Hastag Campus

Lakukan 5 Langkah Ini Supaya Persentasimu Brilian di Hadapan Dosen

Menjadi seorang mahasiswa tentu tidak lepas dari tugas-tugas yang silih berganti selalu menemanimu di akhir pekan, entah itu tugas kelompok maupun individu. Pastinya akan menjadi tanggung jawab dan tuntutan tersendiri bagi seorang siswa tingkat atas. Tak hanya sekedar untuk dapat menyelesaikan kamu juga dituntut untuk dapat menyampaikan materi atau hal-hal yang sudah kamu pahami.

Nah, presentasi merupakan metode pembelajaran yang sangat lazim digunakan dan sudah sangat melekat pada mahasiswa. Penyampaian materi secara maksimal menjadi tujuan para informan, dan menjadi tugasnya untuk bisa membuat paham audience.

Bahkan, terkadang dalam presentasi orang yang memberikan materi dituntut untuk dapat membuat para audience atau bahkan dosen dapat memahami dan terkesan. Berikut lima langkah sederhana yang dapat diterapkan.

1. Tampil serapi mungkin
Berbicara di hadapan banyak audience ada baiknya kamu memperhatikan penampilan. Pasalnya visual juga akan sangat berpengaruh pada tingkat kepercayaan dirimu lho. Tak hanya itu, penampilan juga menjadi pusat perhatian dan kesan pertama audience.

Tampillah semaksimal mungkin, kamu bisa menggunakana busana ternyaman. Ingat tujuanmu adalah memberi pemahaman untuk banyak orang, berilah kenyamanan pada dirimu sendiri dengan begitu akan mudah bagimu untuk menyampaikan materi.

Baca juga: 8 Poin yang Wajib Dilakukan Mahasiswa Baru di Semester Pertama

2. Mempersiapkan materi dari jauh-jauh hari
Penguasaan materi akan menjadi hal yang sangat fatal apabila dilupakan, kuasai materi sebaik mungkin. Kamu bisa menyiapkannya dari jauh jauh hari, posisimu adalah seseorang yang dianggap paling menguasai dibandingkan para audience.

Menguasai dan mengondisikan audience adalah tugasmu agar tak ada forum dalam forum. Biasanya audience akan memperhatikan dan menganggukkan kepala apabila benar-benar paham dan mengikuti alur persentasimu. Hal itu juga menjadi salah satu indikator bahwa kamu telah sukses membawakan persentasi.

3. Menyapa para audience
Terkadang terlalu fokus pada apa yang akan disampaikan, membuatmu sering lupa menyapa audience dan dosen. Sebelum menyampaikan materi, ada baiknya kamu menyapa para audience. Memang terlihat sepele, akan tetapi mereka bakal lebih tertarik dan mengkuti alur persentasi.

Selain itu di sela-sela penyampaian materi kamu bisa mengajukan beberapa pertanyaan ringan khusus untuk para audience, tujuannya agar persentasimu terlihat hidup dan tidak membosankan.

Baca juga: 5 Hal Sepele Ini Bisa Membantumu Meraih IPK Tinggi, Sudah Tahu?

4. Menghilangkan kebiasaan
Setiap manusia pasti memiliki kebiasaan pada dirinya entah itu kebiasaan baik maupun buruk, tak lepas dari saat persentasi atau penyampaian materi. Kebiasaan yang sering dijumpai pada saat forum diskusi biasanya orang yang memberikan materi sering mengulang kata dalam beberapa kalimat. Bahkan ada kebiasaan menggerakkan anggota tubuhnya, tentu ini sangat menganggu dan perlu dihilangkan.

5. Menempatkan emosi
Biar gak flat dan terkesan garing, ada kalanya kamu menggunakan emosi, seperti penekanan pada kata-kata yang memang penting untuk ditegaskan. Nada tinggi untuk membahas hal hal yang bersifat mengajak atau menarik audience dan juga nada rendah untuk hal-hal yang perlu untuk dihayati.

Sekarang sudah tahu kan trik presentasi yang benar? Selamat mencoba ya!

Sumber: Idntimes.com

One reply to “Lakukan 5 Langkah Ini Supaya Persentasimu Brilian di Hadapan Dosen

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star