Hastag Campus

6 Cara Menjaga Konsistensi Passionmu, Yuk Semangat!

Istilah passion akhir-akhir ini menjadi gaya hidup yang penting bagi seseorang. Tren passionsemakin berkembang dan terus digali untuk meningkatkan kualitas hidup lewat cara yang menyenangkan. Kesenangan akan sesuatu menjadi nilai tambah dalam hidup.

Mungkin kamu juga memiliki passion yang sudah lama tidak kamu geluti. Terjebak dengan kesibukan rutinitas membuatmu lupa bahwa ada passion yang menantimu untuk direalisasikan. Tetap konsisten menjaga passion bukanlah hal mudah, namun juga tidak terlalu sulit seperti 6 cara berikut!

1. Menjadikan passion sebagai sumber pencaharian
Siapa yang tidak tergiur bekerja sesuai passion? Rasanya bekerja seperti bermain. Tidak semua orang beruntung bisa bekerja sesuai passion, tetapi kamu jangan menyerah. Menjadikan passion sebagai mata pencaharian justru dapat menjaga konsistensi passion itu sendiri.

Baca juga: Simak 5 Tips Ini Jika Kamu Baru Pertama Kali Puasa di Perantauan

2. Berteman dengan orang-orang yang memiliki passion yang sama
Lingkungan membawa dampak yang besar bagi hidup seseorang. Dapat berteman dengan orang-orang yang memiliki passion yang sama justru sebuah keuntungan yang sangat luar biasa. Carilah banyak teman yang memiliki passion yang sama. Selain menambah jaringan, kamu juga bisa mendapatkan ilmu baru.

3. Menguasai keahlian ilmu yang berkaitan dengan passion
Tanpa ilmu, rasanya seperti berjalan di tempat. Meski terkesan gampang dan sepele, jangan pernah lewatkan momen penting untuk menambah wawasan sesuai passion. Seseorang yang sudah ahli dan berkecimpung lama akan berkesempatan lebih besar untuk sukses dalam passion-nya.

4. Memulainya dari hal yang paling kecil
Kesuksesan tidak dibangun dalam semalam, maka cobalah untuk melakukan hal-hal kecil terlebih dahulu yang berkaitan dengan passion. Lakukan secara bertahap tanpa memaksa. Terkadang manusia juga bisa bosan dengan hal-hal yang disukainya, kamu bisa beristirahat sebentar untuk menjernihkan pikiran kembali.

Baca juga: 5 Alasan Dengarkan Musik dapat Membantumu Berpikir Kreatif

5. Menikmati setiap proses yang ada
Meski menjalani passion, bukan berarti semua hal akan mudah. Menikmati setiap proses yang ada justru lebih indah. Ada kalanya passion yang kamu geluti hanya stagnan di tempat tanpa perkembangan ke arah yang lebih maju. Daripada berkeluh kesah, lebih baik menikmatinya untuk mendewasakan jalan kariermu.

6. Konsistensi dalam passion terkadang memaksa kita untuk melawan arus kebiasaan sekitar
Ada anak yang berbakat bermain musik namun berasal dari lingkungan pekerja biasa. Ada juga anak yang memiliki jiwa seorang pengajar namun berasal dari keluarga pengusaha dan pejabat. Terkadang kita harus melawan kebiasaan sekitar untuk tetap bertahan dalam passion yang kita sukai.

Meski berbeda bukan berarti kamu salah. Tetaplah yakin dengan kemampuan yang kamu miliki dan percayalah pada bakat alamiah yang tuhan berikan. Jangan pernah sia-siakan bakat tersebut karena takut untuk melawan arus.

Karena passion yang sudah ditentukan harus dijaga konsistensinya, bukan sekadar mengikuti trend atau sekadar ingin keren. Yuk, tunggu apa lagi, gali terus passion-mu!

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star