantian dengannya untuk menyetir apabila temanmu merasa lelah. Banyak pula perusahaan yang mensyaratkan calon karyawannya untuk dapat mengendarai kendaraan, tak hanya motor, namun juga mobil. Jadi tak perlu ragu untuk mengikuti kursus menyetir mobil ya!

Baca juga: 5 Hal yang Kamu Rasakan Ketika Baru Merantau

4. Belajar masak di rumah tak hanya untuk wanita.
Jangan hanya gemar memakannya saja, ada baiknya kamu juga bisa memasak makananmu sendiri. Kemampuan yang satu ini tak hanya harus dikuasai oleh wanita, bagi kamu para pria pun tak akan ada ruginya jika belajar masak. Hal ini akan sangat berguna sekali bagi kehidupanmu. Terlebih bagi kamu yang akan bekerja di tempat rantau. Jika sudah tanggal tua dan tabunganmu menipis, dengan memasak sendiri kamu akan jauh lebih hemat.

5. Bermula dari keisengan, membuat kerajinan tangan dapat memberi manfaat.
Kembangkan kreatifitasmu selagi banyak waktu. Tak harus mengelurkan biaya yang mahal, kamu cukup menuangkan ide-ide menarik. Gunakan bahan-bahan tak terpakai yang ada di rumahmu. Kamu dapat menyulap barang tersebut menjadi sesuatu yang berguna. Sekarang ini, sudah banyak sekali video tutorial untuk membuat suatu prakarya, atau yang lebih dikenal dengan “Do It Yourself”. Jika hasil kerajinanmu bagus, kamu pun dapat menjual dan memperoleh tambahan uang.

6. Kembali mempelajari materi perkuliahan juga mengasyikan.
Menunggu panggilan kerja tentu tak hanya sehari atau dua hari, mungkin bisa seminggu atau sebulan. Dalam waktu tersebut tentunya ada beberapa pelajaran saat kuliah yang sudah kamu lupa. Apalagi jika selama .waktu menunggu tak pernah kamu sempatkan waktu untuk membacanya kembali. Padahal materi perkuliahan adalah bekal pengetahuanmu yang sangat berguna saat nanti kamu bekerja. Oleh karena itu, cobalah kamu mempelajarinya untuk sekedar mengingat kembali.

7. Belajar mengerjakan soal psikotes dan berlatih interview sesering mungkin.
Semakin sering berlatih, tentu pengalaman dan pengetahuanmu akan semakin bertambah. Belajar mengerjakan soal psikotest dan berlatih interview di waktu luang tentu dapat memberi manfaat. Nantinya saat kamu mendapat panggilan kerja, kamu sudah terbiasa mengerjakan berbagai jenis psikotest dan tak perlu gemetaran lagi. Begitu pula saat interview, dengan semakin sering berlatih kamu akan semakin lancar menjawab pertanyaan yang diajukan kepadamu.

Baca juga: Sebelum Lulus Kuliah, Mahasiswa Setidaknya Harus Dapat 6 Hal Ini

8. Membantu orangtua sebelum nanti kamu sibuk bekerja.
Saat menempuh pendidikan, waktumu tentu banyak tersita untuk belajar. Kemudian setelah lulus, keinginanmu untuk mendapatkan pekerjaan harus segera terwujud. Kamu sibuk mencari pekerjaan dan melamar ke banyak perusahaan. Dan ketika kamu sudah memperoleh pekerjaan tersebut, waktumu akan habis untuk berkutat dengan pekerjaan pastinya. Selama kamu masih menunggu panggilan kerja, tak ada salahnya jika kamu meluangkan waktu untuk membantu orangtua. Berikan bantuanmu dimulai dari hal-hal kecil seperti membantu mengantarkan ibumu belanja ke pasar dan banyak hal lainnya.

9. Menjadi volunteer menunjukkan kamu adalah sosok yang berjiwa sosial.
Jika kamu ingin menjadi seseorang yang bermanfaat bagi orang lain, menjadi volunteer merupakan salah satu langkah awal yang dapat kamu pilih. Meskipun pekerjaan menjadi seorang volunteer biasanya tidak di gaji, namun banyak pelajaran dan pengalaman yang akan kamu dapatkan. Kamu juga bisa mendapatkan banyak kenalan baru. Pengalaman sebagai volunteer nantinya dapat kamu cantumkan pula di CV-mu dan kamu dapat menceritakannya lebih lengkap saat ada panggilan kerja atau interview.

10. Tubuh menjadi sehat dan prestasi bertambah dengan mengikuti turnamen olahraga.
Kamu hobi berolahraga? Salurkan hal tersebut dengan mengikuti berbagai turnamen atau pertandingan. Jika menang, pasti deretan prestasimu akan semakin bertambah. Namun bagi kamu yang tak suka, selama menunggu panggilan kerja, jangan hanya berdiam diri di rumah dengan melakukan aktivitas seperti makan, bersantai dan tidur saja. Tubuhmu juga harus tetap di jaga. Salah satu caranya yaitu dengan memulai berolahraga. Lakukan aktivitas-aktivitas yang dapat menggerakkan tubuhmu. Kondisi tubuh yang fit tentu akan berguna saat kamu mulai bekerja nanti.

Jadi, kegiatan positif apa yang akan kamu pilih selama menunggu panggilan kerja? Selain 10 kegiatan di atas, tentu masih ada banyak kegiatan positif lainnya. Ketika kamu melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, jangan lupa untuk tetap selipkan doa supaya pekerjaan impianmu segera diraih. Selamat menunggu dan tetaplah semangat!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star