Kamu Mahasiswa? Pastikan Kamu Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Lulus

Sebagai mahasiswa, kamu harus mulai merencanakan masa depanmu dari awal tahunmu kuliah karena itu akan sangat membantu kedepannya. Persiapkan dirimu dengan baik sehingga kamu siap untuk menghadapi dunia setelah lulus kuliah. Nah hal apa saja ya yang bisa kamu lakukan untuk dirimu selama kuliah? So, ini dia.

1. Menghadiri konferensi
Menghadiri konferensi akan membuka menggugah sudut pandangmu terkait dengan studi yang kamu tekuni. Biasanya, kamu akan diminta untuk membuat paper ilmiah untuk mengikuti konferensi. Itupun jika kamu ingin presentasi gengs. Tetapi, kamu juga bisa hadir sebagai peserta biasa kok. Selama mengikuti konferensi, kamu akan mendengarkan para ahli bertukar pendapat sesuai dengan hasil pencarian data mereka. Hal ini akan menjadi lebih menarik bila kamu mengikuti International Conference, karena wawasanmu akan semakin luas dan beragam.

Baca juga: 5 Sifat yang Harus Kamu Miliki Sebelum Masuk Dunia Kerja

2. Mengikuti Pertukaran Pelajar
Nah yang kedua, cobalah ikut pertukaran pelajar yang ada dikampus kamu. Pertukaran pelajar ini banyak bentuknya, seperti Cultural Exchange dan Academic Exchange. Kesempatan ini sangat baik bagi kamu untuk menambah pengalaman kebudayaan dan keilmuan guys. Kamu bisa belajar bahasa baru dan budaya baru. Serta, kamu akan menambah kenalan dari penjuru dunia loh! Yang pasti pengalaman ini akan sangat dipertimbangkan saat kamu melamar kerja nanti. So, mulai cari kesempatannya ya!

3. Ikut Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)
Kalian tau PKM? Ya, PKM merupakan singkatan dari Program Kreatifitas Mahasiswa. Kegiatan tahunan ini diadakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI. Ada banyak bidang yang diadukan guys, seperti Karya Tulis Ilmiah, Gagasan Tertulis, Pengabdian Masyarakat, Kewirausahaan, Karya Cipta, Penelitian, dan Tekonologi. Intinya, kamu dan kelompokmu diminta untuk membuat inovasi dalam bidang-bidang yang ada diatas. Bila berhasil, inovasi kamu akan didanai oleh pemerintah untuk direalisasikan gengs. Keren kan? Yang pasti pengalaman ini akan sangat bernilai di masa depan nanti.

Baca juga: 7 Cara Ampuh Lanjut Kuliah S2 Tanpa Membobol Tabungan Orangtua!

4. Memimpin Organisasi
Akademikmu bagus? Pastikan juga kamu bergabung dengan organisasi. Bila ada kesempatan, jangan ragu untuk mengajukan diri menjadi ketua atau pemimpin organisasi ya guys. Kesempatan ini akan mengajarkan kamu banyak hal dan juga meningkatkan kemampuan manajemen kamu, termasuk teamwork dan leadership. Pastinya, pengalaman kamu memimpin organisasi akan menjadi nilai tambah saat kamu lulus nanti.

5. Magang
Siapkan waktumu untuk magang. Kegiatan ini bisa dilakukan saat kamu sedang mengerjakan tugas akhir di tahun ketiga kuliahmu atau disela-sela liburmu. Pastikan tempat magangmu ini sesuai dengan jurusanmu dan karir yang kamu inginkan ya. Pengalaman ini akan sangat berharga karena kamu akan belajar bagaimana dunia pekerjaan yang sesungguhnya. So, mulai cari instansi yang kamu inginkan gengs!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s