Hastag Campus

7 Tips Produktif Buat Kamu yang Masih Nganggur Pasca Sarjana

Setelah lulus kuliah, kamu pasti bakal merasakan momen menyenangkan karena sudah lepas dari masa skripsi yang menyiksa. Alangkah baiknya kamu menggunakan waktumu untuk banyak istirahat dan memuaskan masa istirahatmu yang sempat tertunda. Tapi, jangan lupa kalau kamu butuh cari kerja demi masa depanmu nanti.

Karena cari kerja tidak segampang yang orang bilang, makanya buat kamu yang masih nganggur pasca sarjana, sebaiknya mengikuti 7 tips di bawah ini. Kamu bisa menghabiskan harimu menjadi lebih menyenangkan dan jauh dari kata membosankan. Menunggu panggilan kerja gak bakalan stres deh!

1. Jika belum dapat panggilan kerja, kerja part time saja.
Kamu bisa mencari pengalaman sambil mengisi waktu jika kamu belum dapat panggilan kerja. Selain itu, kamu juga bisa mendapat banyak teman baru di pekerjaan part time mu. Karena masih paruh waktu, jadi kamu bisa menggunakan banyak waktumu untuk melakukan hal lain yang kamu sukai.

Baca juga: 5 Alasan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Wajib Belajar Skill Multimedia

2. Sambil menunggu panggilan, lebih baik mulai belajar hobi baru.
Perdalam hobi yang kamu suka, atau pelajari hobi baru. Kamu bisa mencoba hal-hal yang belum pernah kamu bisa. Panggil guru privat atau belajar bersama temanmu yang juga belum dapat kerja. Ini berguna untuk menambah bakat dalam surat lamaranmu. Membuktikan bahwa kamu itu kreatif dan juga inovatif.

3. Pergi ke rumah nenek juga merupakan pilihan menarik.
Setelah lama sibuk dengan rutinitas, tidak ada salahnya kamu pergi ke rumah nenek untuk sekadar menyapanya. Menginap di rumahnya beberapa hari juga tidak ada salahnya. Asal kamu bisa mengatur waktu dan tidak ada kegiatan, mendekatkan diri dengan keluarga adalah hal yang baik.

4. Jadi sukarelawan di acara amal juga bisa membuatmu lebih bersyukur walau belum dapat kerja.
Jangan menggerutu saat kamu belum dapat kerja. Lebih baik kamu jadi sukarelawan untuk amal saja biar kamu bisa lebih bersyukur. Saat kamu menunggu panggilan kerja, ada orang lain yang menunggu bantuan orang lain untuk makan.

Baca juga: 5 Alasan Mutlak Proses Magang itu Penting untuk Jenjang Karier

5. Daripada nganggur, habiskan waktu dengan dirimu sendiri saja.
Dengan melakukan apapun yang kamu suka, jalan-jalan ke tempat yang belum sempat kamu kunjungi dan cipatakan momen-momen tak terlupakan mumpung kamu masih punya banyak waktu bersantai. Nanti saat sudah kerja, biar kamu bisa fokus dengan kerjaanmu karena sudah puas jalan-jalan.

6. Pergi ke festival musik juga merupakan hal seru untuk dilakukan.
Jika kamu termasuk sosok yang suka pergi ke acara musik, pergi ke fetival musik yang sedang diadakan di kotamu adalah hal yang menarik. Kalau kamu tidak suka, kamu bisa mencoba pergi ke museum atau pagelaran seni. Apapun lah yang membuatmu senang.

7. Masuk jadi anggota komunitas sesuai bidangmu.
Cari tahu lewat media sosial. Komunitas mana yang cocok dengan bidangmu dan daftar saja langsung jadi anggota. Kamu pasti bakal dapatkan banyak pengalaman yang belum pernah kamu dapatkan sebelumnya. Kamu juga bisa punya banyak teman baru. Pasti seru!

Kamu bisa menggunakan 7 tips di atas selama kamu masih nganggur pasca sarjana. Ingat, pekerjaan adalah tentang rezeki dan rezeki sudah ada yang mengatur. Kalau memang itu rezekimu, itu tidak akan jauh-jauh darimu. Tetap berdoa dan berusaha biar kamu dapatkan pekerjaan yang kamu inginkan, ya!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star