Hastag Campus

Untuk Kamu yang Sebentar Lagi Sidang Skripsi, Ini Cara Menyiapkan Diri dalam Presentasi

Kaki dan tangan terasa dingin, badan pun terasa kaku saat berada di depan penguji, pembimbing dan beberapa teman yang menyaksikan presentasi kamu. Ya begitulah sekilas keadaan kami mahasiswa yang terbiasa menjadi pendengar sekarang dituntut menjadi moderator dan harus mempertanggung jawabkan hasil penelitian kami demi gelar akademik yang kami perjuangkan.

Tapi dibalik semua ketegangan dan kegugupan itu kalian harus berusaha untuk tetap percaya pada diri kalian, ditambah tekanan dari tatapan para penguji, pembimbing, dan beberapa teman kalian yang menguji ketenangan kalian. Disini kalian dituntut untuk dapat mengelola emosi kalian untuk tetap tenang dan fokus akan materi yang akan kalian bawakan. Disini ada tips bagaimana cara menyiapkan diri dalam presentasi.

Baca juga: 5 Referensi Kampus untuk yang Tertarik Lanjut S2 di Jurusan Politik

1. Kenali Lawan Bicara
Bagaimana pun kalian harus lihat dengan siapa kalian bicara, tidak mungkin kalian menyamakan gaya dan intonasi bicara kalian dikantin dan disamakan saat kalian berbicara di depan saat presentasi beda sekali. Usahakan untuk tetap menggunakan bahasa formal saat kalian mempersentasikan hasil penelitian kalian karena gaya dan intonasi kalian akan mencerminkan bagaimana etika kalian dalam berkomunikasi.

Biasakan juga untuk menatap lawan bicara kalian ini berguna agar kalian fokus dengan apa yang ingin lawan bicara kalian tanyakan, Gunakan juga bahasa yang tidak berbelit-belit berikan poin penting dan bukti akurat dalam materi presentasi kalian.

2. Bicaralah dengan Senyum dan Nada Hangat
Kalau kata orang senyum itu adalah ibadah, sepertinya kata-kata itu ada benarnya. Walaupun setegang apapun keadaan kita dalam membawakan persentasi usahakanlah untuk tetap tersenyum, dan menjawab pertanyaan yang diberikan dengan senyum dan nada yang hangat, cara ini bisa membuat kita untuk mengurangi tingkat ketegangan di diri kita loh.percaya deh orang yang melihat kita pun akan merasa senang apabila kita menyimak dan menjawab pertanyaan yang mereka berikan.

Ya, walau sejutek dan segalak apapun dosen pembimbing dan penguji kamu tapi apabila kamu tersenyum mereka akan merasa kamu adalah orang yang profesional dan berkompeten dalam mempresentasikan hasil penelitianmu itu, untung-untung mereka memberi nilai tambah ke nilaimu dalam cara menyajikan presentasimu. Tapi ingat ya senyum sewajarnya saja jangan sampai kamu tersenyum dengan cengagas- cengeges bukannya kamu dinilai baik malah adanya kamu dikira tidak sopan lagi.

Baca juga: 7 Cara Mencintai Pekerjaan yang Bukan Passionmu

3. Kuasai Materi
Percuma bila kita telah komunikatif dalam membawakan presentasi kita tapi kita tidak menguasai materi kita dengan baik, ibarat berperang kita tidak membawa perlengkapan dan amunisi kita untuk berperang sama saja kita mengantar nyawa kita sendiri ke medan perang. Hal tersebut berlaku saat kita mempersentasikan hasil penelitian kita harus menguasai dengan baik apa materi yang kita bawakan dan tahu betul apa poin penting dari materi tersebut.

4. Belajarlah dari Dinding
Wah belajar dari dinding maksudnya apa nih? Gestur tubuh kita memengaruhi cara kita dalam mempresentasikan materi, usahakan berdiri dengan tegak buat tumpuan tubuhmu pada kedua kakimu, sebelum maju presentasi cobalah kalian berdiri sejajar dengan dinding dengan tubuh memunggungi dinding, disana kalian akan belajar bahwa begitulah cara berdiri yang baik saat presentasi.

Jangan berusaha berdiri dengan kaki yang ditekuk kebelakang dan tangan yang mengapit kedepan atau kebelakang itu malah membuat kalian terlihat tidak siap dan terkesan malas dalam membawakan materi presentasi, dan poin ini juga dapat memberikan nilai kalian loh dalam menyajikan materi presentasi.

Ke empat poin diatas merupakan kiat dalam membawakan presentasi kita, tapi ingat dibalik itu semua jangan lupa untuk berdoa agar dilancarkan segala urusan dan usaha kita. Tenangkan diri dan tetaplah fokus dengan apa yang ada di depan kita serta percayalah pada diri kita sendiri.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

One reply to “Untuk Kamu yang Sebentar Lagi Sidang Skripsi, Ini Cara Menyiapkan Diri dalam Presentasi

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star