Hastag Campus

5 Referensi Kampus untuk yang Tertarik Lanjut S2 di Jurusan Politik

Di Indonesia jurusan sosial dan politik seringkali dipandang sebelah mata oleh banyak orang. Padahal di luar sana, jurusan tersebut merupakan salah satu jurusan elit yang banyak diperebutkan calon mahasiswa. Tentunya, kampus-kampus Ivy League di Amerika Serikat selalu masuk dalam daftar sepuluh besar untuk jurusan tersebut.

Namun, sebenarnya banyak kampus lain yang menawarkan pengalaman belajar dan praktik yang tak kalah menantang. Bagi kamu yang tertarik untuk menimba ilmu di kampus terbaik di luar negeri, khususnya di jurusan sosial politik, bolehlah beberapa kampus non Ivy League berikut jadi incaran.

1. University of Sussex
Terletak di Brighton, Inggris, University of Sussex dikenal sebagai salah satu tujuan banyak mahasiswa politik yang hendak melanjutkan studinya. Jurusan sosial dan politiknya termasuk salah satu yang terbaik di dunia dan lulusannya sudah tersebar di banyak posisi strategis pemerintahan setingkat global dan regional.

Baca juga: Mau Kuliah S2 di Luar Negeri dengan Beasiswa? Persiapkan 10 Hal Ini!

2. Sciences Po
Sciences Po yang terletak di Paris selalu menempati posisi lima besar peringkat dunia untuk jurusan politik dan hubungan internasionalnya. Ia biasanya hanya kalah peringkat dari Harvard dan YALE untuk program studi tersebut. Kampus ini juga memiliki kerjasama dengan Universitas Oxford dan Columbia University untuk program studi politik.

3. International Institute of Social Studies
Kampus ini merupakan bagian dari Erasmus University Rotterdam (EUR) dan memungkinkan siswanya untuk bekerjasama dengan fakultas lain yang ada di EUR. Meski begitu, ISS hanya menyediakan program pascasarjana, baik untuk kamu yang hendak meraih gelar master atau PhD.

Berbeda dengan beberapa jurusan sosial dan politik lainnya, ISS menawarkan program pembelajaran yang kritis. Jadi, kamu bisa menemukan aliran atau teori-teori anti-mainstream seperti paham sosialis yang jarang didiskusikan di kampus-kampus barat lainnya.

Baca juga: Sebelum Lulus Kuliah, Mahasiswa Setidaknya Harus Dapat 6 Hal Ini

4. Australian National University
Sebagai salah satu kampus favorit di Australia, ANU punya banyak program studi andalan. Salah satunya adalah College of Arts and Social Sciences (CASS). Menarik karena jurusan sosial dan politik dijadikan satu dengan jurusan seni, desain, sastra, dan studi kawasan. Buatmu yang suka dengan kemungkinan mengeksplorasi banyak hal selain studi sosial dan politik, ANU bisa jadi pilihan tepat untuk membuka wawasan dan kemungkinan kolaborasi.

5. Carnegie Mellon University
Punya nama yang fancy dan reputasi yang bagus, kampus ini seringkali dikira masuk dalam daftar kampus elit Ivy League di Amerika Serikat. Padahal sebenarnya tidak. Siapa sangka, sebenarnya Carnegie Mellon dimulai dari sebuah sekolah teknik yang didirikan oleh filantropis bernama Andrew Carnegie.

Terus berkembang, tak hanya di bidang ilmu pasti, Carnegie Mellon University dikenal punya banyak pemikir ulung di bidang sosial dan politik. Tak heran jika mereka pun satu grup dengan think tank handal yang bernama Carnegie Endowment for International Peace.

Sudah menjatuhkan pilihan destinasi studimu?

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star