Hastag Campus

5 Hal yang Kamu Rasakan Ketika Baru Merantau

Tinggal di luar kota gak bareng keluarga bukanlah hal yang mudah. Kamu harus terbiasa hidup mandiri dan tidak mengandalkan orangtuamu lagi atau teman-teman yang dulu dekat denganmu.

Kamu harus siap menerima risiko yang ada dan harus melewati segala tantangan yang ada. Apalagi jika kamu baru saja merantau, kelima hal di bawah ini pasti akan kamu rasakan.

1. Belum tau kuliner yang enak di kota tersebut buat kita bingung mau cari makan di mana
Pertama kali merantau kamu pasti bingung mau cari makan di mana. Takut salah pilih makanan, takut harga mahal, dan terasa awkward makan sendiri pasti dirasakan orang yang baru merantau. Namun, seiring berjalannya waktu dan semakin banyak teman kamu pasti bisa memilih tempat makan yang pas.

Baca juga: Bocoran 5 Trik yang Tak Biasa Agar Lulus Ujian Tanpa Ikut Les

2. Belum terbiasa memegang uang banyak membuat kita takut uang bulanan habis duluan
Sebagai anak rantau baru kamu belum terbiasa mengatur keuanganmu sendiri. Wajar bila kamu mengalami hal ini, karena selama ini orangtuamu menanggung semua kebutuhanmu. Apalagi buat kamu yang sering ambil snack atau mungkin barang di pusat perbelanjaan tanpa melihat harganya dulu, kamu pasti akan bingung saat ada di perantauan nanti dan berbelanja hanya sesuai kebutuhanmu.

3. Hal utama yang harus kalian lakukan adalah beradaptasi dengan lingkungan baru
Hal ini harus kamu lakukan agar kamu bisa terbiasa dengan lingkungan yang baru. Beradaptasi dengan budaya, makanan, dan kebiasaan di lingkungan tersebut adalah hal yang baik supaya kamu tidak merasa bosan.

4. Merindukan keluarga meskipun baru pergi dari rumah
Meskipun kamu baru meninggalkan keluargamu, kamu pasti akan merindukan mereka. Momen saat liburan, makan, bahkan pertengkaran kecil dengan kakak atau adik pasti akan kamu rindukan.

Baca juga: 5 Jurus Lulus Psikotes yang Bikin HRD Pilih Kamu daripada Orang Lain

5. Bahagia jika sudah mendapat teman di perantauan
Hal yang paling bahagia pada saat merantau adalah mempunyai banyak teman. Kamu bisa melakukan apapun bersama teman. Apalagi jika kamu mendapat teman sesama anak rantau yang pas denganmu, kamu tidak perlu sendirian lagi dalam mencari makan, jalan-jalan, dan juga belajar.

Ternyata jadi anak rantau pertama kali ada senang dan juga sedihnya ya. Tapi tenang saja masa-masa sedih itu akan berlalu seiring berjalannya waktu. Kamu akan menikmati hidupmu di tanah rantau dan akan sukses di kemudian hari. Jangan bayangkan susahnya saat pertama kali pasti akan terasa berat, tapi jika kamu mempunyai tekad yang kuat kehidupan merantaumu pasti akan berjalan lancar.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star