Kamu Mahasiswa Baru? Lakukan 5 Hal Ini Supaya Awal Kuliahmu Lancar

Sebentar lagi tahun ajaran baru akan dimulai. Akan ada beberapa wajah baru yang menghiasi kampus, yang pastinya itu adalah para mahasiswa baru. Banyak mahasiswa baru yang belum paham, atau tak tahu apa yang harus dilakukan saat pertama kali masuk kuliah. Bahkan, masih banyak yang belum membuat list what must i do nanti saat sudah resmi menyandang gelar mahasiswanya.

Jadi, jika kalian mahasiswa baru, lalu masih bingung dengan apa yang harus dilakukan saat masuk kuliah nanti, silahkan baca artikel ini dengan seksama.

1. Jangan Telat Saat Hari Pengisian KRS
Kuliah itu jadwalnya kita yang memilih, bukan ditentukan oleh universitas. Jadi, saat awal dibuka pemilihan KRS (Kartu Rencana Studi) silahkan menjadi paling awal, supaya bisa mendapat kelas yang diinginkan. Gak mau jadwal pribadimu kacau kan?

Baca juga: Perhatikan 5 Tips Ini Kalau Kamu Berniat Mengirim Pesan ke Dosen

2. Cari Teman Saat Ospek
Biar gak celingak-celinguk saat pertama kuliah, tolong cari teman saat ospek. Jangan sombong. Kita ini makhluk sosial, butuh teman, dan butuh interaksi pula. Gak mau berasa jomblo saat pertama kuliah, ‘kan?

3. Gunakan Pakaian yang Bebas Tapi Sopan
Memang kampus tak membebani mahasiswa untuk berpakaian dengan atribut, tetapi kenakan pakaian sopan itu harus. Supaya membangun kesan baik, baik itu di mata dosen, atau mahasiswa lainnya.

Baca juga: Sebelum Lulus Kuliah, Mahasiswa Setidaknya Harus Dapat 6 Hal Ini

4. Jelajahi Kampus
Kalau waktu sedang senggang, atau lagi istirahat kuliah, jelajahi kampusmu dari ujung ke ujung. Bisa sendiri, atau bareng teman. Supaya kamu hapal tempat. Hitung-hitung adaptasi.

5. Jangan Sungkan Tanya Senior
Kalau ada yang masih belum dimengerti, bisa tanyakan kepada senior atau kakak-kakak tingkat atasmu. Jangan sungkan untuk bertanya. Nggak perlu takut dianggap cari perhatian atau sok akrab. Asal niat kamu baik dan cara pendekatan kamu juga asik, senior pasti dengan senang hati bakal bantu kamu. Kenal sama senior juga penting, lho, untuk membangun jaringan kamu yang akan berguna saat kamu lulus nanti.

Jadi gimana? Silahkan praktikan hal-hal diatas untuk memperlancar awal kuliahmu. Selamat menjadi mahasiswa.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s