5 Alasan Mutlak Proses Magang itu Penting untuk Jenjang Karier

Saat ini, hampir semua jurusan di universitas mengharuskan mahasiswanya untuk menjalankan program magang sebelum beranjak ke dunia kerja. Tempat magang yang dipilih pun sesuai dengan skill atau kemampuan mahasiswa masing-masing.

Nah, banyak yang mengatakan bahwa proses magang adalah hanya sekedar melengkapi nilai saja. Alih-alih serius dalam mengejar program magang, kebanyakan mahasiswa Indonesia melewatkan progam magang dengan malas-malasan dan mengerjakan seadanya saja.

Usut punya usut, ternyata program magang itu penting lho? Kenapa ya kira-kira? Berikut ini adalah lima ulasannya, check it out!

1. Program magang satu-satunya langkah menuju dunia kerja sesungguhnya
Saat kamu memilih tempat magang, pasti kamu memilih perusahaan yang bagus dan pastinya perusahaan yang akan kamu tapaki nanti setelah lulus kuliah. Karena kamu sudah memilih tempat terbaik, maka kamu tidak boleh melewatkan kesempatan emas untuk menggali ilmu sebanyak mungkin dari rekan kerja dan sistem di perusahaan.

Karena tujuan proses magang bukan menyiksa, namun memberikan pengenalan akan dunia kerja sesungguhnya. Jika di kelas kuliah kamu hanya memperoleh teori dan contoh, di dunia magang kamu akan dibekali banyak praktek.

Baca juga: IPK Lebih dari 3 Tidak Akan Menjamin Kesuksesanmu di Dunia Kerja, Lho!

2. Mengenal ketidaksesuaian antara teori dan praktek
Banyak diantara mahasiswa yang menjalani proses magang mengalami keanehan dan bahkan kekesalan karena tidak sesuainya teori yang diajarkan dengan praktek yang terjadi. Hal ini terjadi semata-mata bukan karena teorinya yang salah, tapi karena perubahan zaman membawa ‘hawa baru’ juga pada budaya dan cara bekerja di sebuah perusahaan.

Nah, hal inilah yang wajib kamu pelajari di proses magang, karena hal ini pun tidak kamu dapatkan di bangku kuliah. Mengapa ini penting? Untuk kamu belajar tentang fleksibilitas dan bagaimana nantinya kamu mengatur diri setelah masuk dunia kerja. Pengalaman ini pun mahal harganya lho!

3. Bertemu para profesional yang ahli di bidangnya
Kesempatan emas konon tidak akan datang dua kali, maka kamu wajib mengambilnya. Salah satu tips memilih tempat magang adalah memilih perusahaan dengan reputasi baik dan memiliki manajemen yang baik pula.

Maka, ketika kamu masuk dalam perusahaan ini kamu akan banyak bertemu orang hebat di dalamnya. Bukan karena mereka seorang publik figur, namun mereka yang ahli dalam bidangnya masing-masing.

Gunakan kesempatan ini untuk kamu mencuri ilmu sebanyak mungkin, walaupun itu bukan bidang yang kamu sukai, tetapi gunakan itu sebagai bekal kamu membangun sebuah perusahaan baru di masa depan.

Baca juga: 5 Buku Bagus untuk Melatih Pemikiranmu, Recommended Banget!

4. Ajang pembuktian diri bahwa kamu memiliki kualitas
Magang selama tiga atau enam bulan di sebuah perusahaan bukan waktu yang lama. Jika kamu melakukannya dengan hati dan kerja keras, maka waktu pun akan terus berjalan cepat.

Nah, sembari kamu mempelajari banyak hal baru, gunakan kesempatan magang sebagai ajang pembuktian diri bahwa kamu adalah salah satu mahasiswa yang patut diandalkan. Sehingga, perusahaan tidak salah memilihmu.

Tujuannya untuk apa? Agar nanti ketika kamu sudah lulus kuliah, kamu mudah untuk mencari jaringan menuju dunia kerja, karena kamu sudah memiliki track record baik di perusahaan.

5. Gerbang menuju hidup mandiri
Jika kamu menuju perusahaan yang memiliki reputasi baik, biasanya perusahaan tersebut berlokasi di kota besar dan memaksa kamu untuk merantau sejenak. Nah, jika kamu memilih jalan ini, tentunya kamu harus siap untuk jauh dari orang tua dan hidup mandiri.

Gak perlu menganggap ini sebagai sebuah kendala. Namun berpikirlah bagaimana kamu mengatasi segala tantangan guna siap menghadapi dunia kerja yang menuntut kamu untuk mengerjakan segalanya seorang diri.

Hore, apakah kamu sudah siap menapaki dunia magang? Semangat ya!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s