Hastag Campus

7 Alasan Kenapa Kamu Gak Perlu Ragu Memilih Profesi Berbeda Jurusan

Setelah lulus kuliah kamu mungkin bingung harus bekerja dimana. Mendapat pekerjaan yang sesuai dengan jurusan pun tidak mudah. Banyak persaingan yang harus kamu hadapi di dunia kerja. Mau tidak mau kamu harus bekerja apa saja demi bisa mandiri.

Meski berbeda jurusan, bukan berarti hidup kamu sedang stagnan. 7 alasan ini membuatmu berhenti ragu untuk bekerja tidak sesuai jurusan!

1. Ilmu baru memberimu pengetahuan baru, maka bersyukurlah kamu sudah mempelajarinya
Profesi baru yang kamu jalani berbeda jauh dengan latar belakang ilmu yang kamu pahami. Banyak hal baru yang membuatmu bingung dan harus banyak bertanya. Tetapi disinilah letak proses belajar yang sebenarnya. Ketika kamu merasa sudah siap bekerja dengan ilmu yang dipelajari selama bertahun-tahun, tiba-tiba dihadapkan pada kenyataan untuk belajar kembali dari nol.

Cobalah untuk bersyukur dan mengambil hikmah dari balik proses belajar. Ilmu baru yang kamu dapatkan menjadi sangat berguna untuk dirimu sendiri sebagai wawasan untuk berkarya. Setidaknya kamu memiliki dua ilmu dalam dua bidang yang berbeda.

Baca juga: 9 Perbedaan Kuliah dan Kerja yang Kamu Perlu Ketahui

2. Terkadang passion menuntun kita pada pekerjaan yang menyenangkan
Memilih pekerjaan yang berbeda dengan pendidikan bukan berarti kita dulunya salah jurusan. Namun terkadang ada passion terpendam yang membuat kita lupa untuk mengeluarkannya karena kesibukan kuliah.

Setelah lulus, ingatan kita kembali pada passion tersebut dan tertarik untuk mengelutinya dengan serius. Tidak masalah jika kamu terlambat memulainya. Passion yang ada dalam dirimu akan mengeluarkan energi positif yang membuatmu lebih energik dalam bekerja.

3. Setelah lulus, kamu punya seribu pilihan untuk jenjang karir yang kamu inginkan
Setelah lulus, jangan berpatokan pada latar belakang pendidikan saja. Cobalah untuk berpikir luas, seluas dunia yang terbentang. Di dunia ini kesempatan untukmu bekerja terbuka lebar. Ikutilah passion dan bekerjalah dengan kemampuan yang bisa kamu berikan.

4. Berpikirlah realitis, karena bekerja tidak seperti teori dalam buku tebal
Ketika masuk dunia kerja, kita dituntut untuk memiliki sikap etos kerja yang tinggi. Seseorang yang berpaku pada latar belakang pendidikan takkan mampu menyamai orang lain yang berpikir realitis dan tidak memilih-milih pekerjaan.

Berpikir realitis membuat kita mampu bekerja sesuai keadaan dan mengimbangi perubahan yang ada. Orang yang mampu berpikir realitis cepat dalam melihat potensi yang ada dan menjadikannya sebagai peluang.

Baca juga: Dear Mahasiswa, Inilah 4 Keuntungan Kalau Kamu Rajin Menulis!

5. Rejeki bisa datang dari mana saja dan tidak disangka-sangka, maka pantaskan dirimu untuk menerimanya
Jika kamu ingin rejeki lancar dan selalu diberi kemudahan, maka jangan takut untuk keluar dari batas nyamanmu. Bekerja dimana saja dan mencoba apa saja akan membuat rejekimu semakin mengalir. Setidaknya kamu tidak perlu bergantung materi pada orang tua.

6. Melawan rasa gengsi dan perasaan malu tandanya kamu selangkah lebih berkualitas dari dirimu sebelumnya
Dulu kamu merasa gengsi dan malu untuk bekerja tidak sesuai jurusan, tetapi dalam realita, kamu dituntut untuk bisa bekerja demi mencukupi kebutuhan sehari-hari. Menghilangkan rasa gengsi dan malu artinya kamu sudah semakin dewasa.

7. Meski kerap mendapat nyinyir, kamu tahu apa yang terbaik untuk dirimu sendiri
Meski tidak bekerja sesuai jurusan dan kerapkali mendapat nyinyir orang lain, kamu harus percaya bahwa kamu sudah memberikan yang terbaik untuk dirimu. Kamu tidak perlu takut dengan omongan orang lain.

Teruslah bekerja sesuai kemampuan yang ada. Meski tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan, kamu masih memiliki sejuta impian lain yang menunggu untuk dicapai.

Sumber: Idntimes.com

One reply to “7 Alasan Kenapa Kamu Gak Perlu Ragu Memilih Profesi Berbeda Jurusan

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star