Hastag Campus

Ini Nih 5 Prospek Kerja Mahasiswa Jurusan Akuntansi yang Bisa Dicoba Saat Lulus Nanti

Masuk jurusan Akuntansi tapi karena disuruh orang tua atau ikut-ikutan temen karena banyak yang pilih Akuntansi saat SNMPTN kadang buat kalian galau. Bingung nanti susah atau tidak bisa mengikuti pelajaran atau pertanyaan yang paling umum nanti kerjanya seperti apa.

Wajar saja jika hal tersebut kalian rasakan karena memang sebagian besar mahasiswa yang memilih jurusan untuk kuliah masih bingung dengan prospek kerjanya dimasa depan.

Jadi jika kalian saat ini telah masuk jurusan Akuntansi tapi belum tahu apa saja prospek kerja saat telah lulus nanti. Berikut 5 prospek kerja jurusan Akuntansi yang bisa kalian pilih.

Baca juga: 7 Cara Mencintai Pekerjaan yang Bukan Passionmu

1. Buka Usahamu Sendiri Dengan Menjadi Wirausaha Muda
Lulusan Akuntansi memiliki potensi untuk membuka lapangan pekerjaan yang baru untuk banyak orang. Hal ini dikarenakan banyak mata kuliah yang mereka pelajari dapat diterapkan dalam pengembangkan bisnis.

Sebagai contohnya pangantar bisnis, pengantar manajemen dan komunikasi bisnis merupakan beberapa mata kuliah yang mangajarkan tata cara pengelolaan sebuah organisasi usaha, strategi dalam menjalankan bisnis, dan cara kita melakukan promosi usaha.

Belum lagi kemampuan mereka dalam hal pembukuan, membuat bisnis yang mereka jalankan dapat tercatat dengan baik berkat keterampilan yang mereka miliki.

2. Internal Auditor Cocok untuk Kamu yang Jujur dan Punya Integritas
Prospek kerja yang bisa kalian coba setelah lulus adalah menjadi seorang internal auditor di sebuah perusahaan. Hampir semua perusahaan membutuhkan peran internal auditor yang bertugas untuk memeriksa apakah usaha yang dilakukan telah dilakukan secara efisien atau terdapat penyimpangan di laporan keuangan perusahaan.

Jadi, jika kalian berminat masuk kedalam profesi ini kejujuran dan integritas moral harus anda junjung tinggi-tinggi. Kalau tidak demikian, kalian akan membiarkan banyak penyimpangan yang terjadi diperusahaan.

Baca juga: IPK Lebih dari 3 Tidak Akan Menjamin Kesuksesanmu di Dunia Kerja, Lho!

3. Kantor Akuntan Publik akan Menempa Kalian Menjadi Akuntan Sejati
Prospek kerja yang selanjutnya adalah menjadi akuntan independen yang bekerja sebagai akuntan publik diluar perusahaan.Akuntan publik artinya anda sebagai pihak yang bertugas melakukan audit atau aktivitas akuntansi lainnya dengan tidak terikat oleh sebuah perusahaan.

Tugas kalian selaku akuntan publik adalah memeriksa kelayakan operasi perusahaan dan opini yang kalian sampaikan dinilai dapat lebih netral dibandingkan dengan internal auditor yang bekerja pada perusahaan.

Agar dapat bekerja menjadi akuntan publik, kalian setelah lulus harus melamar kerja di Kantor Akuntan Publik yang banyak tersebar di Kota-Kota Besar. Hal yang lebih menggembirakannya lagi adalah banyak KAP yang mau merekrut tenaga freshgraduates seperti kalian. Jadi, tunggu apa lagi?

4. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia Bisa Menjadi Tempat Kerja Kalian
Prospek kerja yang selanjutnya adalah kalian bisa bekerja di salah satu instansi milik pemerintah seperti OJK dan BI.

Bukan cuma prestise yang bisa kalian dapatkan jika berhasil masuk ke dalam dua instansi diatas. Tapi, juga gaji yang lebih dari rata-rata gaji seorang freshgraduates.

Sudah ada incaran untuk bekerja disana? Kalo iya siapkan dari sekarang ya dengan cara mengikuti pelatihan bahasa inggris, aktif dalam organisasi, dan hardskill yang mumpuni.

5. Hobi Merencanakan Keuangan, Profesi Perencana Keuangan Bisa Kalian Coba
Prospek kerja yang terakhir yang bisa kalian dapatkan jika masuk kedalam jurusan akuntansi adalah dengan menjadi seorang perencana keuangan.

Tugas seorang perencana keuangan adalah mereka akan memberi saran pengelolaan keuangan kepada masyarakat yang kesulitan mengatur pendapatannya.

Namun, agar jasa mu lebih menarik banyak orang dan dipercaya oleh masyarakat. Selesai kuliah kalian harus segera mengambil sertifikasi perencanaan keuangan atau yang biasa disebut dengan Certified Financial Planner (CFP)

Itulah berbagai profesi yang bisa kalian tekuni selepas masa kuliah nantinya. Jadi, persiapkan dari sekarang untuk menggapai kesuksesan kalian dimasa depan.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star