Hastag Campus

Jadi Orang Introvet di Kantor, Ini yang Harus Diperhatikan

Kalau udah denger kata “introvert” pasti di benak kita gak jauh-jauh dari istilah pemalu atau socially awkward (canggung di kehidupan sosial). Memang bener sih, introvert punya kecenderungan sebagai orang yang pemalu atau bahkan agak susah untuk berinteraksi sosial. Tapi, ini bukan jadi penghambat dalam kariernya.

Bahkan beberapa penelitian menunjukkan kalau orang introvert itu justru adalah sosok pemimpin yang baik dibandingkan mereka yang ekstrovert. Nah, apa sih sebenernya yang harus diperhatikan seorang introvert untuk mengembangkan kariernya dalam keseharian?

1. Tugas harian
Orang introvert itu memiliki tingkat fokus yang tinggi. Dia rela mengesampingkan kehidupan sosial di kantornya agar bisa fokus dan tenang dalam bekerja. Itu memang bagus, apalagi kalau bisa sampai achieve lebih dari apa yang ditugaskan, tapi jangan sampai kamu terlalu mengisolasi diri sehingga potensi yang kamu punya jadi kurang terpakai secara maksimal ya.

Baca juga:  Ini Nih 5 Prospek Kerja Mahasiswa Jurusan Akuntansi yang Bisa Dicoba Saat Lulus Nanti

2. Peran
Ingat, seberapa introvert kamu, kamu harus sadar komunikasi itu sangat penting. Apalagi dalam dunia pekerjaan. Coba lebih sering ajak ngobrol 1 atau 2 tim kerja kamu, atau berbicara 4 mata dengan atasan. Segera utarakan apa masalah yang urgent, sebelum masalah itu menjadi lebih parah.

3. Culture di kantor
Kamu yang memiliki kepribadian introvert pasti sering nih dicap sombong, arogan, terlalu diam, atau tertutup? Padahal kita sebenarnya hanya butuh ketenangan. Coba deh untuk memahami karakter teman-teman kamu yang ekstrovert.

Tunjukkan bahwa kamu adalah tipe orang yang sebenarnya menyenangkan untuk menjadi teman, kamu juga bisa menunjukkan bahwa yang terpenting dalam hubungan antar teman adalah kualitas dibandingkan kuantitas.

Baca juga: Cepat Dapat Kerja Usai Lulus, Gali 5 Modal Ini Sejak Kamu Masih Kuliah

4. Dinamika tim
Kita sebagai orang introvert memang “sering capek” setelah bersosialisasi atau setelah presentasi, misal. Biasanya kita akan re-charge energi kita, biasanya kita akan menyendiri dulu untuk sekadar main game atau baca-baca buku.

Pokoknya berada di zona nyaman deh. Agar hubungan antar tim lancar, gak ada salahnya untuk mengajak teman-teman tim kamu untuk mempelajari kelebihan-kelebihan yang dimiliki orang introvert, begitupun sebaliknya, kita juga pelajari kelebihan orang ekstrovert.

Karena bagaimanapun, orang introvert dan ekstrovert itu punya level yang sama, tidak ada yang lebih “tinggi” atau lebih “rendah” Yang terpenting adalah kekompakan dan kerja sama, setuju?

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

2 replies to “Jadi Orang Introvet di Kantor, Ini yang Harus Diperhatikan

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star