Hastag Campus

Ingat, Hindari 5 Kesalahan Besar Ini Jika Kamu Kuliah di Luar Negeri

Menempuh pendidikan di luar negeri memang menjadi kebahagiaan tersendiri. Beragam ekspektasi pun berkecamuk dalam pikiran dengan diliputi rasa penasaran yang menggebu-gebu.

Eits, tetapi alangkah baiknya kamu tidak lengah dan over-excited begitu saja saat kamu sudah sampai di negara tujuan kuliah. Banyak lho pelajar internasional yang melakukan 5 kesalahan besar ini dan beberapa diantaranya mempengaruhi kuliah mereka.

Penasaran? Cek 5 poinnya berikut ini ya.

1. Bersenang-senang terlalu berlebihan
Patut kamu perhatikan bahwa tiap universitas menerapkan aturan berbeda bagi pelajar internasional dengan perolehan nilai buruk.

Biasanya nilai C adalah batas aman paling rendah dari kelulusan matkul, atau jika kurang dari C maka matkul yang kamu tempuh gagal dan wajib mengulang. Bersenang-senang boleh saja, asal kamu seimbangkan dengan belajar yang rajin juga. Control yourself!

Baca juga: 5 Hal Tentang Uang yang Harus Kamu Tahu Saat Jadi Mahasiswa

2. Tidak membaurkan diri dengan lingkungan khas sekitar
Jika kamu adalah mahasiswa baru, ada baiknya membaurkan diri dengan lingkungan khas sekitar tempat kamu berkuliah. Telusuri tempat-tempat tradisional, bertemu dengan warga lokal, mengunjungi kafe khas sana, atau mempraktikkan bahasa setempat saat belanja (jika bahasa Inggris bukan bahasa utama).

3. Tenggelam dalam media sosial dan tak mengindahkan interaksi nyata
Jangan menenggelamkan dirimu dalam dunia maya jika didepanmu terbentang dunia interaksi nyata yang menunggu untuk dieksplor. Periode kuliahmu diluar negeri itu terbatas, jadi manfaatkan dengan berinteraksi dengan dunia sekitar tempat kamu berada. Jangan sia-siakan momen yang ada.

Baca juga: 6 Channel YouTube Ini Cocok Buat Mahasiswa dan Fresh Graduate

4. Dengan mudahnya menurunkan kewaspadaan
Pelajar internasional seringkali berpikir kalau lingkungan baru mereka aman-aman saja bagi mereka. Alhasil dengan mudahnya mereka menurunkan kewaspadaan dengan lingkungan sekitarnya. Baik itu kota besar ataupun kota kecil.

Gak perlu paranoid, tapi bukan berarti kamu mengabaikan akal sehatmu untuk tidak berhati-hati dengan kejahatan sekitar. Apalagi jika jelas-jelas mereka tahu kamu adalah pelajar internasional, bisa jadi kamu target selanjutnya.

5. Bersikap seenaknya saja
Kamu tinggal ditempat baru dan berbeda, jadi sudah pasti kamu harus mampu menyesuaikan diri. Ketahui peraturan setempat atau setidaknya kamu bisa mawas diri dan tidak bertindak sesuka hati. Hormati tempat kamu berdiri jika kamu ingin diperlakukan dengan hormat juga.

Nah, itu dia 5 kesalahan besar yang harus kamu hindari saat menjadi pelajar internasional. Jangan lupa, ya.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star