Punya Rencana Kuliah Sambil Kerja? Persiapkan Dulu 8 Bekal Ini

Kuliah sambil kerja itu sama dengan membagi waktu dan konsentrasi pada dua hal yang berbeda. Banyak orang beranggapan kuliah sambil kerja itu terkesan sangat berat, dan melelahkan untuk dijalani.

Sehingga tidak banyak yang benar-benar berani melakukan ini. Mungkin memang cuma orang-orang hebat dan bermental baja saja yang mampu.

Meski terkesan berat, sebenarnya kuliah sambil kerja bisa lancar dijalankan. Asal kamu mempersiapkan dulu delapan bekal berikut ini!

1. Restu Dari Orangtua
Pastikan orangtua dan keluarga setuju dengan keputusanmu untuk kuliah sambil kerja. Sehingga mereka nanti bisa memaklumi kesibukan yang kamu kerjakan setiap harinya.

Baca juga: Perhatikan 5 Tips Ini Kalau Kamu Berniat Mengirim Pesan ke Dosen

2. Manajemen Waktu
Kamu bisa sukses menjalankan kesibukan kuliah sambil kerja dengan lancar, jika kamu pandai mengatur waktunya secara baik. Tentukan dulu, apakah kamu mau kuliah di pagi hari dan bekerja di malam hari, atau sebaliknya.

3. Kedisplinan
Kamu harus bisa disiplin dalam menjalankan kesibukanmu nanti. Jangan jadikan lelah usai kerja sebagai alasan untuk malas pergi ke kampus, dan begitupun sebaliknya.

4. Selalu Tekun Melakukan yang Terbaik
Selain disiplin, ketekunan juga diperlukan. Saat kerja, lakukan pekerjaanmu secara sungguh-sungguh, dan saat kuliah, fokuslah dengan hal-hal yang kamu pelajari di perkuliahan.

5. Pola Hidup Sehat
Kesibukan kuliah sambil kerja sudah pasti melelahkan untuk dijalani. Supaya lancar menjalankan kesibukan super padat ini, kamu harus menerapkan pola hidup sehat.

Atur jadwal makanmu tepat waktu. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan bergizi dan vitamin, serta selalu luangkan waktu untuk istirahat.

Baca juga: 6 Cara Menjaga Konsistensi Passionmu, Yuk Semangat!

6. Tempat Kerja yang Memaklumi Kesibukanmu
Pilihlah tempat kerja yang mampu memaklumi kewajibanmu untuk menempuh pendidikan. Biasanya, kantor seperti ini akan memberikan dukungan berupa pemakluman ketika kamu terpaksa izin datang terlambat atau cuti karena adanya kesibukan kuliah.

Dukungan ini juga merupakan bentuk kepercayaan. Jadi jangan sampai kamu salahgunakan.

7. Pengorbanan untuk Waktu Bersenang-senang
Sibuk kuliah sambil kerja akan menguras hampir semua waktumu. Karena itu, kamu harus rela jika nantinya kamu berbeda dari teman-temanmu, yang selalu memiliki waktu luang untuk bersenang-senang.

8. Target
Tentukan juga target atau rencana apa yang akan kamu lakukan setelah lulus kuliah nanti. Apakah mau langsung melamar ke perusahaan yang sesuai dengan jurusanmu, atau membuka usaha sendiri bermodalkan ilmu dari kuliah, serta pengalaman kerja yang sudah kamu punya?

Di tengah perjalanan nanti, ada kalanya kamu akan merasa capek dan bosan karena kesibukanmu yang super padat. Bahkan rasa capek ini bisa saja membuat semangatmu mulai loyo. Nah, dengan adanya target ini, akan bisa memotivasi semangatmu untuk bangkit dan kembali bekerja keras.

Setelah mempersiapkan kelima ‘bekal’ di atas, maka kamu sudah dinyatakan siap untuk terjun ke dunia pendidikan di kampus sekaligus dunia kerja!

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s