Gunakan 7 Cara Ini Agar Orangtua Yakin Sama Pilihan Kariermu!

Pertanyaan-pertanyaan tentang rencana setelah lulus pasti mulai sudah kamu yang sudah atau akan selesai kuliah dengarkan. Sebagian dari kamu mendapat dukungan penuh dari orangtua untuk karier yang kamu pilih, tapi sayangnya ada juga yang mendapat penolakan mentah-mentah.

Orangtua tentu ingin yang terbaik untuk kita. Namun, ada yang namanya generation gap, yaitu perbedaan cara pandang dan nilai-nilai antara generasi yang lebih tua dan muda. Orangtuamu mungkin benar, tapi bisa juga mereka tidak menyetujui pilihan kariermu akibat perbedaan zaman, sehingga mereka tidak mengerti tentang jalur yang kamu pilih.

Lalu, bagaimana cara meyakinkan orangtua tentang pilihan karier? Simak tujuh tips berikut ini,

1. Gali informasi sebanyak-banyaknya sebelum menyampaikan pendapatmu. Jangan pergi bertarung tanpa amunisi.
Mengapa orang tuamu ragu akan pilihanmu? Bisa saja karena informasi yang kamu sampaikan memang tidak meyakinkan. Kamu tidak bisa hanya bilang ke orang tua bahwa, misalnya “Aku ingin jadi desainer.” Mereka perlu tahu bagaimana potensi profesi sebagai desainer saat ini, seberapa luas lapangan pekerjaan yang tersedia, potensi penghasilan, serta contoh-contoh orang sukses dalam bidang tersebut. Jika kamu datang ke orangtua dengan informasi (alias amunisi) yang lengkap, maka keraguan mereka akan bisa diminimalisir. Sementara, jika kamu memiliki keinginan tanpa didukung dengan fakta dan informasi yang lengkap, orangtua akan berpikir bahwa keinginanmu hanyalah keinginan main-main.

Baca juga: Punya Rencana Kuliah Sambil Kerja? Persiapkan Dulu 8 Bekal Ini

2. Tunjukkan bahwa kamu memang memiliki skillyang cocok untuk menempuh karier tersebut.
Kamu ingin berkarir di agensi periklanan, sementara orang tuamu menganggap bahwa kamu bukan orang yang kreatif. Hal ini berarti kamu belum menunjukkan atau memberikan bukti kepada orangtua bahwa kemampuan dalam bidang ini ada dalam diri. Kamu tidak bisa langsung memaksakan keadaan. Lagipula, kamu tidak harus menunggu kesempatan datang terlebih dahulu untuk memberikan bukti. Kamu bisa mulai membuat karya atau memulai proyek pribadi yang sesuai dengan pilihan kariermu. Misalnya, cobalah bantu membuatkan iklan sederhana untuk teman atau saudaramu yang memiliki bisnis. Jika kamu konsisten berkarya atau membuat proyek dalam bidang yang diinginkan, orangtua akan melihat bahwa kamu serius dengan pilihanmu.

3. Cari tahu tentang perjalanan karir senior dalam karier serupa dan ceritakan ke orang tuamu.
Cara termudah untuk memahami adalah dengan contoh. Carilah senior di kampus atau kenalan yang berkarier di bidang yang kamu minati. Perbanyak mengobrol dengan mereka, agar kamu tahu mengenai pro dan kontra dari pilihan karier tersebut. Lalu, kamu bisa menceritakan kisah mereka ke orangtua, agar tumbuh keyakinan bahwa kamu telah mengetahui tantangan atau risiko apa saja yang akan dihadapi dalam perjalanan. Lebih baik lagi jika kisah tersebut datang dari pihak yang orangtuamu kenal.

4. Petakan rencana karirmu selama beberapa tahun ke depan, beserta rencana alternatifnya.
Memang, terkadang merencanakan karier secara berlebihan bisa jadi percuma, karena kita tidak pernah tahu nasib kita. Namun, rencana yang terpetakan dengan jelas ini ternyata bisa membantu dalam mencapai tujuan, serta untuk meyakinkan orangtuamu. Jika kamu sudah memetakan rencana kariermu hingga beberapa tahun ke depan, mulai dari perusahaan-perusahaan yang menjadi incaran, hingga target-target untuk naik jabatan, maka orangtua pasti lebih menganggapmu serius. Siapkan juga rencana alternatif atau rencana B untuk berjaga-jaga jika rencana utamamu terhambat.

Baca juga: 5 Alasan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Wajib Belajar Skill Multimedia

5. Minta bantuan keluarga atau teman yang dipercaya orangtua untuk meyakinkan mereka.
Adanya second opinion akan membantu orangtua dalam membuat pertimbangan. Jika kamu memiliki keluarga atau teman yang opininya dipercaya oleh orangtua, maka tidak ada salahnya meminta bantuan kepada mereka untuk membujuk. Jika pilihan kariermu dinilai tidak masuk akal oleh orang tuamu, opini dari orang lain akan membuat mereka berpikir bahwa pilihanmu sebenarnya tidak seburuk itu.

6. Tunjukkan website atau informasi online tentang perusahaan-perusahaan yang kamu incar.
Jika orangtuamu masih belum yakin, bagikan tautan website karir yang memuat informasi mengenai pilihan kariermu serta perusahaan-perusahaan secara lengkap dan jelas. Mungkin saja dengan membaca langsung informasi tersebut, mereka mendapat sudut pandang baru. Tunjukkan informasi yang lengkap tentang industri, budaya perusahaan, hingga testimoni karyawan di perusahaan tersebut.

7. Carilah waktu yang pas dan suasana yang kondusif untuk bicara kepada orangtua.
Terkadang, bukan kamu yang kurang meyakinkan, hanya saja orang tuamu sedang tidak dalam kondisi tepat untuk menyerap informasi. Jangan bicara kepada orangtua mengenai masalah serius seperti rencana masa depanmu, saat mereka sedang lelah atau sedang sibuk dengan hal lain. Timing is important!

Nah tujuh cara ini dipastikan membuat orangtua lebih paham dan akan memuluskan langkah menuju karier impianmu!

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s