Hastag Campus

Sebelum Lulus Kuliah, Mahasiswa Setidaknya Harus Dapat 6 Hal Ini

Waktu lagi kuliah, kamu pengen banget cepet-cepet selesai. Tapi sebaliknya, waktu kamu udah lulus, eh tiba-tiba kamu kangen banget buat kuliah lagi. Sering nostalgia waktu zaman dulu emang jadi momen yang paling manis, bahkan terkadang ada satu atau dua hal yang kamu sesali. Nah buat kamu para mahasiswa, jangan kebanyakan main sama temen tongkrongan ya. Setidaknya kamu harus dapat lima hal ini sebelum wisuda nanti. Ssst, pengaruh untuk pekerjaanmu lho!

1. Aktif di kegiatan-kegiatan UKM
Jangan mau jadi mahasiswa ‘kupu-kupu’ alias mahasiswa yang kerjaannya hanya kuliah-pulang kuliah-pulang. Come on, hidup gak cuma sebatas itu saja, tingkatkan kualitas dirimu lewat kegiatan yang sering diadakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di kampusmu. Kamu suka olahraga? Bisa ikut futsal atau basket. Kamu suka naik gunung? Gabung aja dengan UKM pencinta alam. Semakin aktif kamu di kegiatan tersebut, percaya deh, relasi pertemananmu semakin luas juga.

Baca juga: 6 Tips Hadapi Dosen Pembimbing Killer Agar Skripsimu Tetap Lancar

2. Drama selama pembuatan skripsi
Gak selamanya hidupmu bisa seindah sinetron di televisi. Kamu harus banget rasain drama skripsi ini ketika jadi mahasiswa tingkat akhir nanti, mulai dari proposal skripsi yang ditolak, banyak coretan revisi, bahkan sampai susahnya untuk bertemu dosen pembimbing. Terus apa sih untungnya? Kamu pasti jadi lebih puas deh ketika melihat segala usahamu, kadang momen ini yang bikin kamu kangen sama kampus tercinta. Jadi revisian itu wajar ya, guys!

3. Pernah merasakan jadi asdos (asisten dosen)
Yakin jadi asdos alias asisten dosen itu gak enak? Coba disimak dulu yuk, ketika kamu jadi asdos, inilah momen yang tepat untuk mendapatkan uang jajan tambahan. Nggak cuma itu, kamu jadi makin dikenal di kalangan juniormu nanti. Tanpa sadar, posisi asdos ini bisa mengajarimu tentang bagaimana berbicara di depan banyak orang, mengatur waktu kuliah, dan juga memberikan nilai plus dalam CV-mu nanti. Pasti untung!

Baca juga: Semester Baru Bikin Suntuk? Terapkan 6 Kiat Ini agar Tetap Semangat!

4. Bisa ikut berbagai kompetisi
Istilah “biarkan yang muda, yang berkarya” ternyata memang benar. Kalau kamu mau cari tau, kamu bisa lho mendapatkan kesempatan untuk ikut kompetisi. Pergunakanlah media sosialmu seefektif mungkin, karena di sana sering banget bermunculan kompetisi yang diperuntukkan bagi mahasiswa.

5. Kesempatan ikut student exchange
Kalau kamu pengen banget jalan-jalan ke luar negeri tanpa mengeluarkan biaya, coba deh ikut student exchange di kampusmu. Mulailah dengan membuka beberapa website dan lihat universitas mana yang kini tengah membuka kesempatan untuk program pertukaran pelajar. Selagi mencari, kamu juga harus mempersiapkan beberapa syarat pokok lainnya nih, seperti membuat curriculum vitae, application letter, essay, dan tentunya hasil TOEFL yang memenuhi syarat. Belajar sambil jalan-jalan deh nih namanya!

6. Magang di sebuah perusahaan
Agar kamu bisa mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja, kamu bisa juga ikut magang di perusahaan, baik ketika kamu masih di bangku kuliah atau ketika sudah lulus. Dengan magang, kamu bisa langsung belajar menerapkan teori yang kamu dapatkan dari sekolah di dunia kerja sesungguhnya, kamu juga akan belajar culture sebuah perusahaan dan bisa mendapatkan koneksi untuk mendukung kariermu ke depan.

Selamat mencoba ya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star