Hastag Campus

9 Perbedaan Kuliah dan Kerja yang Kamu Perlu Ketahui

Seringkali ketika kamu dalam masa kuliah, kamu membayangkan betapa enaknya ketika kamu sudah kerja nanti. Membayangkan punya penghasilan sendiri, bebas dari tugas dan ujian, serta bebas menentukan pengeluaranmu sendiri pasti membuat kamu ingin cepat-cepat kerja. Kenyataannya ketika kamu sudah kerja seringkali kamu berharap dapat kembali ke masa-masa kuliah dulu. Kenapa? Berikut perbedaan kuliah dan kerja yang perlu kamu ketahui:

1. Bertanya kalau belum paham Vs. Kamu harus paham
Kuliah: Ketika kamu kuliah, dosen akan menjelaskan ketika kamu tidak tahu bahkan kamu dapat bertanya lebih lanjut apabila kamu masih kurang paham.

Kerja: Kamu dituntut untuk menguasai pekerjaanmu, kalau kamu tidak paham kamu cenderung akan dianggap kurang kompeten. Mau ga mau kamu berusaha mencari tahu sendiri dan mempelajarinya sendiri.

Selagi kamu masih kuliah bertanyalah sebanyak mungkin, jangan malu bertanya karena masa kuliah adalah kesempatanmu untuk dapat bertanya tanpa ada yang menganggapmu kurang kompeten.

Baca juga: 6 Tips Ini Bisa Bantu Lewati Quarter Life Crisis Buat Millenial

2. Selalu ada teman yang mengajari Vs. Banyaknya persaingan untuk naik jabatan
Kuliah: Kamu tidak menguasai materi ujian? Temanmu akan ada untuk membantumu dalam memahaminya. Bahkan ketika kamu tidak dapat mengerjakan tugasmu temanmu akan dengan senang hati meminjamkan tugasnya tanpa takut nilaimu lebih tinggi dari nilainya.

Kerja: Ketika kamu masih melamar pekerjaan pun kamu sudah bersaing dengan pelamar-pelamar lainnya. Ketika kamu mulai kerja persaingan sesungguhnya mulai terjadi. Setiap orang akan berlomba-lomba untuk mencapai targetnya dan mengejar kenaikan jabatan.

Berterima kasihlah dengan temanmu yang rela mengajarimu atau bahkan meminjamimu tugasnya, tapi dari kuliah kamu sudah harus belajar mandiri jangan terus bergantung dengan temanmu. Karena kalau kamu terlalu bergantung dengan temanmu kamu akan sulit untuk bertahan dalam dunia kerja. Mandiri bukan berarti tidak mau berbagi ilmu, ya.

3. Cuek terhadap penampilan Vs. Penampilanmu termasuk penilaian
Kuliah: Kamu bisa saja ke kampus dengan wajah baru bangun tidur, pakai kaos oblong, celana jeans sobek-sobek, dan sandal jepit. Walaupun kadang-kadang sering ditegur dosen dengan penampilanmu, tapi kamu tetap cuek dengan penampilanmu apalagi kalau kamu bangun kesiangan. Siapa yang suka gitu hayoo?

Kerja: Kamu dituntut untuk berpenampilan rapi dan sopan tidak peduli seberapa buru-buru kamu. Kalau kamu berani berpenampilan cuek kamu bisa kena surat peringatan lho. Walaupun sekarang banyak kantor yang memperbolehkan karyawannya berpenampilan non-formal, sebagian besar kantor masih mewajibkan karyawannya untuk berpenampilan formal.

Di akhir kuliah ada baiknya kamu mulai membeli beberapa atasan dan bawahan formal. Jadi, ketika kamu mulai kerja nanti kamu sudah memiliki pakaian kerja.

4. Bolos kelas Vs. Tidak masuk kerja
Kuliah: Kamu bangun kesiangan atau kamu malas kelas, kamu bisa saja bolos kelas. Selama jatah absen kamu masih ada tidak akan ada yang mempermasalahkanmu ketika tidak masuk kelas.

Kerja: Kamu harus memberikan alasan yang jelas ketika kamu tidak masuk kerja. Bisa saja gajimu dipotong jika tidak masuk belum lagi pekerjaan yang menumpuk di keesokan harinya.

Usahakan tidak bolos kelas semalas apapun kamu, walaupun tidak akan ada yang menegurmu ketika kamu tidak masuk kelas kamu akan merasakan akibatnya sendiri. Ketinggalan pelajaran atau kalau tiba-tiba ada quiz mendadak bisa jadi risikomu.

Baca juga: 5 Mitos dan Fakta Tentang Jurusan Hukum yang Perlu Kamu Tahu

5. Cabut kelas Vs. Lembur kerja
Kuliah: Bosen di dalam kelas kamu bisa saja meninggalkan kelas. Apalagi kalau dosenmu cuek, kamu pasti sering cabut kelas.

Kerja: Kamu dituntut untuk menyelesaikan pekerjaanmu sebosan apapun kamu. Tak jarang kamu harus lembur hingga larut demi menuntaskan pekerjaanmu.

Belajarlah untuk bertanggung jawab terhadap kewajibanmu, kamulah yang harus mengendalikan rasa malas dan bosanmu bukannya sebaliknya.

6. Sesuatu yang baru Vs. Rutinitas
Kuliah: Ketika kamu kuliah segala sesuatunya adalah hal yang baru, tiap semester pun akan dimulai dengan sesuatu yang baru. Materi-materi kuliah pun berganti-ganti tergantung dengan mata kuliahnya.

Kerja: Ketika kamu kerja kamu melakukan rutinitas yang berulang kali setiap harinya. Walaupun ada hal baru yang dapat kamu pelajari, sebagian besar merupakan rutinitas.

Jangan jadikan bosan sebagai alasanmu untuk bolos kuliah ataupun tidak melanjutkan kuliahmu, karena kamu akan lebih bosan ketika bekerja.

7. Weekend jalan-jalan Vs. Weekend istirahat
Kuliah: Ketika weekdays kamu sudah merencanakan weekend akan kemana. Pantas saja weekend menjadi hari yang selalu kamu tunggu-tunggu.

Kerja: Weekend kamu lebih memilih untuk beristirahat setelah bekerja keras dalam weekdays. Walaupun begitu weekend tetaplah hari yang selalu kamu tunggu-tunggu

Manfaatkan waktumu selagi kamu masih ada waktu. Puaskan weekend mu di masa mudamu selagi kamu masih bisa menikmatinya.

8. Libur lama Vs. Libur sesuai kalender
Kuliah: Libur semesteran yang lama banget, sudah pasti kamu tunggu-tunggu setiap tahunnya. Buat kamu yang kuliahnya merantau, kamu manfaatkan libur yang lama untuk melepas rindu dengan keluarga.

Kerja: Selamat tinggal libur panjang, ketika kamu bekerja kamu hanya mendapat libur sesuai kalender saja. Buat kamu yang kerjanya merantau, kamu harus menerima resiko hanya bertemu keluargamu sebentar setiap tahunnya.

Selagi kamu masih kuliah, nikmatilah liburan panjangmu dan manfaatkanlah liburanmu dengan sesuatu yang bermanfaat.

9. Minta orang tua Vs. Mengatur pengeluaranmu
Kuliah: Uang sakumu sudah habis di tengah-tengah bulan, kamu bisa menelepon orang tuamu dan meminta bantuan orang tuamu untuk mengirimimu uang lagi.

Kerja: Kamu harus pandai-pandai mengatur pengeluaranmu agar cukup sampai akhir bulan nanti. Malu rasanya ketika kamu sudah bekerja dan menelepon minta uang ke orang tuamu.

Belajarlah untuk mulai mengatur pengeluaranmu selagi kamu masih kuliah. Gunakanlah uang sakumu secara bijaksana, dan sisihkan sedikit untuk kamu tabung.

Gimana? Sudah siap untuk kerja, guys? Semangat, ya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star