Semangat, 7 Kelebihan Ini Dimiliki Olehmu yang Kuliah Sambil Kerja

Melanjutkan pendidikan setinggi langit adalah mimpi setiap orang. Sekolah di tempat bagus, mempunyai kesempatan diajar dengan pendidik terbaik tentulah jadi kebanggan tersendiri.

Demi menggapai cita-cita, sebagian orang berani mengambil keputusan untuk bekerja sambil kuliah. Mahalnya biaya kuliah disiasati dengan bekerja demi melunasi biaya pendidikan yang kian mahal itu.

Kuliah sambil kerja tak sekeren yang kelihatan, butuh mental dan fisik yang kuat agar dua-duanya bisa dijalankan secara bersamaan. Tapi walau lelah dan sulit, ada 7 kelebihan yang kamu dapatkan dari kuliah sambil bekerja. Agar semangatmu tak padam, simak poin ini baik-baik ya.

1. Kamu menjujung arti profesionalitas dan tanggung jawab
Secara tak langsung, kerja sambil kuliah mengajarkanmu akan pentingnya tanggung jawab. Dalam satu waktu, kamu memiliki dua aktivitas, yaitu sebagai mahasiswa dan karyawan.

Menjalani dua aktivitas sekaligus menuntutmu harus tetap profesional. Saat pagi hari kamu harus totalitas jadi karyawan. Saat kuliah, kamu berubah jadi mahasiswa.

Dari hal itu kamu belajar apa arti tanggung jawab. Saat menjalaninya, kamu gak boleh asal-asalan. Untuk keduanya, kamu harus tetap profesional dan memberikan seluruh kemampuan terbaik.

Baca juga: Inilah 5 Trik Ampuh Kerja Keras Tanpa Membuang Waktu!

2. Kamu tahu lebih dulu bagaimana pahit manisnya dunia kerja
Dibanding teman-teman seangkatan, kamu tahu lebih dulu gimana pahit dan manisnya dunia kerja. Seperti bagaimana lelahnya lembur, menghadapi bos atau senior yang menyebalkan atau mengecap manisnya gaji yang dihasilkan dari keringat sendiri.

Sebenarnya kamu sudah naik level dibanding teman-temanmu lho. Ketika yang lain belum punya pengalaman kerja, kamu sudah lebih dulu memilikinya.

Pengalaman itu jadi senjata utama ketika kamu ingin mencoba bekerja di bagian lain. Jadi walau melelahkan, belajar untuk menikmati prosesnya ya.

3. Sibuknya aktivitas membuatmu pandai mengatur waktu
Dengan segudang kegiatan yang ada, kamu dituntut harus pandai mengatur waktu. Pekerjaan di kantor harus diselesaikan dengan tepat agar tidak terlambat masuk kuliah.

Bekerja dengan cepat dan sistematis dapat meminimalisir waktu supaya kamu tak lembur, jadi waktu yang tersisa bisa dipakai untuk belajar atau mengerjakan tugas kuliah.

Sebisa mungkin, waktu yang ada jangan sampai terbuang percuma, karena setiap detik waktu sangatlah berharga.

4. Karena bayar kuliah dengan uang sendiri, kamu belajar lebih giat dan sungguh-sungguh
Semangat, 7 Kelebihan Ini Dimiliki Olehmu yang Kuliah Sambil KerjaUnsplash/Becca Tapert
Karena uang kuliah sangatlah mahal, kamu belajar lebih giat dan tak mau main-main. Jangan sampai kamu mendapat nilai jelek sehingga mengulang mata kuliah.

Gak jarang kamu sering diejek teman karena terlihat sok sibuk. Ketika diajak main atau liburan ala kekinian, kamu menolak dengan halus dan memilih untuk menyimpan uangnya.

Bukannya pelit, semua itu kamu tahan demi bisa membayar uang kuliah di semester berikutnya. Bersabarlah, akan tiba saatnya kamu tersenyum manis dan menikmati dari hasil jerih payahmu kok.

Baca juga: 7 Tips Dapatkan Manfaat Maksimal dari Buku yang Kamu Baca

5. Walau lelah fisik dan batin, bukankah mentalmu jadi terlatih agar sekuat baja?
Ada masanya kamu merasa tak sanggup lagi dengan semua aktivitas yang membuatmu begitu lelah. Belum lagi dengan kerjaan di kantor dan tugas kuliah yang menumpuk. Gak jarang kamu jatuh sakit dan batin menahan perih karena harus berusaha sekeras ini.

Tapi jika melihat seluruh perjuanganmu selama ini, terasa begitu sayang jika harus menyerah di tengah jalan.

Sebisa mungkin kamu memantapkan hati agar terus maju dan tak berhenti begitu saja. Perlahan mentalmu ditempa sedemikian keras agar jadi kuat dan sekeras baja.

6. Melatih dirimu agar tak manja dan tidak merepotkan orangtua
Keinginan untuk melanjutkan pendidikan, membuatmu berani mengambil keputusan untuk kuliah sambil bekerja.

Keterbatasan finansial tak menghalangi niatmu untuk belajar di bangku kuliah. Kamu tak ingin ayah dan ibu terbebani, sebab itu kamu bekerja keras dan tak ingin bersikap manja.

Salah satu mimpimu ialah melihat senyum penuh kebanggan dari ayah dan ibu, ketika kamu berhasil membawa mereka menghadiri upacara kelulusan wisuda.

7. Kadang ingin menyerah, tapi kemauan lulus dengan nilai terbaik membuat semangatmu naik lagi
Wisuda dengan nilai memuaskan adalah hal yang membuatmu bisa bertahan selama ini. Perasaan menyerah dan putus asa bisa kamu atasi dengan cara menatap mimpimu.

Walau jalan yang kamu lalui lebih terjal dan keras dibanding yang lain, dalam hati yang paling dalam kamu tak ingin menyerah.

Tujuan untuk wisuda dan membuat orangtua bangga jadi modal utama untuk semangat dan terus berusaha sampai di garis akhir.

Itu dia beberapa kelebihan yang dimiliki olehmu ketika kuliah sambil bekerja. Walau saat ini perjuanganmu untuk lulus masih panjang, bersemangatlah! Akan tiba saatnya kamu mengecap hasil manis dari semua perjuanganmu.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s