Hastag Campus

5 Tips Bekerja Biar Bisa Naik dari ‘Anak Magang’ Jadi ‘Anak Tetap’

Menjadi seorang karyawan tetap merupakaan impian buat kamu yang masih berstatus sebagai anak magang atau intern di suatu perusahaan. Gaji dan jaminan fasilitas yang diberikan perusahaan pasti berbeda jika kamu bisa menjadi karyawan tetap. Untuk menjadi karyawan tetap kamu harus bisa lulus dari masa percobaan.

Saat menjadi anak magang atau intern, ini merupakan suatu kesempatan yang baik dan penting untuk kamu menunjukkan kualitas yang kamu miliki untuk bisa diterima menjadi pegawai tetap. Tidak sedikit orang yang berhenti ditengah jalan karena masa percobaan yang gagal.

Banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan perjalanan karir seseorang terhenti dan gagal melewati masa intern. Yang paling banyak terjadi adalah kurangnya kualitas dan kompetensi yang dimiliki sewaktu masih berstatus intern. Jika kamu mau merubah status intern kamu menjadi pegawai tetap, ikuti berberapa tips dibawah ini agar kamu bisa cepat diangkat jadi pegawai tetap.

1. Tingkatkan kualitas pribadi yang kamu miliki
Memiliki kualitas pribadi yang baik akan membuat kamu lebih menonjol dibandingkan dengan anak magang yang lain, selain itu juga akan membuat kamu lebih mudah diingat. Perusahaan akan senang jika kamu memiliki pribadi yang baik, terlebih lagi apabila kamu selalu disiplin dan sangat menghargai waktu.

Baca juga: 5 Jurus Lulus Psikotes yang Bikin HRD Pilih Kamu daripada Orang Lain

Kamu juga harus mempunyai sikap yang ramah dan penuh dengan percaya diri. Jika kamu memiliki hubungan yang baik dengan karyawan atau atasan di suatu perusahaan, itu akan lebih diminati oleh perusahaan. Hal ini karena perusahaan menilai kamu memiliki tingkat komunikasi dan kemampuan beradaptasi yang tinggi.

2. Bersikaplah lebih profesional
Kamu harus bisa membedakan mana urusan pribadi dan mana urusan pekerjaan, jangan dicampur adukkan. Jangan pernah membawa masalah pribadi kamu kedalam pekerjaan, kamu harus lebih fokus kepada urusan pekerjaan kamu dan tunjukkan performa yang kamu miliki.

Kamu harus bisa menjaga sikap dan perkataan kamu. Hal ini karena kamu masih berstatus intern. Perhatikan setiap momen ketika kamu bersikap atau berbicara, jangan sampai kamu berbuat kesalahan, apalagi berbohong.

3. Kenali lebih dalam lagi perusahaan tempat bekerja kamu
Biar kamu lebih di sukai oleh perusahaan, kamu harus mengetahui visi dan misi perusahaan, para kompetitor perusahaan, serta sejarah dan rekam jejak perusahaan tempat kamu bekerja. Kamu juga harus bisa memahami budaya perusahaan, mulai dari cara berpakaian hingga berbicara antara pegawai lainnya.

Carilah informasi perusahaan lebih dalam lagi, sehingga kamu bisa tahu bagaimana politik dan sistem perusahaan tempat kamu bekerja itu berjalan. Hal tersebut bisa membantu kamu untuk mengetahui apa yang bisa kamu lakukan dan tidak bisa kamu lakukan pada perusahaan. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari kesalahan-kesalahan.

Baca juga: Berbeda Pendapat Dengan Orang Tua Dalam Memilih Jurusan? Pahami 6 Tips Ini

4. Manfaatkan semua kesempatan yang ada
Masa magang merupakan suatu proses dimana kamu bisa belajar banyak tentang segala sesuatunya, seperti bagaimana situasi tempat bekerja, siapa saja nama-nama atasan, sampai pembelajaran tentang pengoperasian mesin atau teknologi.

Selagi jadi anak magang, ambillah seluruh tugas yang diberikan. Jika merasa tidak tahu, jangan ragu untuk bertanya. Disini kamu harus menunjukkan bahwa kamu memiliki kompeten di segala bidang. Tapi berhati-hatilah pada setiap tugas yang kamu ambil, terutama pada tugas yang kurang dapat menunjukkan kualitas diri kamu. Karena hasil dari pekerjaan kamu akan dinilai bagus apabila kualitas pekerjaan tersebut juga bagus. Jadi berhati-hatilah.

5. Jadikan pengalaman kamu sebagai guru terbaik
Pengalaman yang kamu dapat harus kamu jadikan pembelajaran untuk kedepannya. Jika kamu pernah melakukan kesalahan, usahakan jangan sampai terulang lagi. Yang terpenting disini adalah jangan pernah menyerah dan teruslah belajar untuk meningkatkan kemampuan kamu.

Melalui pengalaman yang kamu dapatkan sewaktu masih magang, kamu bisa memahami kemampuan dan batas diri kamu, dan kamu bisa meningkatkan kualitas diri kamu ke arah yang lebih baik lagi. Pengalaman-pengalaman tersebut akan membuat etos kerja kamu lebih baik dan membuat kamu lebih disiplin. Dengan begitu kamu akan mudah mendapatkan posisi pekerjaan yang kamu inginkan di dalam perusahaan.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star