Hastag Campus

Dear Mahasiswa, Inilah 4 Keuntungan Kalau Kamu Rajin Menulis!

Beberapa orang menganggap bahwa menulis merupakan kegiatan yang membosankan. Bagi seorang penulis sendiri, menjaga konsistensi untuk terus menulis juga bukan hal yang mudah. Namun, banyak orang berhasil terkenal dari menulis, contohnya Raditya Dika, Pidi Baiq, Andrea Hirata, dan Dewi Lestari. Mereka semua mangawali karir di menulis.

Selain namanya dikenal karena tulisannya dibaca banyak orang, banyak manfaat yang bisa kalian dapatkan dari kegiatan menulis, terutama buat kalian mahasiswa yang kerap berkutat dengan kegiatan perkuliahan. Mau tahu apa aja keuntungannya? Check this out!

Baca juga: 5 Buku Bagus untuk Melatih Pemikiranmu, Recommended Banget!

1. Melatih untuk berpikir kreatif
Selain menggunakan tangan, menulis tentulah juga membutuhkan otak untuk berfikir. Ketika kamu sedang menulis, otakmu otomatis perlu berpikir apa yang akan ditulis dan bagaimana menyampaikannya dengan baik. Dari situlah dibutuhkan pemikiran yang kreatif dan sistematis. Hal ini juga bermanfaat dalam kegiatan perkuliahan, seperti memecahkan berbagai masalah dalam diskusi, mengerjakan tugas, membuat skripsi, dan lain-lain.

2. Melatih kecepatan mengetik
Jika kamu kerap menulis menggunakan laptop atau komputer, kemampuan mengetikmu akan terasah. Sebelumnya mungkin kamu mengetik hanya menggunakan satu jari dan kesulitan mencari tombol huruf di keyboard. Tapi ketika terbiasa menulis, jemari otomatis mampu menghapal posisi huruf-huruf tersebut. Kemampuan ini sangat dibutuhkan dalam kegiatan kuliah. Ketika kamu diberi tugas yang butuh kemampuan mengetik, kamu akan cepat mengerjakannya.

Baca juga: Ini 6 Buku Wajib Buat Kamu yang Mau Tes CPNS, Biar Lancar!

3. Wawasan lebih luas
Ketika kamu menulis, selain dapat ide dari pikiran sendiri, kamu juga bisa mendapatkan ide dari artikel-artikel dari berbagai sumber. Contohnya jika kamu ingin menulis tentang olahraga, kamu pasti akan membaca artikel tentang olahraga agar punya lebih banyak wawasan sebagai bahan tulisan. Jika kamu ingin menulis tentang hal yang viral, kamu perlu lebih up to date dari orang lain. Hal ini sangat dibutuhkan dalam kuliah, jika kamu mengobrol dengan orang lain kamu tidak akan kehabisan bahan obrolan seperti orang yang baru kamu kenal, dosen, dekan, bahkan rektor, dan ini menjadi peluang untuk mendapat relasi dalam bekerja nanti.

4. Bisa jadi sumber penghasilan
Untuk kamu mahasiwa berkantong tipis, kamu bisa mendapatkan tambahan uang saku dari menulis. Banyak situs-situs online yang bisa menampung tulisanmu dan dibayar. Semakin banyak kamu menulis semakin banyak juga pundi-pundi uang yang kamu dapatkan.

Demikianlah keuntungan rajin menulis bagi mahasiswa. Masih malas menulis?

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star