Hastag Campus

7 Kenyataan Hidup yang Kudu Fresh Graduate Tahu Sebelum Cari Kerja

Lulus kuliah dan mulai cari kerja memang hal yang sangat bikin antusias. Kamu pasti gak sabar untuk merasakan bagaimana rasanya kerja dan menghasilkan uang untuk dirimu sendiri. Tapi, kesenanganmu jangan sampai melebihi kesiapanmu. Kamu harus siap kerja dulu sebelum kamu cari kerja.

Buat kamu fresh graduate, di bawah ini adalah 7 hal yang wajib kamu tahu sebelum cari kerja. Kalau kamu sudah paham semua hal ini, silakan kamu cari kerja. Itu artinya kamu memang sudah siap masuk ke dunia baru dalam hidupmu.

1. Perkerjaan pertama bukan berarti pekerjaan impianmu.
Pekerjaan pertama yang kamu dapatkan belum tentu pekerjaan impianmu. Beberapa orang malah harus berkali-kali pindah tempat kerja sampai dia menemukan yang dia inginkan. Jadi, kalau kamu merasa pekerjaan pertamamu tidak membuatmu nyaman, sebaiknya kamu bertahan dulu untuk dapat ilmu dan pengalamannya.

Baca juga: 5 Referensi Kampus untuk yang Tertarik Lanjut S2 di Jurusan Politik

2. Ada perbedaan generasi yang akan membuatmu tidak nyaman di awal.
Berbeda dengan kuliah yang semuanya seumuran, kamu akan menemui banyak generasi berbeda saat kamu bekerja. Bahkan, kamu akan menemui orang-orang yang usianya jauh di atasmu. Ambil ini sebagai pengalaman. Bagaimana kamu harus bersikap, kamu sudah harus siap.

3. Manajemen waktu adalah prioritas.
Kebanyakan perusahaan akan menilai apakah kamu memiliki manajemen waktu yang baik atau tidak. Kalau iya, maka kamu akan mendapat nilai tambahan karena manajemen waktu adalah prioritas. Saat kamu bisa mengatur waktumu dengan baik, maka kamu juga bisa mengerjakan pekerjaanmu dengan cepat dan tepat.

4. Pergaulanmu akan langsung berubah.
Yang tadinya anak kuliahan, sekarang setelah bekerja kamu akan menemui banyak orang baru yang akhirnya membuatmu bergaul dengan mereka. Cara berpikirmu juga akan berubah semakin dewasa. Teman kantormu akan mengajarkanmu banyak pengalaman karena mereka sudah punya banyak pengalaman.

Baca juga: Punya Rencana Kuliah Sambil Kerja? Persiapkan Dulu 8 Bekal Ini

5. Budaya perusahaan yang buruk bisa menghancurkanmu.
Kamu harus mempersiapkan mentalmu. Dunia kerja sama sekali berbeda dengan saat kamu sekolah dulu. Persiapkan mentalmu sebaik mungkin sebelum kamu benar-benar bekerja atau kamu akan ciut dan tidak siap.

6. Jangan cepat puas.
Sekalipun kamu sudah mendapat pekerjaan, jangan dulu puas dengan apa yang kamu dapatkan. Cepat puas akan membuat kamu berhenti belajar. Tapi saat kamu merasa kosong, kamu akan mengisinya dengan banyak ilmu.

7. Kantongi kesabaran dan ketekunan.
Jangan dulu bekerja kalau kamu belum memiliki dua hal ini. Bekerja itu bukan mainan. Kamu tidak bisa pergi saat kamu bosan atau berhenti saat kamu lelah. Hanya kamu yang sabar dan tekun yang bisa bertahan.

Jika kamu sudah paham akan semua hal di atas, itu artinya kamu sudah siap bekerja. Ingat, bekerja itu bukan kuliah. Kamu akan memiliki tanggung jawab yang tidak akan pernah kamu rasakan sebelumnya. Jadi, siap-siap memasuki dunia yang baru! Semangat, ya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star