Hastag Campus

Lakukan 9 Hal Ini Supaya Masa Kuliahmu Gak Terasa Biasa-biasa Saja

Masa kuliah seharusnya jangan disia-siakan begitu saja. Jika kamu termasuk golongan mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang) atau justru mahasiswa yang gemar nongkrong aja, wah bisa dipastikan kamu masuk ke dalam golongan yang merugi. Mengapa demikian? Karena kamu tak memanfaatkan waktu sebaik mungkin!

Penasaran apa saja hal yang wajib kamu lakukan supaya masa kuliahmu jauh dari kesan biasa saja? Berikut akan IDNtimes beberkan semuanya di artikel ini!

1. Kerja partime.
Bekerja partime bisa kamu lakukan selama kamu menyandang predikat mahasiswa. Tak perlu khawatir karena kamu bisa menggunakan ijazah SMA sebagai modal. Banyak kok pekerjaan yang bisa kamu geluti. Contohnya saja, pramusaji, kasir, dan magang di suatu perusahaan. Yang perlu dijadikan catatan, carilah pekerjaan dengan jam fleksibel. Selain itu, tetap utamakan kuliah supaya studymu tidak terganggu.

2. Menghasilkan uang dari kelebihan yang kamu punya.
Selain bekerja paruh waktu, kamu juga bisa menghasilkan uang sesuai dengan kelebihan yang kamu punya. Gemar menulis? Kamu bisa menjadi penulis lepas. Hobi menggambar? Kamu bisa menjual karya-karyamu. Menghasilkan uang lewat kelebihan yang kamu punya tentu lebih bermanfaat daripada nongkrong gak jelas. Bahkan, siapa tahu kamu bisa menabung pendapatanmu demi meringankan orangtua. Yang penting tetap nomor satukan kuliah ya!

Baca juga: Halo Fresh Graduates, Taati 9 Tips Ini Supaya Pencarian Kerjamu Makin Gampang

3. Ikut kepanitiaan.
Selama menjadi mahasiswa, paling tidak kamu wajib mengikuti suatu kepanitiaan atau organisasi. Hal ini akan mengajarkanmu cara bersosialisasi dan juga berkoordinasi dengan orang lain. Kamu bisa kok mengikuti event di kampus maupun luar kampus. Walaupun ada juga event yang tak membayar para panitianya, namun pengalaman ini akan berguna bagi resume-mu nanti.

4. Volunteer.
Selain menjadi panitia sebuah event, kamu juga bisa kok bergabung sebagai volunteer di LSM maupun lembaga lainnya. Memang, tidak ada gaji yang akan kamu dapatkan. Namun, hal ini justru akan mengantarkanmu ke pengalaman seru lainnya. Kamu akan bertemu dengan banyak orang yang siapa tahu bisa menjadi channel untuk pekerjaanmu di masa depan.

5. Daftar pertukaran pelajar.
Biasanya setiap universitas memiliki jalinan kerja sama dengan universitas lain dari berbagai negara. Mereka akan mengirimkan beberapa mahasiswanya untuk menimba ilmu di sana selama beberapa waktu. Mulai dari selama musim panas, satu semester, hingga satu tahun. Kamu wajib mencobanya karena pengalaman berharga bakal kamu dapatkan. Selain itu, hal ini akan membawa nilai plus di resume-mu nanti.

6. Jadi guru les privat.
Apapun disiplin ilmu yang kamu tempuh, kamu bisa menjadi guru les privat. Selain mendapat penghasilan tambahan, menjadi guru privat akan membuka matamu bahwa profesi guru tidaklah mudah. Hal ini tentu akan membuatmu makin menghargai para tenaga pengajar yang ada di sekelilingmu. Selain itu, pengalaman menjadi guru les privat juga bisa memperkaya CVmu kelak.

Baca juga: Selain Buat Tambahan, Ini 5 Alasan Mahasiswa Perlu Bekerja Sampingan

7. Buka bisnis bareng teman.
Membuka bisnis bersama teman bisa jadi cara jitu lainnya supaya masa kuliahmu terasa istimewa. Daripada nongkrong tidak jelas, bukankah lebih baik kamu dan teman-teman melakukan hal yang bermanfaat? Kalian bisa menekuni bisnis anak muda yang sedang naik daun. Misalnya saja bisnis clothing line, kuliner, dan lainnya.

Namun, pastikan kamu tak merepotkan orangtua untuk masalah modal usaha ya. Kamu bisa kok mengumpulkan modal sendiri. Sisihkan saja uang jajanmu tiap bulan sedari semester awal. Kamu pun bisa mulai membuka bisnis saat semester akhir dan jadwal kuliah tak lagi padat. Percaya deh, membuka bisnis bersama teman akan membuatmu lebih menghargai uang sekaligus menguji kadar persahabatan kalian. Berani coba?

8. Bergabung dengan komunitas-komunitas di kotamu.
Bergabung dengan komunitas di kota tempatmu menimba ilmu tentu bakal makin memperkaya pengalamanmu. Kamu bisa kok bergabung di komunitas kesenian, hobi, hingga komunitas lainnya. Kegiatan ini akan memperkaya jalinan pertemananmu. Selain itu, kamu juga bisa menambah ilmu dari orang-orang yang baru kamu temui. Kegiatan ini tentu bakal lebih bermanfaat daripada hanya tidur-tiduran di kos saja kan?

9. Ikut ukm di kampusmu.
Selain bergabung dengan komunitas di luar universitas, kamu juga bisa kok bergabung dalam beberapa UKM di kampusmu. Dari sini kamu bakal mendapat banyak kenalan mahasiswa dari berbagai jurusan. Selain itu, kamu juga bisa belajar berorganisasi bersama mereka.

Jadi, sudah siap merasakan masa kuliah yang istimewa?

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star