Hastag Campus

Ingin Sukses Berkarier di Bidang yang Kamu Pilih? Begini Caranya!

Setiap orang pasti memiliki tujuan karier misalnya ingin menduduki posisi tertinggi dalam suatu perusahaan, punya banyak jaringan atau relasi, mengembangkan skillnya pada bidang tertentu dan lain sebagainya.

Untuk mencapai tujuan karier biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Ada yang 20 tahun bekerja pada suatu instansi tapi belum naik pangkat, tapi ada yang memiliki karier mulus sehingga dalam kurun waktu singkat menduduki jabatan manager atau pimpinan. Yang pasti setiap orang memiliki kemampuannya masing-masing untuk mencapai tujuan kariernya. Bukan berarti semua orang bisa mencapainya, tergantung tiap individu itu sudah melakukan cara yang tepat atau belum.

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mencapai tujuan kariermu. Ada cara yang mudah, cara yang susah atau bahkan cara yang tidak dihalalkan itu pun tergantung kamu yang menentukan. Tapi di artikel kali ini, kamu bisa memperoleh referensi tentang cara mudah untuk mencapai sukses pada karier yang kamu pilih. Penasaran? Langsung simak nih!

Baca juga: 7 Alasan Masuk Akal Kenapa Kamu Harus Jadi Mahasiswa Ambisius Saat Kuliah!

1. Jangan berkarier tanpa tujuan, justru tentukan tujuan jangka panjangmu sejak awal
Agar dapat mencapai tujuan karier, terlebih dahulu tetapkan tujuan jangka panjang kamu dengan jelas. Apa-apa saja yang ingin kamu capai saat sudah terjun di bidang yang kamu inginkan. Sangat penting untuk segera menetapkan tujuan, karena jika tidak kamu hanya akan mengikuti arus dan mengalir tanpa tujuan yang jelas.

Menetapkan tujuan karier jangka panjang akan memberikan gambaran kepada soal seperti apa karier kamu 5 tahun, 10 tahun atau 20 tahun nanti. Dengan begitu, kamu sudah tahu apa-apa saja yang harus kamu lakukan sejak sekarang untuk mencapai tujuan jangka panjangmu. Yang pasti, mulailah menetapkannya dengan detail agar hal itu sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

2. Setelah tahu target jangka panjangmu, segera buat daftar tujuan jangka pendekmu
Menetapkan tujuan jangka panjang tanpa disertai daftar tujuan-tujuan jangka pendek tidak akan ada artinya. Pasalnya, kamu akan cenderung membayangkan atau memimpikan tujuan jangka panjangmu saja tanpa melakukan langkah-langkah nyata untuk bisa sampai ke sana.

Pikirkan apa yang ingin kamu capai dalam jangka waktu 1 – 3 tahun ke depan. Tujuan jangka pendek adalah target-target kecil yang akan membantu kamu untuk mencapai tujuan kariermu yang sebenarnya. Dengan menggabungkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang, tujuan karier kamu akan lebih mudah tercapai.

3. Memang tidak mudah mencapai target-target itu. Satu-satunya yang harus kamu lakukan adalah FOKUS!
Setelah menetapkan tujuan baik itu jangka panjang maupun jangka pendek, selanjutnya fokuslah untuk mencapai tujuan yang sudah kamu tetapkan tersebut. Fokus dengan melakukan hal-hal yang akan membawa kamu kepada tujuan kariermu.

Pasalnya, gangguan dan hambatan seringkali hadir untuk menggoyahkan niatmu. Jadi kalau kamu nggak fokus, maka akan mudah sekali untuk terombang-ambing oleh keadaan. Selama kamu fokus dan terus melangkah di jalan untuk mencapainya, sedikit demi sedikit kamu pun akan sampai pada tujuanmu.

Baca juga: 5 Etika yang Wajib Kamu Terapkan Saat Bersosialisasi

4. Jangan terlalu memikirkan apa kata sekitar, cukup percaya saja pada dirimu sendiri
Orang yang sukses ialah yang percaya pada kemampuannya untuk menggapai sesuatu. Sayangnya, gak semua orang bisa melakukan hal ini. Bisa jadi kamu justru terlalu peduli pada omongan orang-orang sekitar yang meragukan kemampuanmu hingga akhirnya kamu gak bisa fokus dan nggak percaya diri.

Padahal, percaya bahwa diri sendiri bisa mencapai cita-cita yang diinginkan merupakan hal yang sangat penting. Dengan kepercayaan yang dimiliki, kamu tidak akan mudah menyerah meskipun banyak masalah yang datang dalam perjalanan kariermu.

5. Lakukan evaluasi secara rutin, pikirkan lagi soal apa yang sudah berhasil kamu capai dan apa yang harus diperbaiki
Setiap perencanaan atau penetapan tujuan memerlukan evaluasi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sudah sejauh mana tujuan kamu tercapai. Lakukanlah evaluasi dalam waktu tertentu misalnya 1 bulan sekali. Hal-hal apa saja yang sudah kamu lakukan, dan hal apa saja yang sudah tercapai untuk merealisasikan tujuan akhir kamu. Dengan demikian kamu dapat menetapkan langkah yang akan kamu ambil berikutnya.

Nah gimana, sudah makin mantap untuk menekuni karier yang kamu pilih dan mencapai tujuan kariermu? Rencanakan mulai sekarang dan lihat kesuksesan yang sudah menunggumu.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star